31 Gejala Stress dan 10 Penyebabnya, Jangan Diabaikan!

Posted by

Jangan khawatir jika anda mengalami stress. Karena mengalami stress ada hal yang wajar dan manusiawi. Namun, jangan diabaikan juga.. karena jika kita mengabaikan stress maka akan berdampak negatif pada kehidupan kita. Problematika-problematika kehidupan dapat menyebabkan seseorang mengalami stress. Stress juga bisa dikarenakan karena tekanan pekerjaan, lingkungan yang tidak sesuai, masalah ekonomi, masalah percintaan dan sebagainya.

Seseorang yang mengalami stress yang parah bakan depresi, biasanya mereka tidak memahami gejala dan tanda stress. Sehingga stress yang dialami menjadi semakin parah. Pasalnya jika stress tidak ditangani akan membuat seseorang menjadi depresi bahkan bisa menjadi gila. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui ciri ciri atau gejala stress dan megetahui juga apa penyebabnya. Hal tersebut akan membantu kita dalam menangani stress. Berikut ini beberapa gejala seseorang yang mengalami stress:
Baca juga >> 20 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress, Jarang Diketahui


Gejala Stress dan penyebabnya, source img: google img

Gejala stress dapat dilihat dari gejala psikis dan gejala fisiknya, kita akan terlebih dahulu membahas gejala stress dilihat dari tanda psikisnya

1. Susah Untuk Berkonsesntrasi

Jika anda merasa sulit berkonsentrasi bisa jadi anda mengalami stress. Biasanya seseorang yang mengalami stress akan sulit untuk bekonsentrasi. Dia akan sulit fokus untuk belajar, sulit fokus memerhatikan guru yang sedang menjelaskan, bahkan sulit fokus ketika mengobrol dengan temannya. Hal ini dikarenakan pikiran anda sedang dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif. Mungkin anda sedang terpikir masalah keluarga, masalah percintaan atau masalah lainnya. Hal tersebut membuat suasana hati anda menjadi sedih dan murung.

Jika anda sangat sulit berkonsentrasi, jangan diabaikan. Anda harus dengan segera menangani stress yang anda alami.


2. Sering Merasa Cemas Atau Panik

Rasa cemas yang dialami seseorang yang stress berbeda dengan rasa cemas yang dialami oleh orang yang tidak stress. Orang yang stress biasanya merasa cemas yang berlebihan dan berlangsung sangat lama. Jika rasa cemas begitu parah maka seseorang yang stress dapat mengalami anxiety disorder / gangguan kecemasan. Untuk mengetahui apa itu anxiety disorder bisa dibaca dibawah ini.
 Baca juga>> Pengertian Anxiety Disorder, 20 Gejala & 8 Penyebabnya.. Jarang Diketahui

Rasa cemas yang dialami oleh orang yang stress adalah rasa khawatir yang tidak wajar. Dengan hal sepele saja dia langsung merasa cemas. Dan ditahap kecemasan yang lebih parah, dapat mengalami gangguan panic / panic attack. Panik attack ditandai dengan tanda-tanda fisik seperti keringat dingin, detak jantung berdetak lebih cepat, seperti rasa akan mati dan sebagainya.
Jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya ada temui psikolog untuk mengkonsultasikan problem kesehatan mental anda.


3. Terganggu Akan Hal-Hal Kecil / Menjadi Lebih Sensitif

Seseorang yang stress akan menjadi lebih sensitif dengan hal yang sepele. Dia akan mudah tersinggung dan cepat marah dengan hal-hal yang sederhana. Misalkan ada seseorang yang menagih utang dengan cara yang sopan, dia malah langsung tersinggung dan berpikir yang negatif. Hal ini dikarenakan banyaknya beban pikiran dikepalanya sehingga mudah terpancing untuk marah atau tersinggung.


4. Makan Terlalu Banyak atau Kurang Berminat Untuk Makan

Seseorang yang mengalami stress akan mengalami ketidak stabilan. Diantaranya tidak stabilnya mengkonsumsi makanan. Ada seseorang yang menjadi kehilangan minat untuk makan ada juga yang malah terlalu banyak makan.


5. Tidur Terlalu Banyak Atau Tidur Terlalu Sedikit

Sama halnya dengan point nomor 4. Seseorang yang stress akan terlalu sedikit tidur karena dia sering insomnia atau sebaliknya, dia malah terlalu banyak tidur. Kedua hal tersebut memang tidak baik, karena seharusnya kita tidur dengan kadar yang stabil.


