Tips Berteman Agar Terhindar Dari Pergaulan Bebas

Posted by

Pergaulan bebas merupakan hal yang sangat dikahwatirkan oleh orang tua.. Karena pergaulan bebas sangat menghancurkan masa depan anak-anak, yang seharusnya mereka dapat meraih cita-citanya bisa sirna begitu saja. Oleh karena itu, sangat penting peran orang tua untuk mendidik dan mengarahkan anaknya agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas. Sangat diperlukan edukasi akan pentingnya selektif dan dapat memilih pergaulan yang baik, sehingga anak menjadi timbul kesadaran akan bahayanya dampak dari "Pergaulan bebas"

Berteman memang asyik. Bisa curhat, bisa mengenal karakter, bisa dapat pengalaman dan wawasan, juga bisa tukar pikiran. Namun jangan salah lhooo.... nggak sembarangan kita dalam bergaul, jangan sampai kita terjerumuskan kepada pergaulan bebas yang sedang marak belakangan ini. Jadi kita harus hati-hati juga dalam berteman.

Tips Berteman Agar Terhindar Dari Pergualan Bebas

 Bukan berarti kita tidak boleh berkenalan dengan teman yang tidak baik. Tetap saja kita boleh berkenalan asalkan kita tidak meniru hal-hal yang dapat menjuruskan kita kepada pergaulan bebas yang jelas-jelas telah melanggar norma masyarakat. Jadi, jangan korbankan dirimu demi sebuah pertemanan, jika akhirnya kamu harus membayar mahal dengan hancurnya masa depan kamu.

Meski ktia selektif memilih teman, bukan berarti kita pengen eklusif. Berbeda boleh saja, tapi jangan sampai membedakan diri dengan yang lain. Sekedar "say hello" dengan teman sekelas yang kebetulan rada-rada amburadul sah-sah aja. Apalagi jika kita mengajak mereka kepada hal yang baik, tentu merupakan sesuatu hal yang sangat baik...

Dalam bahasa psikologi, dikenal istilah peer group, kelompok teman sebaya. Pengaruh tersebut sangat kuat lho... Tidak percayaa??? Rasanya diantara kita saja sudah ada yang pernah mengalaminya. Buktinya kita lebih suka dan  Ridho "terpengaruh" teman ketimbang terdidik oleh orang tua atau kelaurga kita. Alasannya sederhana, teman sebaya lebih asyik diajak ngobrol atau seru-seruan dibanding orang tua kita yang sering memerintah. Hal ini yang sering membuat kita menjadi tidak dekat dengan orang tua kita sendiri.

Sabda Rasulullah. SAW :
"Orang itu mengikuti agama teman dekatnya, karena itu perhatikan dengan siapa ia berteman dekat" (HR. Tirmidzi).

Sebenarnya banyak yang bisa kita jadikan teman. Persoalannya cuma satu, yaitu mencari teman yang baik itu relatif lebih sulit. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Insya Allah kita bisa kok... asal kita mau berusaha mencarinya...

Seorang ibu sangat sering mewanti-wanti anaknya agar tidak akrab berteman dengan anak yang nakal karena mereka dapat menggiring ke pergaulan bebas yang dapat menghancurkan masa depan. Kita sebagai anak harus sadar dengan nasehat ibu, bahwa kita harus berhati-hati dalam memilih teman..

Sobat kreatif, jika kita berteman dengan orang yang baik dan juga berilmu dapat memberi kebahagian, ketenangan, dan yang utama dapat membuat kita semakin dekat dengan Allah swt.
Berikut ini tips berteman agar terhindar dari pergaulan bebas:

1. Memilih Teman Yang Baik Perangai dan Perilakunya.

Ini bukan persoalan membedakan diri, tapi ini untuk kebaikan kamu juga. Pilihlah teman yang baik perangainya, tidak arogan, tidak cepat marah, dan tidak suka melecehkan. Pilih juga teman yang tidak hobi hura-hura dan yang penting carilah teman yang tidak dekat degan Miras dan narkoba.

2. Punya Prinsip Yang Kuat

Berteman memang dengan siapa saja dan kalau dalam lingkunga tempat tinggalmu komunitasnya heterogen, kamu bisa berteman dengan hal yang umum. Belajar bersama atau berolahraga bersama. Tapi kamu tetap harus memegang prinsip supaya tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

3. Pilih Yang Menghargai Dirinya Sendiri

Sebab orang yang panda adalah orang yang dapat menghargai dirinya sendiri. Orang yang panda menghargai diri sendiri biasanya orang yang juga pandai menghargai orang lain. Dengan begitu kita akan mendapat energi positif darinya.

4. Pastikan Dia Orang Yang Dapat Dipercaya.

Karena bisa menajga rahasia hidup kita, kalau nggak suka ngegosip...Kemungkinan besar dia orangnya bisa dipercaya. Kebayangkan gimana jadinya kalo kejelekan kita digosipin ke orang-orang... hehehe

5. Cari Yang Punya Semangat Juang

Kita dapat melihat dari aktivitasnya yak tidak kenal lelah. Jika di depan teman-teman dia tidak sering mengeluh.. Kemungkinan besar dia adalah seseorang yang memiliki semangat juang yang tinggi...

Go... Go... Sobat Kreatif... !! Marilah mulai sekarang kita pandai dalam berteman agar tidak terjerumus pada Pergaulan Bebss....


 

Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:51:00 AM

0 komentar:

Post a Comment