10 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir, Tak Di Sangka

Posted by

Mendengar kata nuklir tentunya kita langsung terpikir bom nuklir yang ledakannya begitu dahsyat. Ledakan yang dihasilkan dari bom nuklir memanglah sangat luar biasa. Selain ledakannya yang begitu luar biasa, radiasi yang dihasilkan dari bom nuklir sangat berbahaya bagi manusia. Dampak radiasi tersebut sangat mematikan.

Tragedi yang sangat sulit dilupakan oleh negara Jepang adalah peristiwa ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Pada tanggal 6 Agustus 1945, bom atom yang dinamakan Little Boy diledakkan di kota Hiroshima. Dengan sekejap saja ledakan api raksasa menyapu objek hingga radius 2 km dari pusat ledakan. Selang 3 hari dari ledakkan Little Boy, giliran Nagasaki yang menjadi target bom atom. "Fat Man" nama dari bom tersebut yang mampu melumpuhkan kota Nagasaki.

10 Negara yang memiliki senjata nulkir, source img: google img

Ledakan Little Boy dan Fat Man tentulah menjadi mimpi buruk bagi Jepang. Ledakan tersebut merenggut sekitar 240 ribu korban jiwa dan masih banyak lagi korban yang terpapar oleh radiasi nuklir.

Baca juga >> 19 DAMPAK BAHAYA RADIASI NUKLIR BAGI MANUSIA
Baca juga >> 1 GRAM URANIUM SETARA DENGAN 2,5 TON BATUBARA

Seiring berjalannya waktu, banyak negara yang berlomba-lomba dalam mengembangkan senjata nuklir. Bom nuklir yang sering digunakan adalah rudal balistik yang dapat diluncurkan antar benua dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam.
ICBM = rudal balistik antar benua (Inter-Continental Ballistic Missiles)
SLBM = rudal balistik kapal selam (Submarine Launched Ballistic Missiles)

Tentu saja senjata nuklir pada jaman sekarang telah banyak mengalami perkembangan. Perkembangan senjata nuklir di berbagai negara tentu menjadi sebuah prestasi mengagumkan sekaligus menjadi hal yang sangat menakutkan. Bagaimana tidak.... apabila terjadi konflik perang dunia III tentu akan menyulut ratusan bahkan ribuan senjata nuklir. Terlebih lagi konflik antara Amerika dengan Korea Utara yang semakin hari semakin memanas.

Baca juga >> KAPAN PERANG DUNIA 3 AKAN TERJADI??? SEBENTAR LAGI?? RAMALAN?

Sebenarnya sudah banyak Negara yang sudah mengembangkan senjata nuklir, namun kali ini admin akan memposting beberapa negara yang sudah terkenal dalam mengembangkan senjata nuklir. Berikut ini beberapa negara yang memiliki senjata nuklir :

1. Amerika Serikat

senjata nuklir Amerika, source img: google img


Amerika Serikat sudah mengembangkan senjata nuklir sejak masa perang dunia II. Uji coba senjata nuklir yang dilakukan pertama kali adalah bom nuklir "Trinity" pada tahun 1945. Setelah melakukan uji coba senjata nuklir, Amerika Serikat melakukan penyerangan pada Hiroshima dan Nagasika pada tahun 1945. Bom atom yang dijatuhkan adalah "Little Boy" dan "Fat Boy". Sekarang, Amerika Serikat memiliki sekitar 20 pusat pengembangan nuklir.

2. Korea Utara

Senjata nuklir Korea Utara, source img: google img
Belakangan ini, Korea Utara sudah beberapa kali melakukan uji coba Rudal balistik. Uji coba nuklir yang dilakukan Korea Utara dianggap sebagai tindakan yang provokatif. Terlebih lagi, uji coba rudal balistik yang diluncurkan melintasi wilayah perudaraan Jepang. Tentunya, tindakan tersebut mendapat kecaman keras dari pemerintahan Jepang.

Selain memiliki nuklir yang sangat banyak, Korea utara juga memiliki gudang senjata kimia yang besar. Pada tanggal 10 Januari 2003 Korea Utara menarik diri dari anggota Perjanjian Nonproliferasi Nuklir.


3. Rusia

senjata nuklir Rusia, source img: google img

Kekuatan nuklir Rusia sudah tidak lagi diragukan. Pada tahun 1967 Rusia berhasil melakukan uji coba nuklir yang memiliki daya ledak terbesar sepanjang sejarah. Bom nuklir tersebut bernama 'Tsar Bomba". Tsar Bomba memilikir daya ledak hingga 57.000 Kilo Ton.. 1.350-1.750 lebih kuat ledakannya dari ledakan Hiroshima dan Nagasaki. Ledakan bom nuklir terbesar ini menghasilkan jamur api hingga setinggi 64 kilometer.

