Penjelasan Electrowinning, Proses Elektrokimia

Posted by

Pada post yang sebelumnya, kita sudah membahas tentang tanah laterit

baca juga : Penjelasan tanah laterit 


Kali ini, kita akan membahas apa yang dimaksud tentang Electrowinning.

Penjelasan Electrowinning - Electrowinning merupakan suatu proses elektrokimia yang sering digunakan untuk mereduksi kation logam kepermukaan katoda pada suatu larutan air dari suatu proses pencucian kimia atau washing. Jika ingin mengetahui apa itu washing, bisa di baca disni >> Penjelasan Leaching atau ekstraksi padat cair

Electrowinning bisa dikatakan adalah ekstraksi elektrolit suatu logam dari elektrolit yang terkandung ion logam menjadi unsur logam, tetapi logam yang memiliki nilai oksidasi nol. Anoda yang digunakan untuk electrowinning dapat menggunakan anoda yang soluble atau bisa juga anoda yang inert.




Untuk memahami electrowinning kita terlebih dahulu harus memahami reaksi kimia redoks dan mengerti hukum faraday serta memahami sistem kelistrikan yang akan membuat suatu reaksi. Keberhasilan proses electrowinning dapat dilihat pada jumlah logam yang menempel. Hasil yang diinginkan pada proses electrowinning ialah mendapat banyak produk logam yang menempel dengan biaya produksi yang serendah mungkin.

Sering terjadi kekeliruan ketika menghitung amperenya, karena terkadang kekeliruan terjadi karena menghitung ampere berdasarkan yang di rectifier. Seharusnya ampere yang dihitung adalah ampere pada tiap katoda yang bisa diukur menggunakan tang ampere DC pada kabel terdekat dengan katoda.

Electrowinning menggunakan dasar ilmu elektrolisisElectroisis itu sendiri adalah suatu penguraian elektrolit oleh arus listrik. Arus listrik yang mengalir pada larutan elektrolit akan membuat reaksi kimia. Proses elektrolisis mempunya tiga ciri utama :
  • Mempunyai sumber arus listrik dari luar
  • Pada sel elektrolisis mempunyai 2 elektroda
  • Larutan elektrolitnya mengandung ion bebas. Yang dimana ion ini dapat menerima elektron sehingga elektron tersebut dapat mengalir pada larutan.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:51:00 PM

0 komentar:

Post a Comment