Pengertian Skizofrenia yg Jarang Diketahui & Gejalanya

Posted by

Skizofrenia adalah sebuah penyakit atau gangguan mental. Biasanya orang yang terkena gangguan ini terlihat seperti orang gila. Karena mereka yang mengalami gangguan skizofrenia akan menampakkan prilaku-prilaku layaknya orang gila. Seperti bicara sendiri, menarik dari lingkungan sosial, megkhayal,delusi, halusinasi, melihat atau menendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada, dan lain-lain. Bisa dikatakan mereka yang mengalami skizofrenia akan menunjukkan gejala-gejala psikotik.

Skizofrenia berasal dari dua kata, yaitu “ Skizo “ yang artinya retak atau pecah (split), dan “ frenia “ yang artinya jiwa. Dengan demikian seseorang yang menderita skizofrenia adalah seseorang yang mengalami keretakan jiwa atau keretakan kepribadian ( Hawari, 2003).

Ketahui Apa Itu Gangguan SKIZOFRENIA

 Gejala awal skizofrenia biasanya diawali dengan tertutup dari dunia luar dan tidak melakukan perawatan diri. Mereka cenderung di dalam rumah saja tanpa mengurus dirinya sendiri. Pola tidur menjadi berubah, tidak mandi, malas makan, jelasnya mereka tidak melakukan apa yang mestinya dilakukan orang-orang pada umumnya. Bila semakin lama dibiarkan maka penyakit skizofrenia dapat sangat berbahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Baca juga : Baca sharing ini, Untuk Menghilangkan Kecemasan anda
Baca juga : Bedanya hanya sekedar berbohong dan mythomania
Baca juga : 8 Cara meningkatkan rasa percaya diri

Penderita skizofrenia bisa mempunyai gejala negatif dan gejala positif.
Gejala negatif adalah prilaku-prilaku yang hilang dari penderita, perilaku yang mestinya dilakukan oleh orang yang normal tidak mereka lakukan. Seperti tidak mandi
Gejala positif adalah prilaku-prilaku yang muncul dari penderita, perilaku yang mestinya tidak ada pada orang normal, sedangkan pada penderita Skizofrenia akan mereka lakukan. Seperti berhalusinasi

Penyakit ini biasanya akan menyerang seseorang yang berusia 15-35 tahun.

Tak jarang kita mendengar kasus-kasus pembunuhan yang dilakukan kepada anggota keluarganya sendiri. Mereka beralasan membunuh karena mendengar bisikan-bisikan untuk melakukan suatu pembunuhan, pemukulan, dan penganiayaan.

Diagnosa sejak dini sangat penting bagi seseorang yang telah tampak gejala Skizofrenia. Karena jika ditangani sejak dini maka penyembuhan akan lebih mudah dibanding yang sudah lama mengidap penyakit ini.

 Gen yang mempunyai gen skizofrenia dan pengaruh lingkungan dapat menjadi faktor penyebab terjadinya gangguan Skizofrenia.

Pengobatan penyakit Skizofrenia dapat melalui obat dari psikiater dan terapi psikologis dari lingkungan. Lingkungan keluarga yang harmonis merupakan cara yang sangat penting untuk menyembuhkan seseorang yang terkena gangguan Skizofrenia. Karena dengan lingkungan keluarga yang harmonis penderita Skizofrenia akan nyaman dan termotivasi menjalankan hidup yang normal kembali. Sebaliknya jika lingkungan keluarga yang penuh tekanan sehingga menciptakan suasana yang stress. Maka akan memperparah penyakit ini.

Saya pernah mendengar seorang psikolog. Obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit jiwa seseorang ialah pil KPC. Pil KPC adalah KASIH SAYANG, PERHATIAN, dan CINTA. Jika kita sering memberi pil KPC ini kepada para penderita sakit jiwa, Maka akan sangat menunjang kesembuhan bagi penderita gangguan ini.

Jadi, peran keluarga sangat lah penting, apabila ada keluarga kita yang mengalami gangguan Skizofrenia maka kita harus sering-sering memberi kasih sayang yang penuh, perhatian yang maksimal, dan cinta yang menyeluruh. Dengan begitu, jiwa dia akan bersemi dan bersemangat untuk menjalani hidup yang normal kembali.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:35:00 AM

0 komentar:

Post a Comment