5 Gunung Favorit Di Jawa Barat Yang Indah

Posted by

Mendaki gunung tidak asing lagi kita dengar belakangan ini. Mendaki gunung kini telah menjadi tren anak muda terlebih setelah dirilisnya film 5 cm. Film yang menceritakan tentang persahabatan yang mengisahkan pendakian mereka ke puncak gunung Mahameru.

Dari atas gunung kita bisa melihat duni dari sisi yang begitu berbeda. Karena diatas gunung kita dapat melihat serta merasakan keindahan pemandangan alam yang begitu indah. Terlebih lagi jika waktu sunrise dan waktu sunset. Momen ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para pendaki. Selain itu mendaki juga tidak hanya berwisata, melainkan persahabatan,fisik serta mental kita yang diuji. Untuk mendaki gunung yang cukup tinggi ktia tidak boleh main-main lo sobat. Butuh perlengkapan dan persiapan yang memadai.

Berikut ini destinasi favorit para pendaki gunung-gunung di Jawa Barat :

1. Gunung Gede 



Gunung yang terletak di Taman Nasiona Gede Pangrango dan berada di tiga wilayah kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi ini sangat diminati oleh para pendaki. Dengan ketinggian 2.958 mdpl. Suhu di puncak gunung Gede biasanya 18 derajat C dan jika malam mencapai 5 derajat C.  Kawasan yang menarik yang bisa di datangi di Gunung Gede ini ialah :
- Telaga Biru. Danau yang berwarna biru
- Air terjun Cibeureum. yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter.
- Air panas. 2 jam perjalanan dari Cibodas
- Kandang Batu dan Kandang Badak. tempat dijadikan berkemah.
- Alun- alun Suryakencana. Daratan sekitar 50 hektar yang dipenuhi dengan bunga edelweiss.
-Punca dan Kawah Gunung. nah tempat ini yang dijadikan tempat yang cocok untuk melihat sunset dan sunrise dari atas awan.

2. Gunung Ceremai


Gunung ceremai memiliki ketinggia 3.084 mdpl yang terletak di kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Gunung ini yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Menariknya sobat, gunung ini memiliki kawan ganda. Kawah timur yang beradius 600 m dan kawah barat yang beradius 400m. Kawah ini terletak pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan yang terdapat juga bekas titik letusan yang disebut Gowa Walet.

Di Gunung ini terdapat banyak aneka satwa yaitu : bangkong bertanduk, cecak batu, elang hitam, elang Jawa, Walet Gunung, Takur Tulung-tumpuk dan masih banyak lagi.
Gimana sobat kreatif, tertarik untuk mendaki gunung ini ?


3. Gunung Cikuray

 

Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.821 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung.

Puncak Gunung ini sangat menyajikan pemandangan panaroma kota dan gunung-gunung di Garut. Dari arah barat terlihat berjajar pengunungan hingga ke arah utara dari Gunung Papandayan hingga Gunung Guntur. Di puncak ini memiliki pos seluas 2,5 x 2,5 m yang puncak ini bisa menampung 1 tenda. Pos ini menjadi incaran para pendaki namun di posi ini cukup beresiko apabila hujan lebat mengguyur datang.


4. Gunung Papandayan

Gunung papandayan merupakan gunung api strato berlokasi di Garut, Jawa Barat Kecamatan Cisurupan. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 mdpl sekitar 70 km dari kota Bandung.

Di gunung ini memiliki kawah yang menarik diantaranya Kawah Mas, Kawah Manuk, Kawah baru dan Kawah Nangklak. Kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Gunung Papandayan merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang yang terhampar 10 Hektar. Pada kawah terdapat lubang-lubang tempat keluarnya uap yang menimbulkan suara yang khas. Disini juga terdapat Blog Pondok Saladah yang merupakan area padang rumput yang terhampar luas seluas 8 hektar. Pada daerah ini lah mengalir sungai Cisaladah yang mengalir terus hingga sepanjang tahun. Untuk kemah lokasi ini sangat cocok. Terdapat juga Blok Sumber Air panas yang terletak di perbatasn Blok CIgenah, yang merupakan sumber air panas yang mengandung belerang yang berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit kulit.

Hal-hal yang bisa dilakukan di gunung ini biasanya menikmati keindahan alam, berkemah, memotret, mandi air panas dan lainnya.

5. Gunung Patuha


Ini dia sobat gunung Patuha yang dijadikan sebagai lokasi wisata kawah putih. Ya, daerah ini merupakan kawah putih yang tidak asing kita dengar. Kawah ini terletak di ketinggian 2.386 mdpl. Yang unik dari kawah ini ialah warna kawah yang sering berubah-ubah mulai dari hijau kebiru-biruan hingga ke warna coklat susu. Untuk menuju lokasi ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi dari daerah Bandung yang kemudian diparkiran ditempat area parkir yang luas. Lalu kita bisa melanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi tujuan selama 7 jam.







Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:25:00 PM

0 komentar:

Post a Comment