PENGERTIAN BANK SYARIAH +UNDANG UNDANG

Posted by

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Berdasarkan ketentuan Pasal 3 Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, tujuan penyaluran dana oleh perbankan syariah adalah menunjang pelaksanaan pembangunan, meningkatkan keadilan, kebersamaan dan pemerataan kesejahteraan rakyat. Selanjutnya yang dimaksud dengan perbankan syariah menurut Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Perbankan Syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank syariah dan unit usaha syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya.


Berdasarkan penngertian perbankan syariah di atas, maka terdapat tiga pokok bahasan dari perbankan syariah, yaitu tentang kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usaha bank syariah. Dari segi kelembagaan ada dua jenis bank syariah, yaitu Bank Umum Syariah (BUS) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS), sedangkan bentuk hukum bank syariah adalah Perseroan Terbatas (PT). Terdapat perbedaan dengan bentuk hukum bank umum kovensional yang dapat berupa Perseroan Teribatas, Koperasi atau Perusahaan Daerah (Pasal 21 ayat (1) Undang-Undang No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No.10 Tahun 1998 selanjutnya disebut Undang-Undang Perbankan).

Dari segi kegiatan usaha, baik BUS maupun BPRS pada dasarnya sama dengan kegiatan usaha bank konvensional, yaitu meliputi tiga kegiatan utama yaitu pertama, dalam bidang pengumpulan dana masyarakat dalam bentuk simpanan atau investasi (liability product), kedua, dalam bidang penyaluran dana kepada masyarakat (assets product) dan kegiatan ketiga berupa pemberian jasa-jasa bank (services product).

Karena itu jika dilihat dari segi kelembagaan dan kegiatan usaha, antara bank syariah dan bank konvensional tidak banyak perbedaannya, yang membedakan antara bank syariah dengan bank konvensional adalah cara dan proses melakukan usahanya, yaitu bank syariah melakukan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip syariah yang tidak mengenal sistem bunga (interest) namun berdasarkan sistem bagi hasil (profit and loss sharing), sedangkan bank konvensional melakukan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip hukum secara konvensional yang pendapatannya berdasarkan sistem bunga (interest).

Berdasarkan Undang-Undang Perbankan Syariah, terdapat definisi-definisi pokok yang perlu diketahui, antara lain:
a. Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah (BUS) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).
b.Bank Umum Syariah (BUS) adalah bank syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
c. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) adalah ank syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
d.Unit Usaha Syariah (UUS), adalah unit kerja dari kantor pusat bank umum konvensional yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor atau unit yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, atau unit kerja di kantor cabang dari suatu bank yang berkedudukan di luar negeri yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang berfungi sebagai kantor induk dari kantor cabang pembantu syariah dan/atau unit syariah.
e. Prinsip Syariah adalah prinsip hukum Islam dalam kegiatan perbankan berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan dalam penetapan fatwa di bidang syariah.

Jadi, Perbankan Syariah adalah bank yang melakukan kegiatan usaha perbankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Sebagaimana telah ditegaskan dalam penjelasan umum Undang-Undang Perbankan Syariah bahwa kegiatan usaha yang dijalankan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah meliputi kegiatan usaha yang tidak mengandung unsur riba, maisir, gharar, haram dan zalim.

Sumber: Wangsawidjaja, Pembiayaan Bank Syariah, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2012

Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:08:00 AM

0 komentar:

Post a Comment