5 Cara Cepat Bisa Berenang Gaya Bebas Yang Benar [Gambar+Video]

Posted by

Tentunya kita sudah sering melihat seseorang yang berenang dengan gaya bebas. ya.. Gaya bebas atau dalam bahasa inggrisnya free swim adalah berenang dengan posisi tubuh menghadap ke permukaan air. Dengan cara menggerakkan kedua tangan secara bergantian beserta kedua kaki digerakkan secara naik turun atau ke atas kebawah.

Berenang dengan gaya bebas merupakan salah satu gaya renang yang cocok untuk digunakan untuk pemula. Karena berenang dengan gaya bebas dapat mudah dipelajari namun cepat membuat badan terasas lelah dibanding dengan renang gaya dada. Butuh kesabaran dan ketekunan untuk mahir berenang dengan gaya bebas.

Ada tiga aspek penting yang diperhatikan dalam renang gaya bebas yaitu, gerakan tangan, gerakan kaki dan gerakan mengambil nafas.

Baca juga : CARA CEPAT BISA MENGAPUNG DI AIR DENGAN GAMBAR, PENTING SUPAYA TIDAK TENGGELAM DISAAT GENTING

Singkatnya renang gaya bebas dilakukan dengan meluncur di permukaan air, kepala masuk ke dalam air, dada menempel pada permukaan air beserta menggerakkan kedua tangan dan kedua kaki.

Berikut ini 5 cara (step) berenang gaya bebas..

1. Gerakan Kaki

Gerakan kaki gaya bebas, Source : wikipedia
Pada renang gaya bebas kita harus menggerakkan kedua kaki kita dengan cara mengayukan kaki keatas kebawah secara bergantian atau seperti mencambuk air. Saat mengayunkan kaki kebawah posisi kaki (dengkul kebawah) harus menjadi sejajar dengan paha.

Jadi gerakan kaki saat gaya bebas seperti gerakan kaki saat berjalan. Pangkal paha terlebih dahulu digerakan kemudian kaki (dengkul kebawah) mengikuti. Lakukan gerakan ini secara bergantian


2. Gerakan Tangan


Gerakan Tangan Gaya Bebas, source : wikipedia
Pertama kita meluruskan posisi tangan diatas kepala kita. Lalu kita mengayunkan kebawah salah satu tangan kita ke dalam air dengan ayunan kebelakang dan mengayunkan tangan kita ke atas dengan ayunan kedepan. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian (gerakan tangan kanan dan tangan kiri secara bergantian).


3. Cara mengambil nafas


Berenang gaya bebas Ambil Nafas, Source : google image

Cara berenang gaya bebas adalah gabungan gerakan tangan, kaki, dan gerakan mengambil nafas. Cara mengambil nafas saat berenang gaya bebas adalah dengan menoleh kepala kekiri atau kekanan. Jika kita ingin mengambil nafas dengan menoleh kepala kiri lakukan tolehan ketika tangan kanan sedang diayunkan keatas (dengan gerakan ayunan kedepan).

Pengambilan nafas bisa dilakukan setelah selesai melakukan 1 set gerakan, namun bagi perenang yang sudah handal bisa melakukan pengambilan nafas setelah melakukan 5-8 set gerakan. Terserah anda ingin mengambil nafas setelah beberapa set gerakan, sesuai dengan kemampuan.

Baca juga : Cara Cepat Bisa Berenang Gaya Dada Yang Benar Dengan Gambar + Video


4. Jari-Jari Tangan

Renang gaya bebas, soure image: google image
Ketika kita melakukan berenang gaya bebas usahakan jari-jari tangan anda tidak terbuka. Karena jika saat mengayunkan tangan anda dan antara jari-jari anda ada celah maka akan mengurangi gaya dorongan saat berenang. Jadi, kita harus merapatkan jari-jari kita supaya tidak ada celah.


5. Lakukan gerakan tangan yang optimal

Saat mengayunkan tangan kita ke dalam air, usahakan ayunan tangan kita sampai ke paha. Hal ini dilakukan supaya gerakan tangan menjadi optimal. Jangan ayunkan tangan ke atas sebelum gerakan tangan sampai paha.

Jika ingin lebih paham lagi bagaimana cara renang gaya bebas yang benar bisa melihat video berikut



Berikut ini ada beberapa tips berenang gaya bebas :
1. Usahakan leher anda sejajar dengan permukaan air, tidak condong bengkok ke atas.
2. Usahakan saat berenang, posisi wajah anda menghadap kebawah dasar kolam (sejajar dengan permukaan air), posisi muka anda tidak menengok ke depan.
3. Jika ingin melihat kedepan, mata anda saja yang melirik kedepan, jangan tengokkan posisi wajah anda ke arah depan (wajah tetap dalam posisi sejajar permukaan air).
4. Ketika memulai berenang gaya bebas, tekuk dagu anda keleher. Hal ini bertujuan supaya kaca mata anda tidak terlepas.
5. Jaga tubuh anda supaya tetap lurus. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan saat berenang.
6. Saat ingin mengayunkan tangan dari atas ke dalam air.. Telapak tangan anda jangan seperti menepuk air, namun lakukan seperti menusuk air dengan ujung jari dengan posisi menusuk airnya dengan arah diagonal kedepan.
7. Anda bisa mengambil nafas tidak mesti setelah 1 set gerakan. Anda bisa mengambil nafas setelah 5-8 set gerakan. Sesuai kemampuan anda.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 9:53:00 AM

0 komentar:

Post a Comment