25 Cara Mudah Menghafal Al Quran Dengan CEPAT

Posted by

Menghafal Al Quran merupakan sesuatu hal yang sangat mulia. Al Qur'an adalah firman Allah swt yang diWahyukan kepada Rasulullah.SAW. Dapat kita bayangkan betapa mulianya seseorang yang menghafal firman Allah swt. Di dalamnya terdapat sesuatu yang sangat mengagumkan, karena tiap ayat, tiap surat, tiap lembar adalah Mukjizat dari Allah swt.

Ada banyak sekali cara-cara atau metode menghafal Al Qur'an. Kita dapat menggunakan metode tersebut untuk mempermudah kita dalam menghafal Al Quran. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara mudah menghafal Al Quran. Admin akan mengingatkan kepada sobat kreatif yang sedang membaca artikel ini dan terutama kepada admin sendiri untuk berusaha sekuat mungkin dalam meluruskan niat kita menghafal Al Quran.

Cara mudah menghafal Al Quran, source img: google img
 Kita menghafal Al Quran bukan untuk dipuji, bukan untuk dilihat manusia, bukan untuk menyombongkan diri atau membanggakan hafalan kita. Niat kita menghafal Al Quran tidak lain adalah untuk mendapatkan Ridho Allah swt. Itulah tujuan sejati dan tujuan utama kita menghafal Al Quran. Jangan sampai usaha kita yang telah dilakukan bertahun-tahun dalam menghafal Al Quran menjadi sia-sia karena niat yang salah. Memang tidak mudah untuk menjaga niat ikhlas kita kepada Allah swt, tapi insyAllah kita akan selalu berusaha untuk meluruskan niat kita dalam menghafal Al Quran.

Misalkan didalam hati kita timbul rasa sombong dengan hafalan kita, segera hentak di dalam hati.. eitt.. ingat.. ingat.. saya menghafal Al Quran bukan untuk sombong tapi untuk Allah swt.

1. Beroda kepada Allah swt.

Hal yang pertama kita lakukan adalah berdoa kepada Allah swt. meminta kepada yang Maha Kuasa agar kita diberi kemampuan untuk menghafal Al Quran. Karena tiada daya selain dari Allah swt. Ucapkanlah doa secara berulang-ulang tanpa rasa bosan agar Allah memberi kita kemampuan menghafal Al Quran 30 Juz... amin.. Karena doa adalah senjata orang beriman.


2. Niatkan menghafal untuk Allah swt.

Meluruskan niat menghafal untuk Allah swt sangatlah penting. Kita luruskan niat seteguh mungkin karena Setan tidak henti-hentinya membengkokan niat kita menghafal. Lakukan menghafal Al Quran ikhlas karena Allah swt. InsyaAllah dengan kita ikhlas menghafal Al Quran, jerih payah dan letih kita tidak terasa.. karena kita ikhlas melakukannya.


3. Mengetahui manfaat-manfaat menghafal Al Quran

Mengetahui manfaat-manfaat Al Quran sangat penting untuk kita ketahui terlebih dahulu. Karena dengan mengetahui manfaat Al Quran kita akan menjadi termotivasi untuk menghafalnya. Tentunya ada banyak sekali manfaat kita menghafal Al Quran, yang InsyaAllah akan admin posting di artikel berikutnya tentang manfaat menghasal Al Quran.


4. Buat Target menghafal

Jika kita ingin serius menghafal, cobalah untuk membuat target hafalan. Kita membuat list di buku catatan atau kita buat list pada kalender. Misalkan pada minggu pertama ditarget hafal 1 halaman, minggu kedua mentarget 1 halaman begitu juga pada minggu ketiga atau minggu keempat. Usahakan target yang kita buat berjalan secara konsisten.


5. Menjauhi Maksiat

Jika kita ingin serius menghafal Al Quran, mulai dari sekarang harus menjauhi maksiat ya... hhe karena maksiat ibarat hijab yang menghalangi cahaya... Sedangkan Al Quran adalah cahaya, kalau kita sering maksiat maka cahaya tersebut tidak sampai pada diri ini.. Jadi jika kita ingin cepat dan mudah menghafal Al Quran jauhi maksiat,, supaya Nuur.. tidak terhalangi oleh hijab. 

 
6. Menjaga amalan baik

7. Mencari teman yang sedang Menghafal Al Quran

Kalau kita sedang menghafal Quran enaknya mencari teman yang sedang menghafal juga, kita akan menjadi lebih semangat menghafal. 


