11 CARA AMPUH dan Tips Supaya Menjadi Pengusaha Sukses

Posted by

Cara-Cara dan Tips Supaya Menjadi Pengusaha Sukses -
Menjadi pengusaha sukses tentunya sangat diinginkan oleh banya orang. Karena dengan menjadi pengusaha sukses kita dapat mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi dari pegawai dan penghasilannya bisa terus bertambah sesuai dengan keberhasilan usaha yang dijalankannya tidak seperti pegawai yang penghasilannya dibatasi. Oleh karena hal tersebut, banyak pengusaha-pengusaha baru yang bermunculan. Namun, tidak sedikit pengusaha yang gulung tingkar bahkan menjadi banyak hutang.

Karena untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal yang harus dipelajari dan nilai-nilai yang ditanamkan pada seseorang yang ingin menjadi pengusaha sukses. Banyak hal yang mesti dipelajari dan teori-teori wirausaha. Namun jangan sampai kita terlalu banyak teori dan tidak melakukan tindakan. Teori memang perlu, namun yang diinginkan dari teori yang telah kita pelajari adalah sebuah tindakan.

Cara-Cara dan Tips Supaya Menjadi Pengusaha Sukses



Berikut ini cara-cara supaya menjadi seorang pengusaha sukses :

1. Berdoa kepada Allah swt.

Admin sengaja mengurutkan berdoa kepada yang Maha Kuasa pada urutan pertama. Karena sangat penting bagi kita untuk menyeru dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebelum kita menjalankan suatu wirausaha. Dengan berdoa, tujuan kita menjadi semakin jelas dan terarah. Dengan berdoa kita menjadi yakin dengan apa yang kita inginkan. Dengan berdoa kita menjadi kuat untuk menjalankan apa yang kita jalankan. Dan masih banyak lagi manfaat doa yang lainnya. Jadikan doa sebagai senjata kita ya sobat kreatif..


2. Menembus Mental BLOCK

Ketika kita ingin memulai suatu wirausaha kita harus mempunyai keberanian untuk mengambil langkah yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Yang sebelumnya kita bekerja yang tidak seberapa beresiko, namun jika anda ingin menjadi pengusaha anda harus siap menyikapi resiko-resiko yang akan terjadi. Alangkah baiknya jika kita dapat mengantisipasi resiko tersebut.

yang mungkin sebelumnya mindset kita hanya menjadi karyawan, hanya melakukan intruksi dari atasan. Hanya sebatas mengerjakan apa yang diperintah oleh atasan saja. Namun jika kita ingin menjadi pengusaha mindset kita adalah bagaimana membuat strategi, membuat marketingnya, membuat kemajuan, membuat inovasi, membuat target dan masih banyak lagi.

Sering kali kita, ketika ingin memulai usaha yang terpikir adalah ketakutan-ketakutan akan kegagalan bisnis kita. Sehingga kita tidak jadi-jadi untuk membuka usaha. Oleh karena itu, jika sobat kreatif ingin memulai suatu usaha perlu keberanian untuk menembus mental block yang menghalangi kesuksesan kita.



3. Menentukan Visi dan Misi yang Jelas

Ketika kita ingin menjalankan usaha Visi dan misi sangat penting kita tentukan sejak awal. VIsi dan misi usaha kita akan membuat langkah kita memiliki arah yang jelas. Sehingga kita mempunyai target-target yang akan kita capai dalam usaha kita.



4. Menanamkan TRUST atau kepercayaan pada diri kita

Nilai TRUST sangat penting untuk ditanamkan pada diri kita. Jika trust sudah tertanam pada diri kita, kita akan mudah dalam menjalani usaha kita.Nilai Trust kita perlu dibangun mulai sekarang, seperti anda dapat dipercaya bahwa anda jujur, dapat dipercaya bahwa anda baik, dapat dipercaya bahwa anda amanah, dapat dipercaya bahwa anda cekatan dan sebagainya.

Jika kita memiliki Trust pada diri kita, kita tidak perlu meminjam modal dari bank. Jika orang sudah banyak yang mempercayai kita, kita dapat dengan mudah mendapatkan modal dari saudara atau teman kita. Atau kita juga dapat mengajak mereka bekerja sama dengan kita, mereka menjadi investor dan kita yang mengelola bisnisnya.

