Cara Ampuh Mengobati Sakit Maag dan Cara Tradisional Mengobati Lambung

Posted by

Pengertian Sakit Maag

Gejala Maag, Obat Sakit Maag dan Cara Tradisional Mengobati Lambung - Sakit maag sudah tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat Indonesia. Sakit maag atau yang disebut juga dispepsia, adalah kondisi lambung seseorang yang mengalami radang lambung yang sering muncul bahkan terus-menerus terjadi di lapisan dinding lambung sehingga menjadi terkikis dan dapat membeuat luka atau yang dikenal sebagai tukak lambung. Gejala maag yang umumnya dirasakan adalah rasa panas atau perih yang dirasakan seseorang dari leher hingga perut bagian tengah.

Radang pencernaan tidak selalu di lambung, di usus halus juga dapat terjadi pada peradangan. Namun, yang disebut sakit maag adalah perdangan pada bagian lambung seseorang. Jika gejala sakit maag (gastritis) perut terasa perih ketika makan, tidak dengan radang pada usus halus. Perut akan terasa perih setelah 2 sampai 3 jam setelah kita makan. Rasa perih sakit maag umumnya terasa di perut bagian atas sebelah kiri. Perut bagian atas sebelah kiri merupakan posisi lambung seseorang. Jadi ketika kita sakit maag makan akan terasa perih dibagian lambung kita.


Gejala Sakit Maag

Gejala sakit maag yang umumnya dirasakan adalah rasa nyeri atau rasa perih yang terserasa saat makan atau saat setelah makan. Hal ini disebabkan karena makanan telah sampai di lambung yang dimana, lambung sedang dalam kondisi yang bermasalah.

Gejala yang sering dirasakan pada sakit lambung selain nyeri adalah sensasi panas di bagian perut selama beberapa menit yang biasanya disertai dengan rasa mual. Gejala ini juga dapat terjadi hingga terasa perih dari leher hingga pusar, bahkan terasa hingga di punggung. Rasa perih pada lambung dikarenakan, asam lambung yang mengenai titik radang atau luka lambung. Jadi, ketika asam lambung mengenai luka pada lambung, akan terasa perih atau nyeri.


Gejala Maag, Obat Sakit Maag dan Cara Tradisional Mengobati Lambung

Berikut ini rincian gejala sakit maag :

Gejala maag yang dirasakan pada kondisi maag yang belum parah :
  • Rasa nyeri atau perih yang terasa di daerah lambung.
  • Rasa panas yang terasa di daerah perut atau lambung
  • Rasa mual-mual yang sering dirasakan setelah makan
  • Sering muntah asam lambung. Muntah asam lambung biasanya hanya mengeluarkan asam lambung saja yang terasa pahit atau asam di lidah. Muntah asam lambung juga biasanya disertai dengan keluarnya makanan yang kita makan sebelumnya.
Gejala maag yang diarasakan jika kondisi maag sudah parah :
  •  Muntah yang terjadi disertai dengan keluarnya darah.
  • Saat buang air besar, feses beserta darah atau berwarna hitam. Namun kita harus dapat membedakan darah yang keluar karena sakit ambeien atau karena luka dari lambung. Jika darah yang keluar karena ambeien, darah yang keluar adalah darah segar yang menetes. Jika darah yang keluar karena sakit lambung, darah yang keluar tidak menetes, dan warna darah berwarna kehitam-hitaman, bahkan feses dapat menjadi hitam pekat.

Apabila mengalami gejala maag yang sudah menyebabkan pendarah di lambung. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Karena jika telah mengalami pendarahan di lambung harus ditangani dengan cepat untuk mencegah hal buruk yang terjadi/


Penyebab Sakit Maag

Penyebab sakit maag yang utama ada dua, sakit maag yang disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori (H. plyori) dan karena penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti aspirin yang dikonsumsi dalam waktu yang lama. Bakteri yang menyebabkan sakit maag, bakteri H.Pylori adalah bakteri yang dapat mengiritasi lambung seseorang yang dapat menyebabkan radang pada lambung hingga luka pada lambung (tukak lambung).

