Pengertian & Penjelasan Megalomania & 10 Ciri-ciri Megalomania

Posted by

Dikutip dari Wikipedia secara bahasa Megalo artinya sangat besar, berlebihan, atau hebat. Jadi bisa diartikan megalomania adalah obsesi berlebihan terhadap dirinya sendiri karena menganggap dirinya sendiri sebagai orang yang paling berkuasa, orang yang paling hebat, dan orang yang paling besar. Megalomania termasuk gangguan kepribadian manusia. Banyak pemimpin-pemimpin besar yang dicurigai sebagai penderita megalomania. Dikarenakan ciri dari megalomania adalah berkeinginan sangat kuat untuk menjadi orang yang paling dihargai, dihormati serta ditaati.

Seseorang yang megalomania memiliki rasa ego yang sangat tinggi. Dia cenderung membenarkan dirinya sendiri walaupun sbenarnya dia salah tanpa mendengarkan orang lain sedikit pun. Jadi, megalomania bisa dikatakan sebagai sesorang yang keras kepala.

Pengertian dan Penjelasan Megalomania beserta ciri ciri megalomania, source img: google img
Seseorang megalomania sangat memegang erat-erat kekuasaan yang telah dia miliki, dia sangat tidak rela melepaskan kekuasaannya. Dengan segala cara dia akan mengusahakan supaya dapat mempertahankan posisi yang telah dimiliki. Hal ini tentu sangat tidak baik, karena dia hanya mementingkan kepentingan pribadi, kepentingan akan rasa ingin dihargainya, akan rasa dihormatinya dan sebagainya.

Berikut ini 10 ciri dan gejala megalomania:

1. Selalu ingin menjadi ketua, rasa akan hausnya menjadi ketua membuat si penderita megalomania akan mengusahakan sekuat mungkin agar menjadi ketua dalam suatu kelompok.

2. Mencari Pendukung dirinya

3. Tidak Mau Menerima Kritik dan Saran, seseorang yang megalomania sangat tertutup untuk menerima kritik dan saran dari orang lain. Karena dia menganggap dirinya sendirilah yang paling hebat.

4. Selalu Ingin Dihargai

5. Jika Dia Berpendapat Padahal Sebenarnya Merupakan Pendapat yang Salah, Dia Sulit Menyadarinya Jika Hal Itu Salah

6. Merasa Dirinyalah Yang Paling Hebat

7. Merasa Dirinyalah Yang Paling Benar

8. Norma Agama Ditafsirkan dengan Seenaknya sendiri hanya untuk pembenaran kelakuannya. Sehingga Norma Agama ditempatkan pada tempat yang tidak sesuai.

9. Menganggap Yang Berbeda Pendepatnya Sebagai Musuh.

10. Memandang Rendah Orang Lain, Dia cenderung merendahkan orang lain.

Demikian lah 10 ciri megalomania, tapi hati-hati ya sobat kreatif... jangan dengan mudahnya melabeli seseorang dengan megalomania.. bisa saja dia tidak separah itu, melainkan hanya ego saja, atau hanya keras kepala saja.. Mungkin jika untuk mengetahui seseorang itu megalomania atau tidak sebaiknya kita konsultasikan dulu kepada psikolog.. atau psikiater.

Beberapa kelompok yang megalomania biasanya adalah preman, koruptor, pelaku kriminal, diktator, terorisme, dan sebagainya. Kita sering bukan, melihat berita di TV sebenarnya mereka telah terbukti bersalah, tapi mereka terus membela dirinya dengan segala macam pembenaran jika mereka benar..

Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:57:00 PM

0 komentar:

Post a Comment