Pengertian Tanah Laterit, Tanah yang Mengandung Logam

Posted by

halo.. ketemu lagi sobat kreatif...

sebelumnya kita telah membahas apa itu proses leaching
baca juga : Apakah yang dimaksud leaching??
 
kali ini kita akan membahas tentang tanah laterit. apa sebenarnya tanah laterit ? mengandung apakah tanah laterit?? bagaimanakan terbentuknya tanah laterit??
yuk langsung saja kita bahas,

Baca >> Kapan Perang Dunia 3 Terjadi??? Ramalan???

Pengertian tentang tanah Laterit - Tanah laterit adalah tanah yang unsur haranya sudah hilang, dikarenakan unsur haranya telah terbawa air hujan yang lumayan tinggi. Tanah laterit itu sendiri memiliki karakteristik warna merah, tak jarang tanah laterit disebut juga sebagai tanah merah. Tanah laterit terbentuk dari lingkungan yang basah, dingin, atau tanah yang tergenang oleh air.

Jika dilihat secara spesifik tanah laterit mempunyai profil tanah yang dalam, mengandung bahan organik, pH netral sampai asam, mudah menyerap air, dan yang pasti banyak terkandung zat besi dan alumunium. Karena tanah laterit mudah untuk menyerap air, tanah laterit baik digunakan untuk pondasi bangunan. Tanah laterit juga relatif kuat untuk menopang bangunan diatasnya. Tak jarang juga tanah laterit digunakan sebagai lahan perkebunan karet, cengkeh, cokelat, jagung, kelapa sawit, dan palawija.
 

Penjelasan tentang tanah laterit
Pengertian dan penjelasan tanah laterit

Jenis tanah laterit sering di temukan di daerah yang beriklim tropis. Tanah laterit terlihat seperti warna karat dikarenakan mengandung oksidasi besi yang tinggi. Pada umumnya tanah laterit mengandung besi, timah, zirkon, kwarsa, aluminium, nikel, oksida titanium dan lain-lain. Tanah laterit pada tempo dulu sering digunakan untuk bahan bangunan, seperti untuk membangun kuil-kuil, jalan, dan batu bata. Beberapa negara yang sering ditemukan tanah laterit adalah negara Indonesia, Australia, Brasil, Kolombia, Kuba dan sebagainya. Jika di daerah Indonesia sendiri tanah laterit sering ditemukan di Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Lampung, dan Pacitan. Biasanya jika lahan tanah laterit dibiarkan begitu saja, akan ditumbuhi oleh rumput liar atau alang-alang.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:08:00 PM

0 komentar:

Post a Comment