20 Cara Menghilangkan Stress & Mengatasinya, Jarang Diketahui

Posted by

Jika dilihat dari arti katanya, stress adalah tegang atau bisa juga tekanan. Jadi stress adalah kondisi disaat kita mengalami tekanan yang membuat tubuh kita terasa tegang, mulai dari pikiran, emosi, otot hingga syaraf kita. Kita tak perlu khawatir jika kita mengalami stress, karena mengalami stress adalah hal yang manusiawi. Stress juga tidak memandang orang itu baik atau jahat, pasalnya orang baik-baik juga bisa terkena stress.

Stress terjadi bisa dikarenakan banyak faktor, diantaranya karena tuntutan pekerjaan, ketidak cocokan dengan lingkungan sekitar, dibuli, putus cinta, masalah keluarga, beban hutang, harapan yang tidak sesuai kenyataan dan sebagainya. Hal tersebut yang membuat seseorang menjadi tertekan hingga dapat menyebabkan penyakit fisik.
20 Cara Mengatasi Stress, source img: http://www.ruberyhypnotherapy.co.uk/stress/
Ketahanan seseorang terhadap stress berbeda-beda. Ada yang ketahanannya sangat kuat dan ada pula yang ketahanannya sangat lemah. Orang yang memiliki daya tahan terhadap stress yang lemah cenderung lebih mudah menjadi stress. 

Hal pertama hal yang harus dilakukan adalah, mengidentifikasi diri anda terkena stress atau tidak. Kita dapat mengidentifikasinya dengan melihat tanda-tanda stress pada diri kita. Jika kita mendapati banyak tanda stress pada diri kita, kita harus waspada dan mulai mencari solusi untuk menghilangkan stress pada diri kita. Kita tidak boleh membiarkan begitu saja kondisi stress di diri kita, sesegera mungkin mencari solusinya.. 

Jika anda masih bingung sbenarnya anda mengalami stress atau tidak. Ada baiknya membaca artikel berikut ini terlebih dahulu.. Agar anda bener2 tahu, bahwa anda mengalami stress atau tidak.. So.. sebelum lebih jauh membaca artikel ini silahkan dikunjungi dulu artikel dbwah ini :)
Baca juga >> 31 GEJALA STRESS & 10 PENYEBABNYA, JANGAN DIABAIKAN!

Saya tahu banyak sekali orang yang mengalami stress di dunia ini, oleh karena itu saya akan membantu anda sekalian untuk mengatasi stress yang anda alami, setidaknya saya bisa membantu anda lewat artikel ini.. Berikut ini 20 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress yang bisa saya share disini..:

1. Memasrahkan Masalah Kepada Allah swt.

Mengapa saya posisikan point ini di nomor pertama...?? Sebenarnya jika kita sudah benar-benar memasrahkan dan meminta pertolongan kepada Allah swt. stress yang kita alami dapat teratasi. Serahkan dan pasrahkan segala problematika hidup kita kepada Allah swt, mengadulah kepaa-Nya dan minta lah pertolong kepada-Nya. Karena sejatinya Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu dan Dia-lah yang paling dapat memberi solusi segala masalah-masalah anda.


2. Menerima Ketetapan Allah swt.

Tahukah sobat kreatif??? Jika sebenarnya yang telah terjadi di dunia ini sebenarnya telah di tetapkan oleh Allah swt. Dengan sifat-Nya yang Maha Mengetahui dan Maha Adil mudah saja bagi Allah untuk menetapkan apa yang akan terjadi & apa yang telah terjadi. Jadi sebenarnya kita tidak perlu menyesali atau tidak menerima masa lalu yang begitu pahit, karena sejatinya Allah telah menetapkan itu semua, dan pasti ada hikmahnya. Allah sengaja telah menentapkan apa yang terjadi supaya kita tidak bersedih hati atas musibah yang kita alami dan supaya kita tidak bangga/sombong dengan apa yang kita peroleh.Yakin deh dengan menerima ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah swt. kita akan menerima apa yang telah terjadi.