8. Bergabung ke komunitas penghafal Al Quran 

Kalau ingin lebih semangat lagi,, kita bisa bergabung ke komunitas penghafal Quran. Dengan bergabung dengan komunitas penghafal Quran kita menjadi lebih semangat, karena kita tidak merasa sendirian. Kalau kita menghafal sendiri biasanya kurang semangat.. Tentunya dengan berjamaan menghafal Quran kesungguhan kita menjadi lebih kuat.


9. Jangan mengganti-ganti Mushaf

 Jika kita menghafal usahakan jangan mengganti-ganti mushaf. Misalkan kita sedang menghafal surat Al Mulk, didalam benak kita langsung terpikir letak bari-baris tiap ayat. Biasanya kita bisa mengetahui ayat di pojok kanan atas, atau ayat di pojok kiri bawah.. Kebayangkan kalo ganti-ganti mushaf biasanya letak ayatnya berbeda, jika kita menghafal dengan berganti-ganti mushaf kita jadi bingung letak ayat pada baris yang mana. 


10. Menggunakan mushaf dengan tanda tajwid berwarna

Carilah Al Quran yang tajwid berwarna. Menghafal menggunakan Mushaf tajwid berwarna akan membuat kita lebih mudah menghafal tajwid pada suatu ayat. Selain itu degan Al Quran yang berwarna akan terlihat lebih menarik sehingga tidak mudah bosan dan dengan berwarna membuat kita semakin mudah menghafal.


11. Mengulang-ngulang ayat sekitar 15-20 kali

Mencoba mengulang-ulang ayat yang kita hafal sebanyak 15 sampai 20 kali, sangat membantu kita kita yang sedang menghafal Quran.


12. Menyetor Hafalan dengan Guru

Setorlah hafalan kita kepada guru, dengan menyetor hafalan.. kita menjadi semakin hafal dan sekaligus mengoreksi jika ada kesalahan.


13. Muroja'ah Hafalan

Jika ingin hafalan kita tidak cepat lupa.. kita harus murajaah hafalan atau mengulangi hafalan yang telah kita hafal. Dengan muroja'ah atau membaca ulang hafalan, akan membuat hafalan kita makin nempel.


14. Membaca hafalan ketika shalat

Kita juga bisa muroja'ah hafalan saat kita sholat. Gunakan surat yang kita hafal ketika sedang sholat. 


15. Menghafal setelah shalat Tahajud

Selesai sholat tahajud dapat kita gunakan untuk menghafal. Karena suasana sedang hening-heningnya sehingga kita bisa berkonsentrasi tinggi. Di Quran juga kita diperintahkan untuk membaca Quran di waktu sholat tahajud secara tartil.


16. Jangan terlalu sering mendengarkan musik

Percaya atau tidak... kalo dari pengalaman admin sih.. kalo admin sering-sering denger musik.. Hafalan yang udah dihafal jadi berkurang... kalo kalian gimana bro??


17. Sering-sering mendengar murotal di mp3 

Nah cara ini juga sangat membantu kita ketika menghafal Quran. Kalau di hp belum ada murotal Quran buruan gih di download, di internet banyak murotal yang bagus-bagus. Kita bisa download murotal oleh Ahmad Saud, Muhammad Toha, Mishary Rasyid dan lain-lain. Saat kita mendengar murotal Quran secara perlahan akan terekam di otak kita, semakin sering mendengar Murotal, semaki terekam di otak kita.  Mendengar murotal bisa juga sebagai koreksi hafalan kita.


18. Menghafal untuk tidak harus di hafal

Pernahkah kita menjadi kesal saat kita menghafal namun tak kunjung hafal??? sudah mengulang-ngulang tidak hafal juga,, akhirnya menjadi kesal dan malas untuk menghafal kembali. Solusinya adalah "Menghafal Untuk Tidak Harus di Hafal"".. loh.. ini gimana ya maksudnya...?? 

Teruslah kita berusaha menghafal Al Quran, karena tujuan kita menghafal untuk Allah swt. soal hafal atau tidaknya serahkan ke Allah swt,diberi kemampuan hafal 1 juz kita syukuri, 2 juz kita syukuri, aplagi kalo hafal 30 juz,, bersyukur banget ya... Dengan berkeyakinan seperti ini, InsyaAllah kita tidak mudah menyerah untuk menghafal Al Quran.