6. Merasa Pesimis

Rasa pesimis yang terus menghantui... adalah salah satu tanda jika seseorang mengalami stress. Pesimis dengan apa yang dikerjakan, pesimis dengan masa depan, dan macam-macam pesimis lainnya.


7. Rasa Percaya Diri Yang Rendah

Kurangnya rasa percaya diri juga adalah tanda yang dialami seseorang yang mengalami stress.. Menjadi minder, tidak PD untuk tampil dan sebagainya.


8. Tidak Bisa Menikmati Hal Yang Ada Senangi Sebelumnya

Jika sebelumnya anda begitu menyenangi hobi anda.. Namun ketika anda mendapat masalah. Tiba-tiba saja anda menjadi tidak menyenangi lagi hobi tersebut. Rasa sedih, kecewa yang dirasakan membuat seseorang tidak memiliki minat lagi untuk melakukan hal yang sebenarnya mereka senangi.


9. Merasa Diri Anda Tidak Berharga

Selalu merasa menyalahkan diri sendiri dan menganggap diri tidak berharga tidaklah baik untuk kondisi kita. Hal ini hanyalah tindakan menyakiti diri sendiri. Jika terus menerus seperti ini kondisi anda menjadi semakin terpuruk. Kita harus bangkit dan semangat menghadapi masa depan.


10. Sering Terpikir Akan Kematian

Sering terpikir jika sebentar lagi akan mati adalah ciri-ciri seseorang yang stress. Hal ini terjadi karena seseorang yang stress tidak bersemangat menjalani hidupnya. Sehingga ia terpikir sebentar lagi akan mati. Dan ini hanyalah pelarian saja. Hadapilah hidup ini dengan ceria dan penuh senyuman :)


11. Sering Merasa Terlalu Lelah atau Kehabisan Energi

Ciri seseorang yang stress adalah selalu merasa letih seperti kehilangan energi. Untuk melakukan rutinitas sehar-hari seperti tidak berdaya. Jadi malas merawat diri, malas mandi, mala bersih-bersih dan sebagainya.


12. Minat Seksual Menurun 

Kondisi stress juga membuat minat seksual menjadi menurun. Hal ini tentu tidak baik untuk hubungan suami istri.

13. Sering Bingung

14. Sulit Mengambil Keputusan

Setelah kita membahas gejala stress dari segi psikis , berikut ini beberapa gejala stress dilihat dari ciri ciri fisiknya.

15. Mudah Pegal-pegal
16. Mudah Masuk Angin
17. Mudah Sakit Maagh
18. Otot Terasa Tegang
19. Sakit Kepala
20. Mudah Terkena Alergi 
21. Tekanan Darah Tinggi
22. Mudah Panas Dalam
23. Sering Sariawan / Bibir Pecah-Pecah
24. Berat Ketika Bernafas / agak sesak
25. Sering Berkeringat Dingin.
26. Gigi Bergesek Saat Tidur
27. Rambut Menjadi Rontok Parah
28. Mood Tidak Stabil
29. Sering Bermimpi Buruk
30. Sering Berkeringat Dingin
31. Telapak kaki/ Telapak Tangan Sering Menjadi Dingin

Setelah kita mengetahui gejala stress, sekarang kita akan membahas penyebab stress, diantaranya sebagai berikut:

1. Jarang Beribadah
2. Jauh Dari Tuhan 3. Tekanan Pekerjaan
4. Lingkungan Yang Tidak Sesuai
5. Tidak Bisa Bayar Hutang
6. Masalah Keluarga
7. Masalah Percintaan
8. Masalah Ekonomi
9. Ditinggal Oleh Orang Yang Dicintai
10. Pindah Tempat Tinggal, Tidak Bisa Beradaptasi Dengan Lingkungan Yang Baru

Nah, sekian ya sobat kreatif penjelasan tentang ciri-ciri stress... Stress merupakan hal yang wajar., namun jangan diabaikan. Karena jika diabaikan akan membuat kondisi seseorang menjadi semakin terpuruk. Kita harus segera menanganiya.. Kita bisa memperbaiki hubungan kita dengan Yang Maha Esa sembari berkonsutlasi dengan psikolog. Minimalnya kita memiliki edukasi bagaimana cara menangani dan mengatasi stress.
Baca juga >> 20 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Stress, Jarang Diketahui


Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:48:00 PM

0 komentar:

Post a Comment