Kita juga perlu mengetahui makanan yang dapat memicu sakit maag. Makanan yang dapat menyebabkan sakit maag diantaranya sebagai berikut.


Makanan dan Minuman Pemicu Maag

1. Daging yang berlemak - Daging yang memiliki lemak tinggi dapat memicu asam lambung pada manusia. Daging yang memiliki lemak tingi diantaranya daging sapi, domba atau kambing. Mulai sekarang jika memiliki sakit maag jangan terlalu berlebihan ketika mengkonsumsi daging yang berlemak tinggi.

2. Kafein - Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat juga menyebabkan asam lambung meningkat.

3.Minuman Beralkohol - Meminum minuman yang beralkohol seperti bir atau wine dapat mempercepat kenaikan asam lambung. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol dapat melemahkan saluran di bawah esofagus yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Wajar saja jika ada seseorang pecandu alkohol mengidap sakit maag.

4. Minuman bersoda - Minuman yang satu ini memang sangat menggoda lidah. Rasa yang sangat segar saat diminum membuat minuman ini banyak di konsumsi masyarakat. Tapi tunggu dulu bagi pengidap sakit maag. Pasalnya minuman bersoda dapat memicu maag anda menjadi kumat kembali. Dianjurkan bagi yang mengidap sakit maag untuk berhenti mengkonsumsi minuman bersoda.

5. Makanan pedas - Tentunya makanan yang satu ini dapat memicu sakit maag anda. Karena ketika makan makanan yang pedas dapat merangsang dan meningkatkan asam lambung seseorang. Biasanya jika mengalami iritasi atau radang pencernaan (radang lambung), kita diberi pantangan oleh dokter untuk stop makan makanan pedas selama masa penyembuhan.

6. Makanan yang bergas tinggi - Makanan yang mengandung gas tinggi dapat menyebabkan asam lambung anda kumat. Makanan yang mengandung gas tinggi seperti nangka dan kol.


Pengobatan Sakit Maag

Sakit maag bukanlah penyakit berat atau penyakit yang mematikan. Sakit maag akan cepat membaik jika ditangani secara cepat dan tepat. Sangat penting untuk seseorang mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan sakit maag kambuh kembali.

Obat yang sering digunakan untuk menyembuhkan sakit maag adalah obat penghambat pompa proton (PPP) seperti omeprazole dan lanzoprazole. Obat tersebut dapat menurunkan kadar asam lambung dalam sistem pencernaan manusia, yang sangat membantu dalam proses penyembuhan sakit maag. Bagi seseorang yang mengidap sakit maag karena bakteri, dapat menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri sakit maag, yaitu bakteri H.Pylori. Antibiotik sangat penting digunakan jika seseorang yang sakit maag dikarenakan bakteri.

Apabila sakit maag yang disebabkan karena penggunaan OAINS seperti aspiri, kita harus menstop dulu konsumsi obat tersebut. Lalu konsumsi obat sakit maag seperti lanzoprazole atau omeprazole. Jadi, ketika kita merasakan perut kita perih atau radang setelah meminum obat tertentu, sebaiknya kita stop saja konsumsi obat tersebut jika ingin sembuh dari sakit maag.


Komplikasi sakit Maag

Kompiklasi dari sakit maag sangat jarang terjadi, diperkirakan dialami hanya 4 dari 200 orang. Komplikasi sakit maag yang dapat menyebabkan sakit yang serius, seperti sakit :
  • Pendarahan pada titik peradangan
  • Obstruksi lambung atau radang lambung yang menghalangi proses laju makanan pada sistem pencernaan
  • Robeknya (Perforasi) pada lapisan lambung di titik peradangan. 

Tenang saja bagi yang mempunyai sakit maag, karena sakit maag sangat jarang memakan korban jiwa. Korban jiwa dari sakit maag pertahunnya dapat dihitung dengan jari. Namun sakit maag dapat menjadi sakit yang serius apabila dialami oleh seseorang yang berusi diatas 70 tahun. Jadi, bagi kaum muda yang memiliki sakit maag tidak perlu khawatir. Dengan perawatan dan pengobatan sakit maag yang tepat, insyaAllah sakit mag dapat tertangani dengan cepat.


