11 FUNGSI PENTING TOOL ADOBE PREMIERE PRO (+GAMBAR)

Posted by

Hello sobat kreatif... ap kbar semuanya?? maaf ya bru posting lagi setelah 3 bulan lebih gk posting-posting hehe.. Kali ini kita akan membahas tentang fungsi tool adobe premiere... Sebelumnya sudah pada tau belum ap itu adobe premiere???. Adobe Premiere adalah aplikasi yang terkenal untuk mengedit video.

Di adobe premiere ini kita dapat menggunakan tool-tool, effect-effect, transisi dan sebagainya yang sangat bagus dalam dunia editing video. Adobe Premiere memiliki keunggulan pada proses pemotongan atau pemberian transisi pada sebuah video. Jadi ketika kita membuat movie atau film pendek, sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini.

Baca juga : 52 Fungsi Tools Penting Photoshop...

BACA JUGA >> JUARA 1 AMERICA'S GOT TALENT 2018, INI PEMENANGNYA

Ketika kita ingin membuat sebuah film pendek tentunya kita akan melakukan pemotongan-pemotongan pada video yang kita take. Dan biasanya kita akan memberi transisi pada potongan-potongan video tersebut supaya terlihat lebih soft dan good looking. Di adobe premiere juga tersedia efek-efek bagus yang dapat kita gunakan. Di adobe premiere pro juga kita dapat memberi musik pada klip video kita. Dan kerennya lagi di adobe premiere pro kita bisa memberi sentuhan Color Grading... Yah Color grading.. yang biasanya digunakan film-film profesional untuk memberi pewarnaan yang cinematik.


Di adobe premiere juga terdapat tool. Jika ingin melakukan editing video di adobe premiere pro sangat penting bagi kita untuk mengetahui fungs-fungsi tool pada adobe premiere. Bisa dikatakan memahami tools adobe premiere adalah bahan dasar yang harus kita ketahui untuk melakukan editing video. Berikut ini adalah fungsi penting tool Adobe premiere:

1. Selection Tool = Tool ini sesuai namanya yaitu alat seleksi, merupakan tool yang digunakan untuk menselect atau memilih video dan sebagainya. Selection tool dapat digunakan untuk menggeser atau memindahkan video pada timeline kita. (Shortcut V)

2. Track Select Tool = Track  select tool, sesuai namanya lagi yaitu alat menseleksi track, yang   artinya kita dapat menselect atau memilih 1 track penuh, misalnya ada banyak track namun kita ingin menseleksi 1 track penuh saja, maka kita dapat menggunakan tool ini. Jika ingin menseleksi          semua track, maka kita dapat menekan tombol shift.. (A)

3. Ripple Edit Tool = Tool ini berfungsi untuk melakukan penyesuaian titik edit atau untuk memindahkan klip lainnya ke dalam timeline kita. (B)

4. Rolling Edit Tool = untuk menyesuaikan titik pengeditan kita diantara dua klip tanpa mengurangi atau menambahkan sisa timeline kita. (N)

5. Rate Stretch Tool = berfungsi untuk mempercepat speed (durasi) atau untuk memperlambat speed pada video. Apabila speed dipercepat otomatis durasi video akan semakin singkat dan sebaliknya (X)

6. Razor Tool = razor tool berfungsi untuk memotong clip video pada timline kita. Kita juga bisa memotong audio dengan razor tool (C)

7. Slip tool = berfungsi untuk memindahkan klip dalam menuju luar poin dengan jumlah yang sama dengan jumlah awal secara serentak. Sehingga tidak mengurangi atau menambah sisa timeline kita (Y)

8. Slide tool = berfungsi untuk memindahkan klip video bolak-balik pada timline kita (U)  
9. Pen Tool =  berfungsi untuk membuat anchor (jangkar) pada klip, tool ini juga berfungsi untuk membuat klip kita menjadi transparan, misalkan transparan 10% menuju 100% secara bertahap (P)

10. Hand Tool = berfungsi untuk menggerakan preview timeline kita ke atas kebawah atau ke kanan ke kiri, dapat juga untuk menggerakan preview hasil projek editing video kita (H)

11. Zoom tool = berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil preview timeline kita (Z)
Demikianlah sobat kreatif, fungsi-fungsi tools pada Adobe Premiere, semoga bermanfaat,,.. dan tunggu postingan selanjutnya... see you next time :D



Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:40:00 AM

6 komentar: