Pengertian Marketing Bisnis, Penting! & Jarang Diketahui

Posted by

Sisikreatif - Kata Marketing sudah tidak asing lagi didengar dalam dunia bisnis. Marketing itu sendiri diambil dari kata market yang artinya pasar. Jadi marketing dapat diartikan sebagai pemasaran. Jadi marketing adalah memasarkan produk kita diawali dengan mengenalkan produk kita dengan berbagai cara. Marketing itu sendiri memiliki strategi-strategi yang bisa mengoptimalkan proses pemasaran produk kita.

Target utama dari marketing adalah konsumen. Karena konsumen lah yang akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Dan target lanjutannya adalah menjadikan konsumen menjadi pelanggan. Membuat konsumen menjadi pelanggan kita memang perlu usaha yang lebih. Kita harus bisa membuat konsumen puas dengan produk yang dibeli serta nyaman dengan pelayanan yang ktia berikan.

Pengertian dan penjelasan marketing, source img: google img
Tentunya Marketing merupakan bagian yang penting dalam bisnis atau dalam wirausaha. Baik usaha kecil hingga perusahaan besar. Karena Marketing menjadi penghubung antara produsen dan konsumen. Jika kita ingin mengoptimalkan penjualan, selain meningkatkan kualitas produk atau jasa.. kita juga harus mengoptimalkan pemasaran. Strategi marketing harus baik dan jelas supaya barang dari produsen ke konsumen sampai pada waktu yang tepat.

Seseorang yang bertugas menjalankan marketing atau marketer.. harus memahami 4 konsep dasar suatu usaha mulai dari konsep produksi, produk, marketing dan selling.

Konsep yang pertama yaitu konsep produksi. Pekerja marketing harus paham betul produk apa yang benar-benar sedang dibutuhkan masyrakat.

Konsep yang kedua yaitu produk. Pekerja marketing harus bisa memberi masukan kepada bagian produksi agar dapat membuat produk menjadi lebih baik dari segi kualitas dan harga yang sesuai dengan kemampuan masyarakat. Jadi harus benar-benar memahami bagaimana agar kepuasan konsumen dapat tercapai.

Konsep yang Ketiga, Konsep Marketing. Seseorang yang bertugas pada marketing harus memahami konsep marketing. Dia harus memahami bagaimana strategi-strategi dan teknik-teknik marketing. Banyak sekali strategi Marketing yang bisa dilakukan, namun rasanya terlalu lebar jika di bahas di artikel ini, admin akan mempostingnya di postingan berikutnya. Strategi Marketing, yang dapat meningkatkan Omset hingga  Puluhan Juta Rupiah per bulan

Konsep marketing ini seperti menebar jala ikan, kita tebar seluas-luasnya dengan jangkauan yang sangat luas misalnya berpeluang menjaring 100 ikan namun saat jala diangkat hanya 5-10 ikan yang didapat. Jadi di konsep pemasaran ini targetnya sangat luas lingkupannya sebagai contoh memasarkan dilingkungan masyarakat luas, sekolah, universitas, dan sebagainya.

Konsep yang Keempat, Selling. Di konsep keempat ini kita membahas tentang selling atau penjualan. Jadi seseorang yang bekerja di marketing harus memahami cara menjual barang ke konsumen dengan baik. Pada selling merupakan proses penjualan one by one. Jadi proses penjualan dari penjual ke pembeli secara langsung. Misalkan anda sedang menjual kue.. Jadi saat dilakukan proses sellling secara one by one dengan pembeli, anda harus bisa memberikan pelayanan yang baik, sopan santun, menjelaskan produk, meyakinkan pembeli dan sebagainya. Jadi pada proses ini mengutamakan pelayanan ke pembeli supaya pembeli menjadi nyaman dan yakin dengan produk/ jasa yang kita tawarkan.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:01:00 PM

0 komentar:

Post a Comment