Pengertian Layer Photoshop, 20 Fungsi +Gmbar Lengkap

Posted by

Pada dunia photshop sering kali kita mendengar istilah layers. Layer memang merupakan bagian penting dalam software design yang satu ini. Berdasarkan dari katanya layer memiliki arti lapisan. Nah sobat, jadi layers merupakan lapisan-lapisan objek pengeditan pada photshop. Inget ya sobat layers bukan alayers.... hehehe

Layers merupakan lapisan-lapisan objek pada photoshop yang pada lembar kerja kita akan menyatu. Ketika kita mengedit layer 1 maka layer-layer yang lainnya tidak ikut terganggu. Layer juga memiliki urutan-urutan. Biasanya layer yang paling bawah ialah background.

Ketika kita menambahkan objek gambar diatas background maka background akan tertimpah dengan layer yang di atas background. Lalu apabila kita menimpa lagi layer di atas layer sebelumnya maka akan tertimpa lagi layer yang sebelumnya, begitu seterusnya. Untuk memudahi pemahannya mari kita liat gambar berikut




Nah, jadi lebih mengerti kan sobat setelah melihat ilustrasi gambar diatas. Jadi, setiap layer memiliki urutan-urutan masing-masing sesuai yang kita inginkan.

Untuk memahami fungsi layer lebih mendalam mari ktia lihat gambar berikut.
A. Berfungsi untuk mencari layer dengan mengetikkan kosa kata yang kita inginkan bisa dikelompokkan berdasarkan nama, effect, mode , attribute, atau color.

B. Layer Blending Option

Berfungsi untuk mengatur perubahan-perubahan pixel dengan gambar layer yang dibawahnya.


C. Thumbnail Layer 

Merupakan sebuah tampilan yang kecil dari objek layer anda dan memiliki gambar tersendiri. Jika layer anda adalah tulisan maka akan bersimbol T. Kita juga dapat merubah nama2 layer kita dengan cara mengklik dua kali tulisan layer tersebut dan memberi nama yang baru.


D. Visibility 

Digunakan untuk menampilkan atau tidak menampilkan layer kita. Dengan cara mengklik icon tersebut.


E. Link

Digunakan untuk mengelompokkan beberapa layer dengan cara menekan CTRL atau Shift lalu pilih beberapa layer yang kita inginkan lalu menekan tombol link tersebut. Inget ya sobat fungsi link beda dengan fungsi merge layer. Jika pada link kita hanya mengelompakkan tanpa menggabungkan kedua layer tersebut tapi jika pada merge kita meggabung beberapa layer.


F. Layer Style

Berfungsi untuk memberi style-style yang kita inginkan pada layer kita.


G. Add Layer Mask 

Berfungsi sebagai melindungi layer dari proses editing.


H. New Adjusment Layer

Berfungsi untuk mengedit atau mengubah komposisi pewarnaan pada layer.


I. Group Layer

Berfungsi untuk mengelompokkan beberapa layer menjadi satu kelompok dalam satu folder untuk mempermudah peletakkan layer.

J. New Layer

Berguna untuk membuat layer baru.


K. Delete Layer.

Berfungsi untuk menghapus layer dengan cara memilih layer yang kita inginkan lalu memilih icon ini.


L. Locked Layer

Berfungsi untuk mengunci layer sehingga layer tersebut menjadi terkunci dan tidak bisa diubah posisinya. Cara membuka kuncinya ialah dengan mengklik dua kali icon locked tersebut.


M. Fill Opacity

Berfungsi untuk mengubah transparasi layer namun layer stylenya tidak terubah. Berbeda dengan opacity yang keseluruhan layernya terubah transparasinya.


N. Opacity 

Berguna untuk mengubah transparasi layer.


O. Pallete Menu

Berfungsi untuk menampilkan menu pallete.


P. Filter For Smart Object

Berfungsi untuk memfilter layer sehingga pada kotak layer yang ditampilkan hanya smart object saja untuk memudahkan mencari pengelompokkan berdasarkan smart object.


Q. Filter For Shape Layers

Berfungsi untuk memfilter layer sehingga pada kotak layer yang ditampilkan hanya shape layer saja untuk memudahkan mencari pengelompokkan berdasarkan shape layers.


R. Filter For Type Layer

Berfungsi untuk memfilter layer sehingga pada kotak layer yang ditampilkan hanya type layer saja untuk memudahkan mencari pengelompokkan berdasarkan type layer.


S. Filter For Adjusment Layer

Berfungsi untuk memfilter layer sehingga pada kotak layer yang ditampilkan hanya adjusment layer saja untuk memudahkan mencari pengelompokkan berdasarkan adjusment layer.


T. Filter For Pixel Layer

Berfungsi untuk memfilter layer sehingga pada kotak layer yang ditampilkan hanya pixel layer saja untuk memudahkan mencari pengelompokkan berdasarkan pixel layer.


Sekian dulu tutorial kita hari ini, semoga bermanfaat untuk penulis dan pembaca :)


Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:28:00 AM

2 komentar: