15 Cara Lancar Berbahasa Inggris Cepat, Ini Tips Rahasianya

Posted by

Hampir semua orang ingin menguasai bahasa Inggris. Banyak orang yang rela membayar les yang tidak murah untuk belajar bahasa Inggris. Karena kesadaran masyarakat akan pentingnya berbahasa Inggris sudah tinggi. Sudah kita ketahui bersama bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional. Dimana-mana sudah banyak menggunakan bahasa Inggris, mulai dari dunia komputer, teknologi, dan sebagainya. Dengan mahir berbahasa Inggris kita tidak takut lagi untuk berkomunikasi di luar negeri.



Cara Lancar berbahasa Inggris, source: google image, edited by: sisikreatif.com

1. Berbicara Dengan Diri Sendiri (Talk To Your Self)

Ngomong dengan diri sendiri??? ap nih maksudnya?? heehee.. Yap talk to your self in english.. Terkadang kita tidak selalu bertemu dengan orang yang bisa diajak berbicara dengan bahasa inggris.. Jadi kita latihan terlebih dahulu, berbicara kalimat bahasa inggris ke pada diri kita sendiri supaya membiasakan kita, sehingga kita tidak kaku lagi ketika berbicara bahasa inggris dengan orang lain. Buatlah conversation dan biacarakan dengan diri anda sendiri, seperti.. I want go to scholl, i'm really happy, i'm really hungry,.. i try so hard dan sebagainya...


2. Membaca Teks BerBahasa Inggris.

Kita dapat menemukan banyak teks bahasa inggris di berbagai media. Kita dapat membaca artikel online english, majalah dalam bahasa inggris, koran dalam bahasa inggris, novel dalam bahasa inggris dan sebagainya. Dengan membaca bacaan berbahasa inggris, membuat kita mendapatkan vocab(kata) baru  yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan membaca teks berbahasa inggris kita menjadi tahu susunan kalimat bahasa inggris yang benar. Selain mendapat vocab baru kita juga menjadi tahu grammar yang benar. Kita juga menemukan frasa-frasa inggris didalam sebuah kalimat.


3. Menstabilo Kata Yang Tidak Kita Ketahui

Tentunya saat kita baru belajar bahasa inggris banyak kata yang tidak kita ketahui. Misalnya saat kita membaca buku bahasa Inggris dan tidak tahu kata tersebut, segeralah kita menstabilo kata tersebut. Tandai kata-kata yang tidak kita ketahui. Jika sudah selesai menstabilo, saatnya kita menggunakan kamus atau google translate untuk mengetahui arti kata tersebut.


4. Menonton Film Dengan Subtitle Inggris.

Jika kalian malas membaca.. tenang saja... Kalian bisa mencoba tips ke tiga ini... Menonton film dengan subtitle Inggris,, Ingat ya.. subtitlenya bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia. Dengan menonton film dengan subtitle Inggris kita jadi tahu bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris yang tidak kita tahu sebelumnya dan kita juga jadi tahu cara penulisannya. Dengan tips ini juga kita mengasah skill listening kita. Yang menjadi masalah ketika melatih skill listening, kita tidak tahu kata apa itu. Nah... dengan adanya subtitle english saat listening, kita jadi tahu persis apa kata tersebut.


5. Menonton Video Youtube Dengan Mengaktifkan subtitle Bahasa Inggris

Kita juga bisa menonton video-video di youtube yang berbahasa inggris sambil mengaktifkan subtitle inggris. Jadi kita sambil listening bahasa inggris dan membaca subtitle inggris juga.. Kita bisa menonton video dengan bahasa Ingggris atau menonton video youtuber-youtuber yang berbahasa Inggris.. kalo admin seringnya menonton channel eevnx chanelnya Agung Hapsah.. hehehe... atau menonton channel TED (Technology, Entertaiment, Design) : Ideas Worth Spreading..  ini Link channelnya https://www.youtube.com/user/TEDtalksDirector/about ini situs resminya https://www.ted.com/?utm_source=youtube&utm_medium=social&utm_campaign=youtube&utm_content=banner-link


6. Memegang Kamus Saat Menonton

Saat kita melakukan tips nomor 4 dan nomor 5.. menonton dengan subtitle english. Kita masih ada satu hambatan lagi yaitu ada kata yang tidak kita ketahui artinya. Oleh karena itu ketika kita menonton video berbahasa Inggris siapkan kamus atau bisa gunakan google translate untuk mencari arti kata-kata yang tidak kita ketahui.


7. Cari Teman Yang Tertarik Belajar Bahasa Inggris Bersama

Nah ini point yang sangat penting supaya kita lancar dan mahir berbahasa Inggris. Cari teman yang ingin belajar bahasa Inggris bersama. Dengan mempunyai teman yang sedang berlajar berbahasa Inggris juga tentu membuat kita menjadi lebih semangat, saling share, saling mengoreksi, saling berbincang dengan bahasa Inggris dan sebagainya. Dan beruntungnya jika kita berteman dengan yang sudah jago banget bahasa inggrisnya..

