5 Cara Cepat Bisa Berenang Gaya Dada Yang Benar [Gambar+Video]

Posted by

Renang Gaya dada sudah tidak asing lagi kita dengar. Gaya renang yang satu ini memiliki gerakan seperti katak yang sedang berenang.
Adapun cara berenang pada gaya dada dimulai dengan posisi badan terlungkup ke dalam air. Kemudian meluruskan tangan dengan posisi meluncur diikuti dengan meluruskan kaki juga.
Tangan kanan dan tangan kiri diawali dengan telapak tangan berdempetan, kemudian melakukan gerakan membuka kedua tangan kita. Setelah kita melakukan gerakan membuka kedua tangan, selanjutnya kaki kita yang melakukan gerakan membuka. Setelah melakukan gerakan membuka tangan dan membuka kaki sebanya sekitar 3 kali, kita angkat kepala kita ke atas permukaan air untuk mengambil nafas. Lakukan semua hal tersebut secara berulang.

Baca juga : CARA CEPAT BISA MENGAPUNG DI AIR DENGAN GAMBAR, PENTING SUPAYA TIDAK TENGGELAM DISAAT GENTING

Sumber img : Temukan pengertian
Gaya dada banyak disukai karena merupakan gaya renang yang santai sehingga kita tidak terlalu lelah berenang dengan gaya dada ini. Ada beberapa hal yang harus kita pelajari sebelum kita belajar berenang gaya dada, yaitu cara telungkup dipermukaan air, cara gerakan meluncur, cara gerakan tangan, cara gerakan kaki dan yang terakhir cara kita mengambil nafas.

Berikut ini cara-cara cepat supaya bisa berenang gaya dada:
1. Cara Telungkup Di Permukaan Air
Sumber img: PJKR Indonesia
Hal pertama yang harus kita bisa lakukan agar bisa berenang gaya dada adalah kita harus bisa telungkup dulu dipermukaan air. Dengan meluruskan tangan ke depan dan meluruskan kaki kebelakang sambil mengapung di permukaan air.

2. Cara Gerakan Meluncur
Sebelum anda berenang gaya dada, sebaiknya anda melakukan gerakan meluncur terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu anda menyesuaikan badan ketika akan berenang gaya dada.
Sumber img : Google
  • Melakukan posisi rukuk pada sholat, posisi kaki lurus kebawah masuk ke dalam air dan posisi tangan lurus kedepan sejajar dengan permukaan air
  • Dempetkan tangan kita lurus ke depan.
  • Tempelkan kaki kita ke dinding kolam, kemudian lakukan dorongan sekuat mungkin sebagai pemicu dorongan meluncur ke depan.
  • Yang terakhir, usahakan badan di rilekskan atau tidak kaku supaya tetap mengapung di permukaan air

3. Cara Gerakan Kaki Saat Renang Gaya Dada
Sumber img: sporstation

  • Saat kaki dalam posisi lurus, lakukan sedikit tekukan pada kedua kaki.
  • Setelah kaki sudah menekuk, lakukan dorongan atau lecutan seraya kaki melakukan gerakan membuka hingga kaki lurus kembali.
  • Lakukan gerakan tersebut secara berulang hingga terbiasa.
  • Usahakan gerakannya rileks.
Sumber img: olahraga anak


Sumber img: sport education

Jika anda belum bisa melakukan gerakan kaki secara berenang, anda bisa melakukannya dengan latihan dipinggir kolam terlebih dahulu. Lakukan gerakan kaki renang gaya dada dengan tangan kita sambil memegang dinding kolam seperti gambar di atas.


4. Cara Gerakan Tangan Saat Renang Gaya Dada

Jika ingin lancar berenang dengan gaya dada, kita harus bisa menguasai dengan benar cara gerakan tangan ketika berenang gaya dada.

sumber img: semua tentang olahraga
  • Meluruskan posisi tangan ke arah depan sejajar permukaan air
  • Tarik kedua tangan ke arah dada secara gerakan tangan melakukan gerakan membuka.
  • Usahakan jari merapat seperti katak, supaya didapatkan dayungan air yang baik.
  • Lakukan gerakan tersebut secara berulang hingga terbiasa
Catatan: Jika anda belum bisa melakukan gerakan tangan sambil berenang, anda bisa menggunakan bantuan papan seluncur di dada anda


5. Cara Mengambil Nafas Saat Renang Gaya Dada
Mengambil nafas saat renang gaya dada, dilakukan ketika dilakukannya gerakan tangan mendayung air. Pengambilan nafas dapat dilakukan setelah melakukan gerakan kaki dan tangan sekitar 3 kali gerakan.
sumber img: juns blog
  • Ketika tangan melakukan gerakan menarik atau mendayung air , angkat kepala anda ke atas permukaan air.
  • Tarik nafas menggunakaan mulut, tetapi keluarkan melalui hidung ketika kepala anda sudah tenggelam. (Menarik nafas menggunakan mulut supaya menghindari masuknya air ke dalam hidung).
  • Jika anda sudah  mengambil nafas tenggelamkan lagi kepala anda.
  • Usahakan kepala anda tidak menghadap ke depan supaya tidak membebani leher anda.

Jika sobat kreatif ingin mempelajari lebih jelas lagi carap cepat berenang gaya dada, bisa dilihat di video berikut :

Video Pertama


Nah, sobat kreatif. sepertinya sudah cuku jelas, penjelasan cara cepat berenang gaya dada. Semoga anda bisa cepat bisa berenang dengan gaya yang satu ini. Selamat mencoba....

Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:23:00 AM

0 komentar:

Post a Comment