Pengertian Anxiety Disorder, 20 Gejala & 8 Penyebabnya, Jarang Diketahui..

Posted by


Jika anda terlalu sering merasa khawatir bahkan karena hal-hal sepele bisa jadi anda mengidap gangguan anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Namun, perlu diingat ya sobat kreatif.. tidak semua kecemasan termasuk gangguan anxiety.. Jika seseorang merasa khwatir karena memang sewajarnya hal tersebut dikhawatirkan, itu bukanlah anxiety disorder melainkan hanya rasa khawatir biasa saja.

Anxiety Disorder adalah gangguan mental yang membuat pengidapnya merasa cemas terlalu berlebihan bahkan terhadap hal sepele dan rasa khawatir yang terus menghantui. Tentunya gangguan anxiety akan menganggu aktifitas seseorang..

Seseorang yang mengalami anxiety disorder akan selalu merasa khawatir terus menerus. Ada beberapa kasus pengidap anxiety dia berkali-kali mengecek tes HIV, padahal sudah dikatakan dia tidak mengidap HIV namun dia malah tidak percaya dengan sang dokter, Dia malah tetap melakukan tes berkali-kali.

Pengertian anxiety disorder, penyebab dan gejalanya..

Atau ketika sakit perut, langsung berpikiran terkena kanker.. Kepala pening sedikit merasa sakit tumor otak.. Jantung berdebar sedikit merasa sakit jantung kronis dan sebagainya.

Biasanya pengidap anxiety disorder ketika merasa keluhan sedikit saja akan masalah fisiknya. Dia langsung mensearching di google tentang penyakit yang dia khawatirkan. Misalkan dia pening dikit, seseorang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya langsung searching gejala kanker otak.. Ketika dia membaca gejala kanker otak, dia langsung menghubung-hubungkan gejala tersebut dengan yang dia rasakan. Dan seolah-olah dia merasakan gejala tersebut.. Setelah membaca artikel tersebut dia menjadi tambah khawatir..

Baru saja kemarin merasa terkena kanker otak... Hari ini dia merasa lesu.. seketika itu pengidap anxiety disorder berfikir kalau dia mengidap HIV... dengan segera dia mensearching gejala HIV... dan ketika membaca artikel tentang HIV si pengidap gangguan kecemasan semakin menjadi panik dan cemas... Begitu seterusnya... Jika di hitung-hitung banyak sekali penyakit berat yang dia miliki. DAN PADA KENYATAANNYA, SEMUA PENYAKIT YANG DIA KHAWATIRKAN HANYALAH ILUSI NYA SENDIRI.
Hasil gambar untuk anxiety disorder
siklus anxiety, source img: google img
Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan kecemasan. Bisa dikarenakan trauma, karena stress yang berkepanjangan, kurangnya kehangatan keluarga, ditinggal orang yang paling dia cintai dan sebagainya..

Penyebab Anxiety Disorder :

1. Stress yang berkepanjangan.. Membuat syaraf menjadi berjalan tidak baik
2. Peristiwa traumatik
3. Ketidakseimbangan fungsi otak
4. Genetika
5. Pola asuh yang salah.
6. Lingkungan yang terlalu khawatiran
7. Kurangnya kehangayan dari keluarga
8. Masalah yang berat di dalam hidupnya

Gejala Anxiety Disorder:

1. Perasaan ketakutan Berlebihan dalam waktu yang lama
2. Perasaaan Cemas Berlebihan terus menerus
3. Sering merasa sebentar lagi akan mati
4. Sering Berkeringat Dingin
5. Telapak kaki dan telapak tangan menjadi dingin
6. Mudah Masuk Angin
7. Sering Merasa Mual
8. Biasanya sakit maagh atau masalah lambung lainnya
9. Otot-otot terasa tegang
10. Sering Merasa Pusing
11. Sesak Nafas Ketika Khawatir
12. Jantung berdetak lebih cepat dari biasanya
13. Tidak tenang, tidak bisa diam sering bolak balik
14. Sering panas dalam
15.  Kram perut
16. Sulit tidur (Insomnia)
17. Merasa memiliki banyak penyakit berat, hari ini sakit jantung besok sakit kanker besok lagi HIV dan seterusnya.
18. Terlalu sering mensearching gejala penyakit2 mematikan disertai dengan rasa cemas
19. Tidak bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari.
20. Walau dokter sudah mengatakan hanya sakit biasa saja, pengidap gangguan kecemasan malah tidak yakin dengan pernyataan dokter, malah yakin sedang memiliki penyakit yang mematikan.

Nah sekian dulu ya sobat kreatif.... pengertian, penyebab, dan gejala gangguan kecemasan (anxiety disorder)... Semoga bermanfaat... Di postingan berikutnya admin akan menshare bagaiamana cara mengatasi anxiety disorder...
Salam sehat semua.... See you next time....

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:09:00 PM

0 komentar:

Post a Comment