Penjelasan Leaching atau Ekstraksi Padat-cair

Posted by

Pengertian proses Leaching

Penjelasan Leaching atau Ekstraksi  Padat-Cair -  Ketika kita mempunyai suatu campuran bahan kimia yang kita ingin pisahkan, kita dapat memisahknnya dengan proses ekstraksi. Dan campuran tersebut harus dikontak dengan fase yang berlainan, dapat berupa cair dengan cair, solid dengan fluida, gas dengan cair maupun uang dengan cair.

Proses ekstrasi itu sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu, ekstraksi cair dengan cair dan ekstraksi padat dengan cair. Leaching itu sendiri adalah proses ekstraksi padat dengan cair. Biasanya untuk melakukan ekstraksi cair dengan cair digunakan proses distilasi atau evaporasi. Seperti asam asetat dapat diekstrasi dari air dengan proses distilasi menggunakan pelarut organik.

Pada umumnya senyawa organik atau anorganik terbentuk dari campuran komponen dalam bentuk padatan. Zat yang akan diekstrak disebut dengan solut, dan solut tersebut akan kita pisahkan dengan zat yang tidak diingikan dari suatu solid. Solid tersebut akan dikontakkan dengan fase cair. Ketika fase padat dan fase cair terjadi kontak maka solut akan berdifusi dari solid menjadi fase liquid sehingga mengakibatkan solut yang sebelumnya tercampur pada solid akan terpisahkan. Proses ini yang dinamakan leaching. Pada proses ekstraksi padat cair terdapat bahan pelarut yang digunakan bertujuan untuk memisahkan zat yang bisa terlarut pada bahan padat.

Pada leaching juga terdapat proses yang dinamakan washing yaitu, proses memisahkan komponen yang tidak diinginkan dari solid menggunakan air.

Ekstraksi padat cair  bertujuan untuk mengeluarkan suatu zat terlarut dari padatan atau bisa juga untuk memurnikan suatu padatan dari zat yang mengkontaminasinya.

Proses leaching banyak ditemukan pada industri-industri. Biasanya ditemukan pada industri biologi atau industri makanan, terdapat proses yang dilakukan untuk memisahkan suatu produk dari struktur alaminya. Misalnya dari produksi gula, proses leaching dilakukan untuk memisahkan gula dari tebu. Contoh lainnya dapat kita lihat pada produksi minyak makan, pelarut yang organik seperti aseton atau eter digunakan untuk mengekstrak minyak dari kacang-kacangan.

Tahapan-tahapan proses ekstraksi padat cair diawali dengan meresapnya zat pelarut menuju zat yang akan telarut sehingga terjadi perubahan fase pada zat tersebut, kemudian terjadinya difusi di cairan dalam partikel yang padat menuju ke luar. Terakhir, terjadinya perpindahan zat terlarut dari padatan menuju zat pelarut.


Leaching juga dapat kita temukan pada proses logam, diantaranya sebagai berikut :
1. Leaching Emas baca disni Leaching emas
2. Leaching alumunium baca disini Leaching Alumunium
3. Leaching pada tembaga baca disini Leaching tembaga

Ketika kita ingin mempersiapkan bahan solid yang ingin di-leaching, tergantung pada solut yang tersedia. Apabila senyawa terlarut di kelilingi dengan suatu bahan yang tidak larut, maka pelarut harus terlebih dahulu berdifusi ke dalam sehingga akan terjadi kontak yang membuat solut menjadi larut, kemudian solut tersebut akan berdifusi keluar.

Pada material biologi biasanya solut berada dalam sel. Sehingga proses leaching menjadi lambat karena terhalang oleh membran sel. Sehingga pada pemrosesan leaching material biologi, bahan yang akan di leaching dipotong-potong tipis terlebih dahulu untuk mempercepat proses leaching. Dapat kita lihat pada proses pengekstrakan gula pada tebu, terlebih dahulu tebu tersebut dipotong-potong untuk mempermudah proses leaching.

Secari garis besar proses leaching dilakukan pada 3 tahap. Pertama proses pelarutan solut, kemudian terjadi proses pemisahan larutan terhadap ampas dan yang terakhir proses mencuci ampas padat. Berikut ini video tentang proses leaching.

  

 


 

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:15:00 AM

0 komentar:

Post a Comment