Pengertian Stockholm Syndrome, Mecintai Meski Disakiti

Posted by

Stockholm Syndrome atau Sindrom Stockholm adalah perilaku psikologis seseorang ketika menjadi sandera penculikan malah menjadi cinta bahkan setia terhadap penculik. Terdengar aneh bukan...?? si sandera malah jadi jatuh cinta terhadap penculik... Awalnya syndrome ini ditemukan ketika terjadi kasus perampokan di Sveriges Kreditbank di Stockholm tahun 1973. Sang perampok menyandera karyawan bank selama kurang lebih 6 hari.

Hal yang mengejutkan terjadi ketika para sandera di bebaskan. Sang sandera malah memeluk bahkan mencium para perampok, yang telah menyandera dan mengancam mereka. Sang sandera menjadi cinta kepada perampok bahkan mebela mereka. Bahkan salah satu sandera, Kristin membatalkan pertunangan dengan pacarnya karena telah jatuh cinta kepada perampok tersebut.

Penjelasan dan pengertian Stockholme Syndrome

Tentu saja kita menjadi terheran-heran.. kok sang sandera malah jadi jatuh cinta...??? yuk sobat kreatif mari kita bahas... Hal ini terjadi karena tebentuknya ikatan emosi yang sangat kuat antara sandera dan pelaku perampokan. Pada awal-awal perampok mengancam sandera, tentu saja sandera  merasa tertekan dan stress. Mereka disolasi tanpa ada komunikasi sama sekali dengan dunia luar.

Hal tersebut dilakukan selama berhar-hari.. Lama kelamaan si sandera menjadi pasrah dan sangat terikat dengan perampok secara emosional. Si Perampok dianggap menjadi satu-satunya temang berkomunikasi. Kejadian tersebut, membuat presepsi si sandera menjadi bergeser dari yang tadinya benci menjadi beranggapan bahwa si perampok lah yang paling mengerti perasaan si sandera.

Belum lagi ketika perampok mengancam hidup mereka dan memberi harapan juga kepada sandera. Ketika si perampok benar-benar mengancam akan membunuh sandera, si sandera menjadi sangat ketakutan.. Namun... ketika si perampok tidak menjadi membunuh dan memberi harapan mereka akan bebas... Si sandera menjadi sangat bahagia dan legah.. Hal ini yang membuat presepsi sandera menjadi berubah,.. mereka menganggap.. si perampok sangat baik, karena telah membebaskan mereka dari rasa takut yang begitu dalam.

Si sandera juga menjadi bersikap lembut dan baik terhadap perampok.. Karena dialam bawah sadar si sandera, jika mereka bersikap kasar kepada perampok.. Tentu saja perampok akan menjadi sangat kasar kepada si sandera bahkan bisa jadi akan membunuhnya.

Mungkinkah Stockholm Syndrome ini terjadi pada sandera dan perampok saja, tidak akan terjadi pada kita???

Hmm.. sepertinya pernyataan tersebut keliru.. Pasalnya syndrome tersebut bisa terjadi pada saya bahkan anda walaupun kita tidak dalam kondisi penculikan.. Mengapa bisa terjadi....??? Gini aja deh.. misalnya anda memiliki pasangan yang sangat posesif.. Sehingga menarik anda dari teman bahkan keluarga anda sendiri. Pada fase ini anda akan merasa bahwa hanya pasangan anda yang menjadi tempat berkomunikasi dan hanya pasangan anda yang paling mengerti akan kondisi anda.

Hal  yang sangat membahayakan adalah ketika pasangan anda menjadi menganiaya anda, memukul, meninju bahkan melakukan yang lebih dari itu. Namun setelah pasangan anda meminta maaf dan mengaku khilaf serta takut kehilangan anda.. Anda memaafkan dan memakluminya serta tetap berpikir mencintainya.. Kejadian ini terjadi secara terus menerus... Tentu saja, anda akan terus disakiti hingga anda memutuskan hubungan anda atau hingga pasangan anda menjadi sadar..

Jika anda sudah terjerat pada syndrome ini, anda akan sulit tersadar bahwa anda terkena Stockholm Syndrome. Umumnya anda akan tersadar saat kondisi yang sangat-sangat genting.. Dan mulai hilangnya rasa cinta terhadapny, trauma, dan sebagainya. Kebanyakan yang mengalami Stockholm Syndrome adalah wanita.

Berikut ini beberapa kasus Stockholm Syndrome:

  • Steven Stayner, kasus penculikan saat dia berumur 7 tahun dan disekap juga lebih dari 7 tahun.
  • Tanya Kach, disekap di rumah Thomas Hose dari tahun 1996 sampai tahun 2006.
  • Wanita Hungaria 27 tahun di Budapest, disekap 13 Tahun oleh ayahnya sendiri dan rutin diperkosa.
  • Sano Fusako wanita 10 tahun di Jepang, disekap selama 9 tahun
Stockholm Syndrome juga pernah dijadikan judul lagu ole band musik terkenal, Muse dan One Direction.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:34:00 PM

0 komentar:

Post a Comment