19 Dampak Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Manusia + Lingkungan

Posted by

Sisikreatif.com - Mendengar kata nuklir menjadi hal yang menakutkan, dikarenakan dampak yang terjadi dari radiasi nuklir itu sendiri. Pancaran radiasi nuklir yang membahayakan manusia biasanya terjadi karena peristiwa bom nuklir atau kecelakaan reaktor nuklir. Radiasi yang terpancar dari sebuah nuklir sangatlah membahayakan bagi manusia. Dampak terkenanya radiasi nuklir sangatlah beresiko karena dapat menyebabkan penyakit yang mematikan hingga merusak struktur DNA tubuh manusia.


Dampak Radias Nuklir Bagi Manusia, sumber: reuters, Asian Nuclear Safety Network

Apa saja sebenarnya dampak berbahaya dari radiasi nuklir itu sendiri??? Dampak radiasi nuklir sangat beragam, ada dampak jangka pendek dan ada juga dampak panjang, diantara dampak bahaya radiasi nuklir adalah sebagai berikut:

baca juga >> PRINSIP KERJA REAKTOR NUKLIR (PLTN)


1. Dampak Radiasi Nuklir pada Otak Manusia

Radiasi nuklir yang sangat tinggi dapat membuat sel-sel otak menjadi rusak dengan seketika. Radiasi nuklir juga dapat membunuh sel saraf dan pemburuh darah manusia. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kejang-kejang bahkan kematian mendadak.


2. Dapat Menyebabkan kulit terbakar

Api saja dapat membakar kulit manusia, apalagi jika terpapar radiasi nuklir yang sangat tinggi. Radiasi tersebut dapat membuat kulit manusia menjadi merah seperti terbakar oleh api. Kulit manusia dapat terkelupas dan tentunya akan mengalami rasa yang sangat perih.


3. Gangguan Kelenjar Gondok

Ketika manusia terpapar oleh radiasi nuklir maka kelenjar tiroid akan sangat aktif terpapar radiasi nuklir tersebut. Paparan yoidium radioaktif  yang berlebih pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan pembekakan pada kelenjar gondok manusia.


4. Kerusakan Jantung

Apabila manusia terkena radiasi yang sangat tinggi sekitar 1000-5000 rems dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah manusia. Hal ini akan membuat gagal jantung yang dapat mengakibatkan kematian mendadak.


5. Rusaknya Saluran Reproduksi

Saat sinar radiasi nuklir mengenai organ reproduksi maka akan membuat pembelahan sel pada organ reproduksi menjadi sangat cepat, hal ini yang dapat mentebabkan sesorang menjadi mandul.


6. Gangguan Saluran Pencernaan

Radiasi nuklir dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan usus sehingga akan menyebabkan mual-mual hingga diare berdarah.

Baca juga >> 10 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir, Tak Disangka

7. Kerusakan Parah Pada DNA Manusia

Rusaknya DNA manusia adalah hal yang sangat berbahaya. Karena kerusakan DNA tidak bisa diperbaiki. Kerusakan DNA ini dapat membuat mutasi gen sehingga dapat mengacaukan pertumbuhan sel manusia. Sehingga sel tidak terbentuk sebagai mestinya, hal ini membuat kecacatan pada organ manusia. Kerusakan DNA juga dapat menyebabkan kerusakaan sel seperti kanker.


8. Rusaknya Sistem Darah Manusia

Saat manusia terpapar oleh radiasi nuklir makan radiasi tersebut dapat membuat infeksi pada sel limsofit yang kemudian menyebar keseluruh sel darah. Hal ini berdampak pada limfoma dan dapat menyebabkan leukimi (kanker darah).


9. Rambut

Rambut seseorang yang terkena radiasi nuklir akan mengalami kerontokan dengan sangat cepat. Sehingga korban dari radiasi nuklir menjadi gundul.

Baca juga >> Kapan Perang Dunia 3 Akan Terjadi?? Ramalan? Sebentar Lagi??

10. Kerusakan Parah pada Sel Tubuh

Saat sel-sel tubuh manusia terpapar oleh radiasi nuklir maka akan merusak molekul pada sel tersebut. Hal ini dapat menimbulkan sel kanker pada tubuh yang akan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Hal ini sangat mengancam kesehatan manusia.


11. Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan akibat dari radiasi nuklir dampaknya bisa hingga ratusan hingga ribuat tahun. Seperti di Chernobyl, lingkungan didaerah tersebut mati seperti kota hantu selamat beratus-ratus tahun.

12. Rusaknya Kromosom Tubuh,  jika terkena radiasi 5-20 rems

13. Rusak dan berkurangnya sel darah putih,  jika terkena radiasi 20-100 rems

14. Infeksi ringan seperti diare dan kelelahan, jika terkena radiasi 100-200 rems

15. Pendarahan, jika terkena radiasi 200-300 rems

16. Rusaknya sumsum tulang belakang, jika terkena radiasi 300-400 rems

17. Kerusakan Usus, jika terkena radiasi 300-400 rems

18. Penyakit yang sangat berbahaya yang mematikan, jika terkena radiasi 400-1000 rems

19. Dapat Menyebabkan Kematian, jika terkena radiasi 1000-5000 rems.

Baca juga >> 5 LEDAKAN BOM NUKLIR TERBESAR DI DUNIA, TERNYATA INI YG PALING BESAR

Dampak radiasi nuklir sangatlah membahayakan kehidupan organisme dan lingkungan. Oleh karena itu prosedur keamanan reaktor nuklir haruslah sangat diutamakan dan keahlian operator harus diperhatikan. Dan pembangunan reaktor nuklir harus jauh dari pemukiman masyarakat. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya ledakan reaktor yang tidak diinginkan.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:41:00 AM

0 komentar:

Post a Comment