Pengertian Mythomania dan Penjelasannya, Bedanya Dengan Berbohong Biasa

Posted by

Berbohong tentu saja merupakan sikap yang tidak kita sukai. Apalagi jika ada yang berbohong kepada kekasihnya untuk menutupi selingkuhan hhe...

y.. berbohong adalah sikap buruk yang harus dibuang jauh-jauh. Jika anda merupakan orang pembohong tentu saja teman-teman anda tidak menyukai sikap anda ini. Seseorang bisa dikatakan berbohong ketika memberikan sebuah kesaksian atau suatu penjelasan yang bukan kesaksian sebenarnya walaupun sebenarnya dia mengetahui sebuah kebenaran dari kesaksiannya.

Jadi ketika berbohong kita menyadari bahwa memang kita sedang berbohong. Kalau berbohong seperti ini hanyalah sikap buruk seseorang. Namun jika seseorang telah berbohong berkali-kali bahkan sepanjang hidupnya namun dia tidak menyadari bahwa di sedang berbohong hanya untuk sebuah pengakuan dirinya saja.. Inilah.. yang dinamakan Mythomania yang merupakan gangguan psikis akut.



Seseorang yang mengidap Mythomania akan selalu terdorong untuk melakukan sebuah kebohong-kebohongan yang berkelanjutan. Si Mitomania sering mempublikasikan dirinya atau bercerita tentang dirinya terhadap teman-temannya bahwa dia merupakan seseorang yang wah.... Mulai dari menceritakan kekayaannya yang berlebihan, pengalaman yang berlebihan, kemampuan yang berlebihan, .. yang ternyata semua itu hanyalah sebuah kebohongan atau bualan-bualan saja.

Baca juga : Bedanya hanya sekedar berbohong dan mythomania
Baca juga : 8 Cara meningkatkan rasa percaya diri
Baca juga : Ketahui apa itu gangguan skizofrenia 

Si Mythomania akan selalu meyakini dirinya seperti apa yang ia ceritakan. Seperti ia pernah sekolah di luar negeri, bapaknya mantan Pahlawan, pokoknya banyak deh yang biasanya diakui oleh si Mythomania. Dia selalu meyakini dirinya terhadap apa yang ia katakan namun dia tidak menyadari bahwa ia sedang berbohong.

Teman-temannya Mythomania biasanya bosan atau tidak percaya dengan apa yang si Mitiomania ceritakan. Sehingga jika si Mythomania bercerita kepada temannya, temannya cenderung tidak mendengarkan apa yang ia ceritakan.

Jika si Mythomania sudah menceritakan kebohongannya, dia akan melebar-lebarkan kebohongannya menjadi seolah-olah sebuah kebenaran. Misalnya ketika Mitomania bercerita tentang kekayaan palsunya, ia mulai bercerita ia memiliki Rumah yang mewah di kampung halamannya, bertembok megah, tingkat tiga, ada post satpamnya dan seterusnya.

Bahkan biasanya Mythomania berbuat kebohongan di media sosial, seperti update status mau narik uang 20 juta dulu ni di atm, atau memasang foto kamar mewah yang dia search di google image sambil update status mau bobo dulu ni..

Penderita Mythomania biasanya merupakan seseorang yang memiliki ketidakbahagian didalam hidupnya. Bisa jadi ia disakiti oleh pacarnya, dibuli oleh teman-temannya, dilecehkan oleh lingkungannya.

Ketika ia beraksi dia akan melarikan dari kenyataan aslinya, kenyataan yang tidak bahagia didalam hidupnya. Yang ia lakukan hanya ingin mendapat pengakuan dari sekelilingnya.

So... si Mythomania hidup bersembunyi di balik imajinasi yang ia buat sendiri..

Semoga kita tidak terkena penyakit ini, dan jika ada semoga disembuhkan... hihihi


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:32:00 AM

0 komentar:

Post a Comment