19. Menyicil Hafalan sedikit demi sedikit tapi instiqomah

Pernah gak si kita saat lagi heboh-hebohnya ngafal Quran, kita hafal sekaligus banyak dalam seminggu.. ee... saat serminggu kemudian tau-tau jadi malas menghafal bahkan tidak menghafal lagi.. Ya.. ini yang biasanya terjadi pada kalangan seseorang yang masih labil..  "semangatnya diawal-awal doank" hehe... lebih baik kita tidak terburu-buru banyak menghafal, tetapi kita menghafal sedikit demi sedikit tapi konsisten. Karena dengan tahap demi tahap secara kontinu itu jauh lebih baik dibanding banyak menghafal hanya diawal-awalnya saja.


20. Memahami ayat yang kita hafal

Ya.. ini merupakan teknik andalan admin dalam menghafal Al Quran. Selain memudahkan kita untuk menghafal, dengan memahami ayat yang kita hafal akan membuat hafalan kita semakin bertahan lama. Bayangkan saja ketika kita menghafal kita tidak tahu artinya, tentu sangat sulit. Ketika kita menghafal sambil memahami ayat yang kita hafal, kita menjadi lebih mudah menghafalnya karena kita paham alur pada setiap ayat. Alur tersebut tentu saling bersambung dari awal sampai akhir..

Karena kita sudah memahami setiap ayat, kita jadi paham juga alurnya. Jadi saat kita menghafal salah satu ayat, kita langsung terpikir ayat berikutnya dan begitu seterusnya. Saat kita memahami ayat yang kita hafal, kita juga jadi lebih meresapi ayat tersebut. Tentunya dengan meresapi sampai kehati makna tiap ayat yang kita hafal akan membuat hafalan kita menjadi semakin melekat dan tidak mudah lupa.

 
21. Jangan mengabaikan tajwid

Ketika kita menghafal Al Quran jangan abaikan tajwid... Jika kita sudah terlanjur menghafal dengan tajwid yang salah, kita akan sulit kembali untuk membenarkan tajwid hafalan kita. So.. jika belum memahami hukum tajwid.. ada baiknya sebelum menghafal terlebih dahulu mempelajari hukum tajwid. Jika sobat ingin belajar Tajwid secara online bisa kunjungi situs berikut ini >> http://www.hukumtajwid.com/


22. Menulis ayat yang kita hafal

Sepertinya cara ini efektif juga, tapi admin belum pernah memprektekannya... Caranya sangat mudah, hanya menulis ayat yang sedang di hafal, dengan menulis ayat yang kita hafal kita menjadi lebih mengevaluasi hafalan kita perhuruf, sehingga tajwidnya menjadi benar dan melatih otak kita udh menghafal lebih keras.


23. Jangan Putus Asa

Jangan putus asa ya sobat... kalo kita menemui hambatan ketika menghafal Al Quran. Ingatlah segala usaha kita saat menghafal Quran, kita bisa hafal atau tidak hafal. InsyaAllah akan diberi oleh Allah pahala dan balasan yang sangat besar di akhirat kelak.. Aminn..


24. Tetap memperhatikan pola istirahat

Saat kita sedang semangat menghafal Al Quran bukan berarti kita tidak memperhatikan pola istirahat ya... Karena tidak baik juga, jika kita kurang istirahat. Tentu akan membuat kondisi kita menurun. Kalo kondisi menurun kita jadi sulit menghafal..

Istirahtlah dengan cukup, kita juga disunahkan untuk tidur siang dan ternyata manfaat tidur siang akan berdampak baik pada memori manusia. Kalau sedang jenuh, cobalah juga untuk refreshing.. selain kita menjadi lebih rileks, melihat pemandangan yang indah merupakan salah satu bentuk kita mentafakuri ciptaan Allah swt.


25. Mulai dari sekarang

Ya... mulai dari sekarang... tunggu apa lagi... buruan deh sesegera mungkin kita mulai menghafal Quran mengingat usia kita yang terus bertambah...


gimana sobat..?? ada yang mau ditanyain gk?? atau ad yg mw di sharingin... monggoo.. admin sangat butuh sharing dari sobat-sobat sekalian..
Yuk tuliskan doa-doa sobat kreatif dikolom komentar.. semoga doa kita semua yang sedang menghafal Al Quran diijabah oleh Allah swt amin....

Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:47:00 PM

0 komentar:

Post a Comment