8.  Ubrandictionary Untuk Mengerti Slang

Menurut KBBI slang adalah ragam bahasa tidak resmi dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kaum remaja atau kelompok sosial tertentu. Bisa dikatakan bahasa gaul dan buka bahasa baku.. Nah untuk mengetahui arti-arti slang kita bisa mencari artinya di website berikut http://www.urbandictionary.com/


9. Hiraukan Rasa Malu

Tentunya saat kita belajar bahasa inggris kita banyak melakukan kesalahan. Dan tak jarang kesalahan tersebut ditertawakan oleh orang disekitar kita. Kuatkan mental anda supaya bisa mengabaikan rasa malu tersebut. Jika seorang yang bijak di memaklumkan hal tersebut malahan mereka menjadi salut karena tekad mereka dalam belajar bahasa Inggris. Jangan tersinggung juga saat kesalahan kita dibenerin orang lain. Malah kita bersyukur lo... kita jadi tahu kalo ada yang salah dalam bahasa inggris kita. Dan dengan kesalahan itu kita jadi terus belajar.


10. Meniru orang lain

Jangan segan juga kita untuk meniru kalimat bahasa Inggris orang lain. Kita dapat menggunakannya juga sebagai contoh berbahasa Inggris.

baca juga >>8 PENGERTIAN PART OF SPEECH BAHASA INGGRIS
baca juga >> Pengertian Noun, Jenis, Macam & Fungsinya - Kata Benda Bahasa Inggris


11. Biasakan Hari-hari mu Dengan Bahasa Inggris

Nah ini point yang sangat penting supaya ktia cepat lancar berbahasa Inggris. Kita harus membiasakan berbahasa Inggris di kehidupan sehari-hari, seperti berbicara bahasa Inggris dengan kakak atau adek kita, chating bahasa inggris dengan teman kita dan lain-lain. Jika kita sudah benar-benar rutin membiasakan keseharian dengan berbahasa inggris, hal tersebut menjadi lebih efektif dibanding kita hanya les 2x pertemuan saja selama seminggu. Percaya deh


12. Tempel Barang2 Dirumah Kita Dengan Kata Bahasa Inggris.

Sering kan kita ingin menyebut suatu barang dengan bahasa Inggris namun kita tidak tahu kosa kata Inggrisnya.. Kita mau berbicara lemari dalam bahasa Inggris kita tidak tahu kosa katanya. Nah.. salah satu caranya adalah tempel secarik kertas dengan kosa kata bahasa inggris pada barang-barang dirumah kita. Misalnya tulis table di secarik kertas lalu tempelkan pada meja dirumah kita hehehehe...


13. Pelajari Pola Kalimat Bahasa Inggris

Cara untuk menguasai grammar adalah mengetahui pola-pola kalimat bahasa inggris. Kita harus mengetahui tense - tense bahasa inggris yang berjumlah 16 seperti past tense, future tense, present tense dan sebagainya. Misalkan kita sudah tahu suatu kalimat dengan pola yang benar, seperti I'm going to garden.. kita bisa menggunakan dilain situasi seperti I'm going to office, I'm going to school etc. Jadi jika kita sudah mengetahui suatu pola itu dengan benar maka kita bisa membuat kalimat baru disituasi yang berbeda.


14. Travel ke Tempat Masyarakat Yang Berbahasa Inggris

Sepintas jika kita berpikir masyarakat yang berbahasa Inggris, kita langsung tertuju pada negara Inggris, Amerika dll. Untuk mencari masyarakat yang berbahasa Inggris kita tidak mesti jauh-jauh keluar negeri, pasalnya di Indonesia sudah ada tempat yang masyrakatnya sering berbahasa Inggris yaitu Kampung Inggrgis di Pare, Jawa Timur. 1 Minggu pertama saja di lingkungan yang berbhasa Inggris akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita secaa signifikan. Karena kita dipaksa untuk survive berbahsa Inggris di lingkungan tersebut..


15. Just Do It

Ya... Just Do It... Terdengar sederhana namun tidak sesederhana pada prakteknya. Lakukan saja tips-tips diatas secara perlahan dan istiqomah.. Jangan down ketika kita ditertawakan oleh orang lain, terasa sulit untuk mempelajarinya, jenuh dengan prosesnya.... Jalanin saja proses tersebut dengan sabar dan enjoy... anggaplah hal tersebut sebagai tantangan yang harus kita lewati supaya menjadi pemenang.. Dan terakhir.... Jangan lupa bahagia berbahasa Inggris :D


Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:57:00 PM