Rusia pertama kali melakukan uji coba nuklir pada tahun 1949, bom nuklir tersebut dinamakan "Joe-1". Pada tahun 1990 saja Rusia sudah melakukan 715 test nuklir.

4. Inggris
Senjata Nuklir Inggris
 Inggris pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1952, nuklir tersebut diberi nama "Hurricane". Uji coba tersebut dilakukan supaya dapat melawan Uni Soviet secara independen. Inggris bersukut dengan Amerika Serikat dan telah mendapat data secara kerjasama pada Proyek Manhattan.

5. China
senjata Nuklir Cina
Tak mau kalah dengan negara pengembang nuklir lainnya, Cina berhasil melakukan uji coba senjata nuklir pertama kali pada tahun 1964, yang diberi nama "569". Hal tersebut membuat intelejensi Barat terkejut. Ternyata Cina mendapat pengetahuan tentang nuklir dari Uni Soviet. Setelah berhasil melakukan uji coba senjata nuklir cina melakukan uji coba bom hidrogen untuk pertama kalinya pada tahun 1967.

6. Perancis

senjata Nuklir Perancis, source img: google img
Perancis pertama kali menguji nuklirnya pada tahun 1968, yang diberi nama "Conopus". Akibat dari uji coba tersebut, Percancis mendapat kecaman dari berbagai negara, dan kemudian Perancis meminta maaf. Sampai saat ini Percansi telah melakukan percobaan nuklir sekitar 200 percobaan.

7.  India

senjata Nuklir India, source img: google img
Siapa sangka, negara yang dikenal dengan Bollywood ternyata memiliki teknologi nuklir yang cukup diakui. India telah melakukan uji coba nuklir untuk pertama kalinya pada tahun 1974. Bom nuklir tersebut diberi nama "Smilling Budha". Kemudian pada tahun 1998 India melakukan uji coba alat termonuklir yang diberi nama 'Operasi Shakti". Pada bulan Juli tahun 2005, India secara resmi mendapat pengakuan dari Amerik Serikat sebagai sebuah negara yang memiliki kemajuan teknologi nuklir yang mau bertanggung jawab.

 8. Pakistan
Senjata Nuklir Pakistan
 Tak mau kalah dengan India, Pakista mulai bergerak melakukan pengembangan teknologi nuklirnya. Perdana Menteri Pakistan Zulfiqar Ali Bhutto mengatakan "Kaum kristen sudah memiliki bom, Yahudi sudah memiliki bom, dan sekarang kaum Buddha juga memiliki bom. Kenapa umat islam tidak memilikinya juga?

 Pakistan telah mengembangkan nuklir sejak tahun 1970-an. Pakistan memulai pengambungan reaktor nuklir di dekat Karachi pada awal tahun 1970. Beberapa kabar menyebutkan Pakistan telah memiliki senjata nuklir pada sekitar tahun 1980.

9. Israel


senjata nuklir Israel

Sudah sejak awal ditemukannya nuklir, ternyata Israel telah mengembangkan teknologi nuklir. Israel telah membuat reaktor pada tahun 1950. Badan Tenaga Atom Internasional mengatakan bahwa Israel telah melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1979, namun hal tersebut belum dikonfirmasi. Israel menolak konfirmasi jika sedang mengembangkan senjata nuklir.

10. Iran
Senjata Nuklir Iran

Iran telah berhasil mendirikan reaktor nuklir pada tanggal 11 April 2006. Iran telah menandatangani Perjanjian Nonproliferasi Nuklir untuk menyatakan pengembangan nuklir untuk tujuan damai. Namun, pihak CIA dan beberapa negara mencurigai Iran jika telah melakukan pengembangan senjata nuklir.


Bagaiamana dengan negara kita??? Apa Indonesia memiliki senjata nuklir?? Jawabannya adalah "Indonesia belum memiliki senjata nukli". Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir saja Indonesia belum memilikinya. Indonesia belum meiliki reaktor daya sebagai pembangkit listrik, namun Indonesia sudah memiliki Reaktor Nuklir untuk penelitian.. ya lumayan lah... hehe...
Baca juga >>  3 REAKTOR NUKLIR DI INDONESIA

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:20:00 PM

0 komentar:

Post a Comment