Prinsip Cara Kerja Reaktor Nuklir PLTN,Lengkap+Gambar

Posted by

PLTN adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Dari singkatan tersebut kita bisa mengetahui PLTN adalah penghasil energi listrik dari tenaga nuklir. Namun yang masih menjadi pertanyaan adalah, bagaimana PLTN beroperasi hingga dapat menghasilkan energi listrik....

Kita mulai dulu dari pengertian energi nuklir. Energi nuklir adalah energi yang terdapat di dalam atom. Energi ini akan dihasilkan saat terjadinya proses reaksi nuklir. Ketika sebuah atom terjadi reaksi perubahan sejumlah massa inti atom, ketika itulah dihasilkannya energi.

Tentunya pada PLTN terdapat sebuah reaktor, yaitu Reaktor Nuklir. Reaktor Nuklir itu sendiri merupakan tempat terjadinya reaksi pembelahan inti atom atau yang sering disebut reaksi fisi. Reaksi fisi yang terjadi pada reaktor nuklir merupakan reaksi fisi yang terkendali dan kontinu. Ketika terjadi sebuah reaksi fisi maka akan menghasilkan energi + radiisotop + dan nuklida baru. Reaksi fisi terkendali mengartikan bahwa reaksi fisi yang terjadi pada reaktor nuklir dapat dikendalikan sesuai yang dibutuhkan. Umumnya pada reaksi fisi akan menghasilkan inti ringan neutron dan energi 200 MeV.
Tapi bagaimana PLTN dapat menghasilkan listrik????
Berikut ini gambar skema PLTN..


Prinsip kerja PLTN (World Nuclear, 2017)
Seperti pada pembangkit listrik lainnya, PLTN juga menggunakan tenaga panas untuk menggerakan atau memutar turbin untuk kegenerator. Adapun tenaga panas dihasilkan dari reaksi pembelahan (fisi) yang digunakan untuk memanaskan atau mendidihkan air yang kemudian panas tersebut akan dialirkan ke air yang berbeda saluran, yang kemudian air tersebut menjadi uap. Setelah menjadi uap, uap tersebut akan memutar turbin sehingga pada generator akan menghasilkan listrik. Apabila listrik telah dihasilkan pada generator, listrik tersebut akan menuju transformer yang kemudian akan disalurkan kepada masyarakat.

Singkatnya Prinsip kerja reaktor nuklir adalah = Reaksi inti (reaksi pembelahan (fisi)) pada reaktor daya > Menghasilkan panas > Panas tersebut membuat air menjadi panas > Panas tersebut dialirkan ke air yang berbeda saluran > Terbentuk uap > Memutar turbin > Generator Menghasilkan listrik > Disalurkan ke masyarakat.

Sebuah reaktor nuklir sudah tentu didukung dengan beberapa fasilitas fasilitas yang disebut komponen reaktor. Komponen tersebut harus diperhatikan dan memiliki standar kualitas yang tinggi sehingga reaktor nuklir memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Beberapa komponen tersebut diantaranya batang bahan bakar (Fuel Pin), Moderator, Batang Kendali (control rod), shield dan sebagainya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 1:46:00 PM

0 komentar:

Post a Comment