14 Strategi Marketing, Naikan Omset Puluhan Jt/bln

Posted by

Membahas strategi marketing, ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Tapi dari sekian cara tersebut hanya beberapa saja dapat dijalankan secara konsisten. Kita harus tahu dulu strategi-strategi marketing yang sangat ampuh. Namun setelah kita tahu strategi marketing masih ada tantangan lagi, yaitu disiplin. Kita sering menemui kesulitan dalam marketing karena tidak disiplin.

Ada banyak kasus bagi pembisnis pemula, biasanya marketing dilakukan secara besar-besaran hanya di awal saja. Pembisnis pemula belum terbiasa untuk survive melakukan marketing secara kontinnu. Pembisnis pemula biasanya hanya ingin sukses tapi mengabaikan pembentukan karakter menjadi orang sukses.

Oleh karena itu sebelum kita bahas lebih jauh... Mulai sekarang tanamkan karakter disiplin pada diri kita. Karena rasanya sia-sia saja jika kita sudah banyak tahu tentang strategi marketing namun kita tidak memiliki karakter yang disiplin.

14 strategi pemaaran pada bisnis atau usaha, source img: google img
Sebelumny sobat kreatif sudah tahu belum apa itu marketing???? penjelasan marketing???. Kalau belum tahu bisa di baca di artikel sebelumnya,..


Kalau belum bener2 tahu apa itu marketing, sepertinya anda diharuskan dulu membaca artikel pengertian Marketing..

Bagis pembisnis profesional tentunya mereka sudah menyadari akan pentingnya Marketing(pemasaran).. Karena jika kita sudah menguasai pemasaran maka kita akan menguasai pasar. Itu artinya produksi kita meningkat sehingga penghasilan kita ikut juga meningkat.. Di artikel kali ini kita akan kupas tuntas 10 Strategi Marketing Yang bisa Menaikkan Omset Puluhan juta/bulan.. Namun perlu diingat ya... Umumnya praktek tidak semudah dengan teori yang kita bayangkan.. Berikut ini 10 Strategi Pemasaran:

1. Menentukan Produk

Ketika kita ingin menentukan produk apa yang ingin kita jual. Terlebih dahulu kita harus memahami kebutuhan masyarakat. Misalnya pada bisnis distro... Kita harus tahu tren apa yang sedang hits.. Misalkan sedang hits model baju koko distro maka kita bisa memproduksi baju koko distro.Jangan sampai kita tidak ikut berinovasi dengan apa yang diinginkan masyarakat. Karena masyarakat adalah target pemasaran.

Kita juga bisa melakukan riset dengan membagikan questioner kepada masyarakat. Misalkan kita ingin membuat kafe di sekitar kampus. Kita bisa membagikan questioner ke mahasiswa, menu makanan atau menu minuman apa yang sangat diinginkan mahasiswa tersebut.

2. Menentukan Target Pasar

Sebelum kita terjun untuk Marketing kita harus mengetahui dimanakah pasar yang cocok dengan produk kita??? Misalkan jika kita ingin menawarkan jasa bimbel maka kita sebar brosur di sekolah, jika ingin menawarkan produk kosmetik bisa kita tawarkan secara online di grup-grup khusus wanita. dan sebagainya..

3. Jangan Terlalu Memaksa Untuk Membeli

Kesalahan ini yang sering dilakukan oleh marketer. Konsumen terlalu di paksa untuk membeli produk yang ditawarkan. Alih-alih mereka akan membeli produk kita, mereka malah menjadi tidak senang dengan kita. Walaupun mereka akhirnya membeli produk kita, itu pun serasa terpaksa. Lakukanlah pemasaran secara natural. Buatlah konsumen membeli produk tanpa ada rasa dipaksa sedikit pun. Dengan begitu mereka akan merasa nyaman dengan kita.

4. Menulis Rancangan Strategi Marketing

Sebelum anda melakukan pemasaran anda bisa menulis terlebih dahulu rancangan strategi marketing yang akan anda lakukan. Tulislah secara detail strategi marketing yang akan anda lakukan. karena dengan menulis rancangan tersebut, akan membuat marketing anda menjadi lebih rapi.

5. Buat Slogan Bisnis Semenarik Mungkin

Bagi pembisnis profesional, slogan sangatlah penting dalam mengkomunikasikan nilai jual bisnis anda. Dengan adanya slogan pada bisnis anda membuat konsumen menjadi lebih yakin dengan produk anda. Selain itu slogan menjadi ciri khas untuk bisnis anda sehingga akan mudah diingat oleh masyarakat. Misalkan jika kita ingin membuat warung makan Pecel Lele. Pecel Lele Mpok Lela "Enak, Mantap, Murah Meriah". Buatlah slogan bisnis anda semenarik mungkin dengan kreatifitas anda.