3. Mengambil Hikmah Dari Setiap Masalah

Pernah kah anda begitu pusing, mumet, buntu ketika ditimpah masalah?? wajar saja kita akan merasa begitu jika tertimpa suatu masalah.. Umumnya kita berkata, mengapa kyk gini, harusnya gini, harusnya gitu, coba jangan kyak gitu, dan seterusnya... Sebenarnya kita seperti itu karena belum melihat hikmah dibalik masalah yang kita alami. Cobalah melihat hikmah pada masalah-masalah kita.. Misalkan ketika kita kuliah mendapat nilai E, hikmahnya adalah supaya kita kedepannya menjadi lebih giat lagi belajar. dan saya bersyukur dengan nilai E ini saya menjadi sadar akan pentingnya bersungguh-sungguh dalam belajar. Memang saya sadari point yang pertama, kedua, dan ketiga tidaklah semudah yang diucapkan. Pada prakteknya sangat sulit diterapkan, tapi mulai saat ini mari kita mencoba untuk menerapkanya.


4. Meyakinkan diri Jika Ada Kesulitan Maka Ada Kemudahan.

Yakinkan diri kita jika setelah kesulitan ada kemudahan. Yang beragama Islam tentu sudah tahu ayat Al- Insyirah yang artinya : Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (6). Ada Pelangi setelah hujan :D


5. Mulai Berpikir Positif.

Mulailah dengan berpikir positif. Karena dengan berpikir positif kita menjadi lebih semangat menghadapi segala persoalan. Misalkan ada masalah, InsyAllah masalah ini akan selesai.. tugas ini akan selesai, problem ini akan clear, nanti juga berlalu dan sebagainya. Dengan pikiran positif maka akan membuat tindakan yang positif pula dan tentunya akan mendatangkan hal yang positif juga hehehe..


6. Melakukan Hobi

Jik anda terasa sangat suntup dengan problematik-problematika kehidupan. Mulailah dengan melakukan hobi anda.  Banyak sekali hal yang menyenangkan yang bisa kita jadikan hobi seperti memancing, menggambar, bermain sepak bola, menunggang kuda, menulis, membaca, photography, mengumpulkan perangko dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hobi tersebut, pikiran anda yang biasanya butek dengan permasalahan akan teralihkan dengan kegiatan yang positif sekaligus menyenangkan.


7. Lakukan Meditasi

Meditasi telah terbukti dapat menghilangkan stress. Dengan meditasi kita bisa menjadi rileks dan tenang. Karena meditasi membuat pernapasan, detak jantung, tekanan darah menjadi teratur dan dapat menurunkan kadar hormo stress pada tubuh. Dalam Islam juga kita dianjurkan untuk berdzikir setelah shalat, sepertinya bedzikir setelah shalat bisa termasuk sebagai meditasi juga.. hehe


8. Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin, misalkan seminggu 2 sampai 3 kali atau lebih. Dengan berolahraga kita akan melepaskan hormon serotonin yang dapat membuat seseorang menjadi senang. Saat berolahraga juga kita melepaskan hormon stress pada tubuh. Bisa dirasakan sendiri kan.. jika setelah olahraga kita menjadi merasa lebih senang dan rileks hehe..


9. Menarik Nafas Dalam-Dalam

Ketika anda sedang terpikir masalah yang begitu rumit cobalah anda menarik nafas dalam-dalam. Dengan menarik nafas dalam-dalam dapat membuat anda menjadi lebih rileks. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Secara biologis juga, hal tersebut dapat melepaskan hormon endorfin yang membuat kita menjadi tenang dan bahagia.


10. Curhat..

Jika anda ada masalah, curhat saja dengan orang terdekat anda seperti keluarga atau sahabat anda. Dengan curhat, kita melepaskan unek-unek dipikiran kita.. sehingga beban terasa berkurang. Kita juga mendapat solusi dari keluarga atau sahabat kita. Sehingga pikiran kita tidak buntu.. Menurut penelitian, orang yang tertutup lebih mudah terkena stress daripada orang yang sering curhat dengan keluarga atau sahabatnya. Tapi.. inget ya... kita juga harus curhat dengan orang yang tepat... Orang yang baik dan juga bijak.. dan bisa menjaga rahasia..


11. Bersyukur

Orang yang sering mengeluh lebih mudah terkena stress. Sebaliknya orang yang sering bersyukur tidak mudah terkena stress. Mencoba mensyukuri apa yang telah kita dapatkan membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Malu rasanya ketika melihat orang yang mengalami cacat lebih sabar dan lebih bahagia daripada diri kita yang normal dan sebenarnya masalah kita belum ada apa-apanya dibanding masalah orang lain. Dengan bersyukur, InsyaAllah nikmat kita kan ditambah :D


12. Berteriak Lepas

Percaya atau tidak dengan berteriak melepaskan suara lantang adalah cara yang efektif untuk menghilangkan stress. Pernah kan kita merasakan saat ada masalah terasa ada yang mengganjal di dalam hati. Cobalah untuk berteriak melepaskan suara di tempat yang luas seperti di bukit atau di pantai.. Percaya deh setelah berteriak lepas perasaan kita menjadi lebih lega.


