Mengapa Dalam Wirausaha Mental Bisnis Sangat Penting?

Posted by

Ngomong-ngomong tentang mental bisnis.. apa si sebenarnya mental bisnis itu??

dari katanya saja kita sudah bisa menjawabnya,. ya.. mental bisnis adalah mental yang dimiliki seseorang untuk menjalankan bisnisnya atau usahanya.
test
Mental bisnis sangat penting diperhatikan dan dipelajari jika kita ingin menjalankan suatu bisnis. Karena apabila kita tidak memiliki mental untuk menjalankan bisnis, tentunya usaha atau bisnis yang akan kita jalankan tidak berjalan dengan baik bahkan tidak berjalan sama sekali..

Kondisi mental seseorang sangat berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankannya. Contoh sederhananya saja dalam marketing, jika seseorang tidak memiliki rasa percaya diri ketika menawarkan produk yang ditawarkan maka pembeli akan ragu untuk membeli produk kita walaupun sebenarnya produk kita berkualitas tinggi. Sebaliknya, walaupun produk yang kita tawarkan sebenarnya tidak terlalu berkualitas baik, namun jika kita percaya diri ketika menawarkan produk maka pembeli akan yakin untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Mengapa Dalam Wirausaha Mental Bisnis Sangat Penting?


Atau contoh lainnya adalah ketika kita ingin menjalankan bisnis namun belum memiliki cukup keberanian. Sehingga ketika sudah berniat menjalankan usaha, sudah membuat planning, sudah banyak perhitungan namun ketika ingin action selalu ditunda-tunda hingga tidak jadi menjalankan bisnisnya. Hal ini sering terjadi, sehingga terlalu banyak planning yang tidak selaras dengan tindakannya. Sudah merancang usaha, ketika ingin menjalankannya tidak jadi, ingin bisnis warung makan udah dibuat perencanaannya sedemikian rupa namun tidak jadi dijalankan, demikian seterusnya.

Hal tersebut dinamakan dengan mental block atau bisa dikatakan mental kita yang dibataskan atau mental kita yang di blok. Sehingga kita tidak berani untuk melewati pembatas itu yang membuat kita tidak jadi melakukan eksekusi atau action. Jika kita belum bisa menembus mental block tersebut, maka kita akan jalan di tempat. Posisi kita atau level kita diam ditempat dan tidak meningkat. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengusaha untuk berani menembus mental block tersebut.

Namun yang perlu digaris bawahi jangan sampai kita mengsalah artikan menembus mental block sehingga membuat kita menjalankan bisnis menjadi sembrono atau jadi asal-asalan. Berani melewati mental block bukan berarti kita menjalankan bisnis trabas-trabas aja. Ketika kita berani melewati mental block, kita juga tetap memperhitungkan dan merencanakan usaha yang ingin kita jalankan.

Jadi, dapat disimpulkan mental bisinis meliputi bagaimana rasa percaya diri kita, keberanian kita, kekuatan mental kita, keteguhan kita, kesabaran kita, dan sebagainya.

Jika kita memiliki mental yang buruk kita cenderung menjalankan bisnis dengan rasa pesimis, putus asa, lesu, tidak semangat, dan mental-mental negatif lainnya. Hal ini sangat berbahaya jika terdapat pada seseorang yang ingin menjalankan bisnis atau usaha. Sebaliknya jika kita memiliki mental yang baik kita akan menjalankan bisnis dengan rasa optimis, percaya diri, semangat, sabar, dan mental-mental positif lainnya. Mental seperti ini yang mesti ditanamkan bagi kita yang ingin menjalankan suatu bisnis atau suatu usaha.

Untuk mengubah mental kita menjadi mental yang baik, tentunya membutuhkan waktu dan pengalaman. Jika mental buruknya sudah kronis biasanya butuh waktu yang lama untuk mengubahnya menjadi mental yang baik.

Mengubah mental kita menjadi mental yang baik tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh proses untuk mengubahnya dan biasanya bertahap. Admin sering jika belanja di toko-toko yang dimiliki oleh warga yang beretnis Cina, terkadang yang melayani admin ketika ingin membeli adalah anak dari pemilik toko tersebut. Jadi, orang tua mereka sudah membiasakan anaknya untuk melayani transaksi dalam dunia perbisnisan. Sehingga mental bisnisnya sudah terbentuk dari kecil yang akan menjadi bekal untuk mereka saat dewasa kelak. Wajar saja ketika mereka sudah dewasa mereka lancar ketika menjalankan suatu bisnis atau wirausaha.

Jadi, penting sekali untuk memupuk mental-mental yang baik dimulai sejak dini.

Sampai disini dulu ya sobat kreatif...
Semoga bermanfaat..

Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:23:00 PM

0 komentar:

Post a Comment