6. Simpan Dan Kumpulkan Testimoni Sebanyak Mungkin

Biasanya jika ada konsumen yang senang dengan produk atau barang yang kita tawarkan, mereka akan memberi testimoni lewat chat bbm, facebook, instagram dll. Jangan anda biarkan testimoni tersebut. Screenshoot testimoni-testimoni tersebut kemudia simpan di memory anda. Kemudian anda bisa posting testimoni tersebut di fanspage bisnis anda.. Posting disemua fanspage bisnis anda, fanspage Ig, fanspage FB, fanspage twitter dll.

7. Buatlah Iklan Yang Jelas dan Menarik

Ketika anda akan membuat sebuah iklan untuk bisnis anda.. Buatlah iklan tersebut dengan pesan yang sangat jelas dan menarik. Iklan yang menarik akan membuat masyrakat lansung tertuju melihat iklan anda, karena percuma kan sebagus-bagusnya produk kita jika iklan yang kita buat tidak menarik tentu iklan kita tidak akan dilihat. Setelah iklan kita menarik buatlah pesan pada iklan tersebut, pesan yang sangat jelas. Pesan ini bertujuan supaya masyarakat menjadi yakin untuk membeli produk anda. Dan berilah pesan kenapa mereka harus membeli produk anda.

8. Jelaskan Apa Keunggulan Produk Anda dan Jelaskan Mengapa Mereka Harus Membeli Produk Anda.

9. Buat Brosur Bisnis Anda. Sebarkan brosur tersebut pada pasar yang tepat.

10. Buat Stiker Logo Bisnis Anda,

Buatlah stiker logo bisnis anda kemudian tempel pada motor atau kaca belakang mobil anda. Kebayangkan jika satu mobil saja yang kita pasang kemudian kita tiap hari mengendarai mobil tersebut sudah berapa banyak yang melihat Logo Bisnis kita.. Itu baru satu mobil, dapat anda bayangkan jika ada 1000 mobil yang sudah terpasang stiker logo bisnis anda.

11. Buat Fanspage di Media Sosial

Anda bisa membuat fanspage bisnis anda di media sosial. Anda bisa membuat fanspage di Facebook, di twitter, di instagram dan sebagainya.. Jika fanspage facebook saja anda sudah memiliki 100ribu pengikut.. Itu artinya sekitar 70-90 ribu orang sudah mengetahui bisnis anda.

12. Lakukan Promosi Ketika Anda Sedang Mengobrol.

Ini terlihatnya sepele namun jika kita lakukan secara konsisten tentu akan sangat berdampak pada bisnis anda. Misalkan jika anda berjualan obat-obat herbal, ketika anda mengobrol dengan teman tawarkan saja obat herbal yang anda jual.. dan ketika bertemu teman lagi, tawarkan saja lagi.. walaupun kita tahu dia tidak segera membeli. Tapi teman kita sudah tahu jika kita menjual obat herbal.. Dampaknya akan terasa di keesokan harinya.. Jika dia membutuhkan obat herbal biasanya dia langsung menghubungi anda.. atau jika ada teman yang bertanya siapa yang berjualan obat herbal, mereka akan memberitahu bahwa anda berjualan obat herbal. Lama kelamaan teman kampus kita tahu bahwa kita menjual obat herbal. Dan kita sudah berhasil melakukan strategi marketing.

12. Buat Kemasan Produk Yang Unik Dan Menarik

Jika anda ingin menjual produk, buatlah kemasan yang unik dan menarik. Hal ini bertujuan supaya masyrakat mudah melirik produk anda dan lebih cepat mengingat produk anda.

13. Pelayanan Yang Ramah

Hal ini sangat penting... terkadang seseorang membeli produk kita karena mereka senang dengan pelayanan kita. Konsumen merasa sangat dihargai sehingga konsumen akan menghargai anda juga. Dan ketika dia sudah menghargai anda, dia menjadi tidak sungkan membeli produk anda.

14. Lakukan Pelayanan Yang Fast Respon

Ternyata ramah saja tidak cukup sobat kreatif... Lakukan pelayanan yang fast respon.. Hal ini akan membuat bisnis anda terlihat profesional. Jika anda tidak fast respon, konsumen akan pergi ke produk yang lain..

Nah sekian sobat kreatif 14 Strategi pemasaran.. Jika anda menerapkan strategi marketing ini secara konsisten selama satu tahun... 2 bahkan 3 tahun... Saya yakin akan ada perkembangan yang pesat pada bisnis anda.. 
Bahkan bisa menaikkan omset hingga puluhan juta/bulan. Ingat ya bukan sebulan dua bulan... Biasanya pembisnis pemula akan menyerah dan mengabaikan strategi marketing ini pada bulan-bulan berikutnya.
Pembisnis pemula biasanya semangat diawal2 saja hehehe.

Jika sobat kreatif ingin menjadi pengusaha sukses... tanamkanlah kedisiplinan dan kekonsistenan dalam mewujudkan impian-impian sobat... Karena menjadi sukses bukan lah sesuatu yang instan melainkan melalui proses-proses yang panjang...

Sekian sobat kreatif,, semoga bermanfaat...

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:29:00 PM

0 komentar:

Post a Comment