Kapan seseorang sangat dianjurkan mengunjungi dokter ketika sakit maag?

Apabila kondisi maag yang parah, maka harus segera diperiksakan ke dokter. Sakit maag yang disertai dengan gejala muntah darah, feses dengan warna hitam dan nyeri yang sangat didaerah lambung atau didaerah perut. Apabila telah merasakan gejala seperti tersebut, sangat disarankan untuk memeriksakan kedokter. Jika telah mengalami pendarahan, dikhawatirkan telah terjadi komplikasi sakit maag yang perlu penanganan lebih lanjut.


Pijatan alami untuk pencernaan

Ternyata pernafasan kita juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Nafas yang baik dan benar akan membuat pencernaan menjadi sehat. Otot-otot pencernaan dan organ pencernaan akan berjalan dengan baik jika cara pernafasan kita juga baik. Pernafasan yang benar dapat memberi pijatan alami untuk pencernaan kita. Penrnafasan yang baik juga akan menyuplai oksigen ke pencernaan kita sehingga akan mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Bagi yang mempunyai gangguan pada klep disarankan untuk melakukan nafas perut agar menguatkan kembali klep yang sudah lemah.


Baca juga : Cara Bernafas Perut Ampuh Mengobati Berbagai penyakit


Obat Tradisional untuk Mengobati sakit maag (sakit lambung)

Di jaman pengetahuan yang semakin maju ini banyak hadir obat-obat kimia di masyarakat. Obat kimia ini memang dapat membantu untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun sering dijumpai efek sampingnya. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap efek samping dari obat-obat kimia, tentunya tidak sedikit masyarakat modern yang beralih untuk mencari obat tradisional. Pasalnya dengan obat tradisional, jarang bahkan tidak ada efek sampingnya.

Sejak jaman dahulu obat tradisional juga memang sudah terbukti dapat ampuh membantu penyembuhan suatu penyakit. Mengkonsumsi obat tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami sangat banyak dicari orang.

Bagi penderita maag, terlalu sering mengkonsumsi obat-obat maag yang kimia tentu tidak baik juga untuk kesehatan. Tenang dulu sobat kreatif, jika tidak ingin mengkonsumsi obat kimia, kita bisa mengkonsumsi obat tradisional. Obat tradisional juga telah diuji di laboratorium akan khasiatnya.

Berikut ini obat tradisional untuk penyakit maag (penyakit lambung) :

1. Kunyit

Untuk membuat obat tradisional dari kunyit, pertama-tama kita siapkan dulu 2 batang kunyit yang sudah dicuci terlebih dahulu. Lalu kupas kulitnya kemudian diparut atau diblender dengan mencampurkan air secukupnya. Minum 2 kali sehari, saat baru bangun tidur sebelum sarapan, dan saat ingin sebelum tidur. Memang dilidah terasa tidak enak, namun bagi pengidap sakit maag rasanya hal tersebut tidak jadi masalah lagi. Admin juga sudah memraktekan minum kunyit ini, setelah beberapa hari mengkonsumsi kunyit Alhmdllah sakit maag jadi mereda.

2. Daun pepaya dan biji pepaya

Unik bukan, ternyata biji pepaya dan daun pepaya dapat menjadi obat tradisional sakit maag yang membantu menyembuhkan sakit maag. Untuk biji pepaya, terlebih dahulu kita jemur biji pepaya hingga kering. Kemudian jika sudah kering, tumbuk sampai halus biji pepaya, lalu dicampur air secukupnya. Minum ramuan ini secara teratur untuk mempercepat penyembuhan. Sedangkan pada daun pepaya kita dapat memblender daun pepaya dengan air secukupnya kemudia disedu secara rutin. Jika tidak ingin repot-repot membuat ramuan daun pepaya, kita dapat memakannya secara langsung saja.

3. Kacang Kedelai

Sebelum kita mengolah kacang kedelai menjadi obat tradisional sakit maag. Terlebih dahulu kita sangrai kacang kedelai secukupnya tanpa minyak. Apabila kacang kedelai sudah disangrai, kita tumbuk hingga halus. Lalu kita sedu dengan air secukupnya.

