8 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Posted by

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri-Rasa percaya diri setiap orang berbeda-beda. Ada yang rendah, sedang, tinggi dan ada juga yang berlebih rasa percaya dirinya. Rasa percaya diri terdengar sepele, namun hal ini sangat berpengaruh bagi masa depan dan kesuksesan anda.


Ketahuilah tanpa rasa percaya diri, anda tidak berani untuk mengambil sebuah langkah ataupun keputusan. Sebesar apa pun potensi yang anda miliki, sebesar apa pun kualitas yang ada miliki tanpa rasa percaya diri anda tidak mampu untuk mengambil sebuah tindakan ataupun sebuah keputusan. Mengapa seseorang tanpa rasa percaya diri tidak mampu untuk mengambil sebuah keputusan....??? jawabannya karena ia tidak yakin bahwa dirinya dapat melakukan sesuatu hal tersebut walaupun sebenarnya dia dapat melakukannya dengan hasil yang sangat baik.

Seseorang tanpa rasa percaya diri merasa bahwa dirinya akan selalu mendapat hasil yang buruk, merasa akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Bisa juga tidak mengambil tindakan karena dirinya yang perfeksionis, menginginkan sesuatu hal akan terwujud secara sempurna sehingga sesuatu hal tersebut menjadi terasa berat sebelum dikerjakan dan akhirnya dia tinggalkan hal tersebut.. so.. dia jadi tidak melakukan apa-apa.

 Hal ini yang sering terjadi pada seseorang tanpa rasa percaya diri, dia menjadi seseorang yang jarang mengambil tindakan dan keputusan. Karena di dalam seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah, pada sebelum bertindak ia sudah dibayang-bayangi pikiran-pikiran negatif. Sebuah bisikan-bisikan kegagalan, hasil yang tidak memuaskan, kritikan orang lain, bisikan bahwa kamu tidak mampu, dan lain-lain.

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Karena sesuatu yang berlebihan sudah pada dasarnya tidak baik. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan sering mengambil sebuah tindakan yang tidak rasional.

Jika seseorang mempunyai rasa percaya diri yang rendah biasanya akan mengalami hal berikut ini
- Ragu-ragu dalam bertindak
- Bahkan tidak jadi bertindak
- Pesimis
- Kritikan orang lain selalu menghantui
- Sering menganggap dirinya tidak mampu padahal orang lain melihat anda seseorang yang sangat potensial
- Tidak berani menatap mata lawan bicara
- Selalu berpikiran negatif tentang diri anda sendiri
- dll

Hal di atas yang sering dijumpai oleh seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Rendahnya rasa percaya diri sangat berbahaya bagi sesorang. Karena rendahnya percaya diri jika tidak diatasi hari makin hari akan membuat diri seseorang menjadi layu..
Sobat kreatif,,.. mulai dari sekarang kita harus meningkatkan rasa percaya diri kita.
Karena jika kita ingin menjadi orang yang hebat kita harus membuang rasa percaya diri kita yang rendah..

Berikut ini tips-tips  cara meningkatkan rasa percaya diri yang ampuh dan efektif :


1. Berdoa Kepada Allah swt.

Ya.. berdoa merupakan cara yang sangat jitu bagi kita untuk meningkatkan rasa percaya diri . Berdoalah kepada Yang Maha Kuasa, serulah Tuhan Yang Maha Segalanya, meminta tolong kepada-Nya untuk membantu setiap pekerjaan yang kita lakukan dan keputusan yang kita ambil. Dengan berdoa kita menjadi sangat yakin bahwa Yang Maha Kuasa akan melancarkan dan memantapkan apa yang akan kita kerjakan. Karena kita telah meyakini bahwa Tuhan Maha Segalanya, sehingga untuk melancarkan dan menyukseskan pekerjaan kita merupakan sesuatu hal yang amat-amat mudah bagi Tuhan kita untuk mewujudkannya.


2. Buang Pikiran Negatif

Ya.. orang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah sering memikirkan hal-hal negatif yang akan datang kepadanya jika dia melakukan suatu pekerjaan. Mulai sekarang kita harus melawan bahkan mencegah datangnya pikiran negatif yang menyerang. Hiraukan saja orang lain yang menganggap bahwa diri anda lemah, tidak mampu, jelek, gendut, dan sebagainya.


4. Menanamkan pikiran positif

Jika anda telah membuang pikiran-pikiran negatif, ini saatnya menanamkan pikiran positif di dalam diri anda. Tanamkanlah sugesti-sugesti positif di dalam diri anda, bahwa anda bisa, anda mampu, anda dapat menggapai apa yang ada cita-citakan dengan seizin-Nya.


5. Memupuk Rasa Optimis

Jika anda telah berhasil membuang pikiran negatif dan berhasil menanamkan pikiran positif . maka akan dengan mudah atau dengan sendirinya anda akan menjadi orang yang optimis. Rasa optimis sangat membantu apa yang kita kerjakan, karena dengan optimis kita akan menjadi semangat melakukan suatu pekerjaan yang kita lakukan.


6. Menatap Mata Lawan Bicara

Percaya atau tidak, dengan anda menatap mata lawan bicara secara tidak langsung anda telah menanamkan rasa percaya diri anda. Anda berani menghadapkan wajah anda kepada lawan bicara yang artinya anda tidak malu dengan diri anda sendiri. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah biasanya takut menatap mata lawan bicara.


7. Biasakan Ambil Posisi Untuk Tampil di Depan Umum

Biasakan diri anda untuk mengambil bagian untuk tampil di depan umum. Misalnya dalam sebuah acara anda menjadi pembawa acara, tilawah, doa, sambutan dan lain-lain. Dengan membiasakan tampil di depan umum secara perlahan anda telah menambah rasa percaya diri anda.


8. Berolahraga..

Dengan berolahraga pikiran dan fisik bersinergi. Sehingga dengan rajin olahraga ia akan berani mengambil tindakan-tindakan yang diperintahkan dari pikirannya. Dengan fisik yang kuat akan terdapat jiwa yang kuat juga. Mulai sekarang mari kita rutin berolahraga, karena selain baik untuk fisik, baik juga untuk psikis.


Sekian tips-tips untuk meningkatkan rasa percaya diri. Inget ya, sobat kreatif hal diatas bukan merupakan hal yang instan. Hal diatas tidak sulit untuk dilakukan jika hanya sehari atau dua hari namun yang sulit ialah membiasakannya sepanjang hari.  Perlu konsintensi untuk menerapkannya..
Semoga bermanfaat....

Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:42:00 AM

0 komentar:

Post a Comment