Nilai trust juga harus ditanamkan pada usaha kita. Usaha kita dipercaya oleh masyarakat dapat memberi produk yang bagus, dipercaya dapat melayani dengan baik, dipercaay sebagai usaha yang berkualitas dan sebagainya.


5. Segera melakukan action atau tindakan

Dalam berwirausaha teori juga dibutuhkan bahkan sangat penting. Kita perlu memiliki banyak teori tentang usaha yang akan kita jalankan. Namun jangan sampai, kita hanya berteori saja tanpa mengambil tindakan sedikit pun. Teori sangat penting untuk rancangan usaha kita, tetapi tindakan jauh lebih penting untuk mewujudkan kesuksesan wirausaha kita.


6. Membuat Rencana atau strategi usaha yang matang


Sebelum kita menjalankan suatu usaha, kita harus membuat rencana dan strategi-strategi yang akan kita lakukan. Ketika usaha kita juga sudah berjalan, kita juga tetap memiliki rencana atau strategi untuk memajukan usaha kita. Dengan rencana dan strategi yang matang, gerakan usaha kita menjadi semakin jelas dan terarah.


7. Mencari partner usaha yang dapat dipercayai

Jika kita ingin menjalankan usaha, selain kita dapat dipercayai kita juga mencari orang-orang yang dapat dipercayai. Misalnya ketika kita ingin kongsi dengan teman kita, sangat penting untuk mencari teman yang dapat kita percayai. Begitu juga ketika kita ingin mencari karyawan dalam usaha atau bisnis kita, kita juga harus mencari karyawan yang dapat dipercayai.


8. Melakukan inovasi

Di tengah perkembangan bisnis yang begitu pesat. Sangat banyak usaha-usaha baru yang bermunculan. Tak jarang, yang tadinya usaha atau bisnis tersebut maju, namun tersaingi dengan perusahaan lain yang baru saja didirikan. Misalnya kita lihat saja ojek pangkalan yang tersingkir dengan adanya GoJek. Hal ini tentu saja karena inoavsi yang dapat memberi kepuasan lebih bagi masyarakat. Ojek pangkalan dan Gojek sama-sama memberi pelayanan transportasi. Namun karena Gojek Memiliki inovasi yang lebih modern dengan aplikasi Gojek yang dimana kita dapat memanggil Gojek kerumah kita tanpa kita harus pergi dulu kepangkalan, tentu hal ini membuat masyrakat lebih memilih gojek dibanding ojek pangkalan.

Banyak contoh-contoh lainnya, seperti Nokia yang merupakan perusahaan sangat maju tersingkir oleh Android.

Dengan inovasi kita dapat menarik konsumen-konsumen yang sudah mulai jenuh dengan pelayanan usaha atau bisnis yang sebelumnya


9. Ahli financial

Banyak sekali pengusaha yang bangkrut karena tidak ahli dapat mengatur financial perusahaan. Karena jika kita tidak ahli dalam mengatur keuangan perusahaan kita, kita menjadi bingung dengan uang masuk dan uang keluar bisnis atau usaha kita. Padahal hal ini sangat urgent dalam suatu bisnis. Dengan ahli financial dalam perusahaan, kita dapat mengatur perusahaan kita dengan baik.


10. Menikmati perjalanan usaha kita

Kita juga perlu menikmati dan menyenangi usaha yang kita jalankan. Dengan kita menyenangi dan menikmati usaha atau bisnis yang kita jalankan, kita menjadi bersemangat untuk menjalani usaha kita. Bayangkan saja jika kita tidak menikmati usaha yang kita jalankan. Kita jadi males-malesan, jadi ogah-ogahan, jadi jenuh. Tentunya hal ini akan membuat usaha kita menjadi tidak baik bahkan kita menghentikan usaha yang sedang kita jalankan.


11. Yang terakhir, tetap jaga kesehatan anda

Kesehatan juga harus tetap di jaga ya sobat kreatif.. Kita juga jangan sampai terlalu berlebihan bekerja hingga kita lupa makan dan istirahat. Sesibuk apapun pekerjaan kita, kita harus tetap memperhatikan kesehatan kita.

sekian dulu ya sobat kreatif cara-cara dan tipsnya, semoga bermanfaat... dan kita menjadi pengusaha sukses... amin...

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:56:00 AM

0 komentar:

Post a Comment