Pengertian Asuh, Asih, Asah Jarang Diketahui & Perlu Diperhatikan

Posted by

Ketika kita telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa sang buah hati yang mungil dan imut. Tentunya hati kita akan merasa sangat bahagia. Terlebih lagi ketika kita melihat senyumannya.

Sang buah hati merupakan sebuah titipan Yang Maha Esa yang harus kita didik dan kita jaga hingga dewasa. Menjadikan sang buah hati sholeh, pintar, sehat , prima, menjadi dambaan semua orang tua. Untuk menunjang itu semua, perlu pola asuh anak yang baik.

Baca juga >> 20 Fakta Anak Pertama, yang ke 6 Pasti Kamu Banget


Baca juga >> HEBOH JUARA 1 ASIA GOT TALENT 2017 DARI INDONESIA
Setiap perkembangan anak kita disertai oleh perubahan fungsi. Sebagai contoh ketika intelegensi anak kita akan menyertai pertumbuhan serabut saraf dan otak. Perkembangan anak di tahap awal ini sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Perkembangan dan pertumbuhan anak itu sendiri berbeda. Jika perkembangan lebih spesifik pada perubahan fungsi pematangan organ seperti perubahan aspek sosial dan kecerdasan emosional. Sedangkan pertumbuhan anak lebih spesifik kepada perubahan ukuran,  dimensi sel atau organ yang lebih cenderung pada aspek Fisis.
Baca juga >> 13 CARA MEMBUAT SLIME YANG BAGUS DAN BENAR, TANPA BORAX TANPA LEM

Untuk melakukan pola asuh anak yang baik agar sang buah hati kelak akan menjadi anak yang sehat,aktif dan cerdas, kita harus memperhatikan tiga aspek berikut yaitu, "Asuh, Asih dan Asah". Apa sebenarnya Asuh, Asih dan Asah itu, simak penjelasan berikut :

1. ASUH ( Kebutuhan Biomedis)

Asuh ialah kebutuhan biomedis sang buah hati. Asuh meliputi asupan gizi saat di kandungan hingga tumbuh dewasa. Asupan sang buah hati sangat penting diperhatikan. Asuh juga meliputi kebutuhan tempat tinggal, pakaian yang nyaman, imunisasi dan sebagainya.

Kebutuhan Biomedis atau Asuh juga meliputi gizi dan nutrisi yang seimbang, perawatan dasar kesehatan, sandang ,pangan, papan dan lain-lain.

Baca juga >> Kapan Perang Dunia 3 Terjadi?? Ramalan???


2. ASIH (Kebutuhan Emosional)

Jika Asuh adalah kebutuhan biomedis, sedangkan kalau Asih adalah kebutuhan emosional. Bagi orang tua sangat penting untuk menimbulkan rasa aman (security emotional) dan rasa nyaman. Dalam mengembakan pola Asih yang baik , orang tua harus dapat memenuhi kebutuhan emosional sang buah hati seperti, perhatian, kasih sayang, mengajarkan tanggung jawab, pujian, menghargai, kemandirian dan sebagainya. Hal ini sangat penting untuk perkembangan emsional anak kita.

Kebutuhan Asih sangat erat dengan rasa percaya orang tua kepada anak dan rasa kasih sayang orang tua kepada anak. Tapi, yang perlu diperhatikan ketika kita memberi kasih sayang kepada anak kita jangan sampai membuat anak kita menjadi manja. Kita harus bisa juga mengajarkan kemandirian kepada anak kita. Sehingga anak kita dapat tumbuh sebagai anak yang mandiri dan penuh kasih sayang.

Baca juga >> 8 DAMPAK ORANG TUA ORVERPROTEKTIF, JARANG DIKETAHUI

3. Asah (Kebutuhan Stimulasi Mental Dini)

Asah merupakan bagian yang erat dengan kebutuhan stimulasi mental dini. Kita harus sangat memperhatikan Asah pada saat anak di masa keemasan atau golden year (4 sampai 5 tahun). Stimulus yang diberikan seperti  hal-hal yang dapat merangsang perkembangan otak anak kita yang meliputi aspek visual, auditori, verbal, dan taktil untuk meningkatkan serta mengembangkan pada segi pembelajaran anak.

Permainan-permainan yang edukatif sangat dianjurkan untuk memberi stimulasi mental dini pada sang buah hati. Dengan permainan edukatif dirasa mampu merangsang kreatifitas, kemampuan sensor dan motorik, kognisi, kecerdasan, dan sosial.

Sekian dulu sobat kreatif, semoga bermanfaat..



Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:27:00 PM

0 komentar:

Post a Comment