13. Berhubungan Seks

Melakukan hubungan seks dengan pasangan juga dapat mengatasi stress. Karena dengan seks dapat menyeimbangkan kesehatan mental kita. Selain itu ketika berhubungan seks, kita melepaskan hormon endorfin yang membuat tubuh menjadi rileks. Tapi inget ya... berhubungan seksnya dengan pasangan yang sudah sah... jadi point ke 13 ini tidak boleh dilakukan jika belum menikah hehehe.....


14. Traveling/ Refreshing / Rekreasi

Menurut admin point ke 14 ini terbukti ampuh juga untuk menghilangkan stress. Bagaimana tidak... kita yang biasanya melihat tumpukan-tumpukan berkas di kantor, atau tugas-tugas kuliah bahkan ditimpah masalah.. ketika kita traveling atau rekreasi kita melihat pemandangan yang indah.. Tentunya dengan kita berlibur ke pantai, tempat rekreasi, ke gunung, kita menjadi lebih bahagia.


15. Berenang atau Berendam

Dengan kita berenang atau berendam, dapat mengatasi stress yang kita alami. Menurut penelitian dengan mandi atau berendam dapat mengurangi stress seseorang. Berendam juga mengingatkan kita saat kita masih berada di dalam rahim ibu yang memberi ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh ini.


16. Bermain game (permainan)

Untuk mengatasi stress kita juga bisa mencoba bermain permainan. Kita bisa bermain game di komputer, bermain kartu Uno dengan teman-teman, bermain ular tangga, bermain catur dan sebagainya.


17. Memaafkan Orang Yang Menyakitimu

Tentu saja dalam hidup ini ada saja orang yang membuat kita jadi sakit hati ataupun kecewa. Seperti putus cinta, dikhianati, diselingkuhi dan sebagainya. Hal tersebut yang membuat ganjalan di dalam hati, jika kita memendam itu semua.. akan menjadi tidak baik bagi diri kita sendiri. Udah disakitin, dipendem ujung-ujungnya kita jadi tambah sakit.. Mulailah mencoba untuk memaafkan orang yang telah menyakitimu dengan begitu anda akan merasa lebih plong..


18. Alihkan Pusat Perhatian Anda

Biasanya orang yang mengalami stress adalah orang yang perhatianyna terlalu berpusat pada masalah-masalahnya. Padahal jika dialhikan saja pusat perhatian tersebut ke hal yang lebih bermanfaat, tentu akan jadi jauh lebih baik. Yang tadinya kita memusatkan perhatian pada masalah-masalah, alihkan lah perhatian tersebut ke hobi kita, ke hal-hal yang positif, ngumpul bareng temen, berolahraga dan semacamnya.


19. Pemijatan Atau Refleksi

Selain dapat membuat tidur lebih nyenyak, ternyata pemijatan atau refleksi dapat menghilangkan stress juga lo... Karena dengan pemijatan dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Menurut penelitian pemijatan dapat menghilangkan stress dikarenakan terjadi perubahan biokimia di tubuh setelah mendapatkan sentuhan tangan. Otot yang tadinya juga tegang menjadi rileks setelah dilakukan pemijatan/refleksi.


20. Menonton Acara Lawak/Joke

Ketika kita menonton acara lawak di tv atau melihat joke tentu kita akan tertawa. Dengan tertawa kita akan menjadi lebih rileks.. Ketika sedang banyak masalah cobalah untuk menyempatkan diri menonton acara-acara joke di tv atau d instagram..

Cukup sekian ya.. sobat kreatif 20 cara mengatasi stress... Semoga artikel ini bermanfaat...
Jika senang dengan artikel ini boleh like tombol di bawah postingan, jika ingin berbagi boleh share silahkan klik tombol share FB atau jika ada yang ingin dikatakan atau ditanyakan silahkan komen di kolom komen,,, sekian dulu ya.. thx sudah mampir..

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:33:00 AM

0 komentar:

Post a Comment