4. Bawang Putih

Bawang putih dengan aroma yang khas ini ternyata dapat menjadi obat tradisional sakit maag. Untuk mengolah bawang putih menjadi obat tradisional sakit maag. Terlebih dahulu kita siapkan bawang putih yang sudah dibersihkan dengan air. Lalu blender bawang putih dengan air secukupnya. Konsumsi ramuan bawang putih ini secara rutin. Jika anda tidak ingin repot-repot membuat ramuan bawang putih, anda dapat memakan langsung bawang putih mentah-mentah.

5. Madu hitam

Madu juga dapat membantu menyembuhkan sakit maag. Telah banyak peneltian yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi madu dapat membantu untuk menyembuhkan tukak (luka) pada lambung dan dapat juga melindungi lambung dari iritasi. Tentang perihal madu adalah obat telah ada dalam ayat Al-Qur'an sejak 14 abad yang lalu.

Allah Ta’ala berfirman,”Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.  Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang  memikirkan” (QS. An Nahl : 69)

Dari Sa’id Ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas dari Nabi, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَأَنْهَى أُمَّتِي عَنِ الْكَيِّ
“Kesembuhan ada dalam tiga perkara; meminum madu, berbekam dengan gelas dan bakaran api. Tetapi aku melarang umatku melakukan pembakaran dengan besi.”


Madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antaranya untuk mengobati sakit perut, seperti ditunjukkan dalam hadits berikut ini:

أَنَّ رَجُلاً أَتَى النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَخِي يَشْتَكِي بَطْنَهُ. فَقَالَ: اِسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ فَقَالَ: فَعَلْتُ. فَقَالَ: صَدَقَ اللهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيْكَ، اسْقِهِ عَسْلاً. فَسَقَاهُ فَبَرَأَ

“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya6.’ Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya, Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga, Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia madu.’
Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret).’7 Nabi bersabda: ‘Allah Mahabenar dan perut saudaramu itu dusta8. Minumkan lagi madu.’ Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR. Al-Bukhari no. 5684 dan Muslim no. 5731)

Keterangan:
6 Dalam lafadz lain, disebutkan orang itu berkata: إِنَّ أَخِي اِسْتَطْلَقَ بَطْنُهُ
Makna (اِسْتَطْلَقَ بَطْنُهُ) adalah banyak yang keluar dari isi perutnya yakni mencret/ diare. (Fathul Bari, 10/208)
7 Sebagaimana dalam riwayat Muslim, orang itu berkata:
إِنِِّي سَقَيْتُهُ فَلَمْ يَزْدَدْ إِلاَّ اسْتِطْلاَقًا
“Aku telah meminumkannya madu namun tidak menambah bagi dia kecuali mencret.”
8 Maknanya, perutnya tidak pantas untuk menerima obat bahkan menolaknya. Di sini juga ada isyarat bahwa madu itu adalah obat yang bermanfaat. Adapun jika penyakit tetap ada dan tidak hilang setelah minum madu, bukan karena jeleknya madu, namun karena banyaknya unsur yang rusak dalam tubuh. Oleh karena itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruhnya untuk mengulang minum madu. (Fathul Bari, 10/209, 210)

Dikutip dari : http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=362


Walau madu biasa dapat juga membantu menyembuhkan sakit maag, tapi madu hitam lebih dianjurkan. Karena madu hitam lebih berkhasiat untuk membantu menyembuhkan sakit maag. Konsumsi madu hitam 2-3 sendok dengan air hangat secukupnya. Konsumsi madu hangat ini 2x sehari saat bangun tidur sebelum sarapan dan sebelum tidur malam.


6. Jennifer (Jeruk Nipis Peres)..

Jeruk nipis bisa membantu menyembuhkan sakit maag??? penasaran bukan??? tunggu di posting berikutnya

Sekian dulu sobat kreatif tentang postingan saya tentang gejala maag dan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit maag. Semoga postingan ini dapat membantu keluhan-keluhan sakit maag anda. Semoga bermanfaat

Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:03:00 PM

0 komentar:

Post a Comment