5 Ledakan Bom Nuklir Terbesar Di Dunia, Ternyata Ini Yang Paling Besar

Posted by

Bom yang paling ditakutkan adalah bom nuklir. Bom nuklir dapat disebut juga dengan bom atom. Ledakan yang dihasilkan dari bom nuklir sangatlah besar. Tinggi jamur api yang dihasilkan dari ledakan nuklir dapat melebihi gunung tertinggi dunia (gunung everest). Kebayangkan betapa besarnya ledakan yang dihasilkan dari bom nuklir..

Bom nuklir sangat lah memiliki ledakan yang begitu dahsyat. Kita sudah mengetahui jika bom nuklir pernah diledakan di Hiroshima dan Nagasaki. Akibat dari bom atom tersebut membuat Hiroshima dan Nagasaki menjadi lumpuh seketika. Banya korban jiwa dan korban penyakit radiasi serta hancurnya bangunan di wilayah tersebut. Ledakan yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki sangat lah besar sekali, tapi tahu kah sobat??? jika ternyata ledakan bom nuklir terbesar bukan lah di Hiroshima atau di Nagasaki, melainkan ledakan dari bom nuklir yang dinamakan "Tsar Bomba".

Ledakan yang dihasilkan dari bom nuklir dirumuskan setera dengan massa trinitrotoluene  atau TNT dalam kiloton atau megaton, dan bisa juga dalaam terajoule ( TJ ) dengan perbandingan 1 kiloton TNT = 4,184 TJ. 

Ledakan bom nuklir yang pernah terjadi di dunia, source img: google img

Sebenarnya sudah ada banyak uji coba ledakan bom nuklir, namun admin akan memposting ledakan nuklir terbesar yang terkenal. Berikut ini 5 ledakan bom nuklir terbesar yang pernah terjadi di dunia :


1. Bom "Little Boy" ( ledakan bom atom di Hiroshima )


Ledakan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, source img: google img
Bom nuklir yang pertama kali digunakan dalam peperangan adalah bom "Little Boy" yang dijatuhkan di Hiroshima oleh Amerika Serikat. Pengeboman ini dilakukan oleh Amerika Serikat sebagai tekanan kepada Jepang agar menyerah. Bom ini dijatuhkan pada tanggal 6 Agustus 1945 yang berdampak hingga radius 2 km dari pusat ledakan dengan tinggi jamur api hingga 12 km. Ledakan ini menghasilkan ledakan setara dengan sekitar 15 kiloton TNT, dengan energi sebesar 55 TJ (Terajoule).

Bom ini dijatuhkan dari pesawat B-29 Flying Superfortress yang dinamakan Enola Gay dari ketinggian 9.450 m dan meledak pada pukul 08.15  pagi saat mencapai ketinggian 550 meter. Little Boy memiliki ukuran panjang 3 m dan lebar 71 cm serta berat 4 ton. Rancangan aturan pistol digunakan untuk meledakan sub-massa kritikal uranium-235 dan uranium-235 ring target secara bersamaan agar menjadi super-massa kritikal untuk mengawali reaksi fisi nuklir. Bom ini terdiri dari 60 kilogram U-235.

Akibat dari persitiwa ledakan tersebut, menelan korban sekitar 90 ribu - 146 ribu jiwa. Setelah beberapa hari dari ledakan bom nuklir tersebut, warga yang selama namun terpapar radiasi mengalami efek luka bakar, kanker, penyakit radiasi dan cedera lainnya yang diakibatkan dari efek radiasi nuklir. Banyak janin yang terpapar radiasi sehingg anaknya lahir dalam kondisi cacat.

Daya ledak sekitar 15 kiloton TNT
Tinggi jamur api sekitar 7-12 km


Baca juga >> 19 DAMPAK BAHAYA RADIASI NUKLIR BAGI MANUSIA
Baca juga >> 10 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir, Tak Disangka


2. Bom "Fat Man" ( ledakan bom atom di Nagasaki)

Bom nuklir Fatman, source img: google img
 Tiga hari setelah ledakan bom atom di Hiroshima, tepatnya tanggal 9 Agustus 1945 kembali lagi dijatuhkan bom atom yang dinamakan dengan "Fat Man". Dinamakan "Fat Man" karena bentunya yang gemuk. Awalnya target dijatuhkannya Fat Man bukanlah Nagasaki melainkan kota Kokura, namun karena kondisi awan yang menutupi, sehingga target dialihkan ke Nagasaki.

Bom Fat Man menggunakan inti plutonium-239 yang dijatuhkan dari pesawat B-29 bomber Bockscar pada ketinggian 550 meter. Fat Man meledak pada pukul 11:02 AM di saat ketinggian 0,503 meter yang menghasilkan ledakan sekitar 21 kiloton TNT atau setara dengan 88 terajoules. Akibat dari bom ini sekitar 40 ribu orang meninggal langsung di lokasi dan sekitar 25 ribu orang terluka yang dikemudian harinya banyak korban meninggal yang berjatuhan. Banyak korban yang terkena kanker, luka bakar, dan penyakit radiasi lainnya.

Daya ledak sektiar 21 kilo ton TNT
Tinggi jamur api sekitar 8-13 km




3. B83 Bomb

Ledakan bom nuklir B83, source img: google img

Bom nuklir B83 merupakan bom yang dibuat oleh Amerika Serikat yang memiliki daya ledak sebesar 1,2 Mega ton atau bisa dikatakan 1.200.000 Ton TNT. B83 ini menghasilkan ledakan 80 kali lebih besar dari ledakan yang dihasilkan dari bom Hiroshima. Tinggi jamur api yang dihasilkan sekitar 20 km yang dapat menyapu objek hingga mencapai radius 7 km dari ledakan. Dan ternyata bom nuklir ini bukanlah bom terbesar yang pernah dilakukan uji coba oleh Amerika Serikat. Ada bom yang lebih besar lagi yaitu Bom Castle Bravo

80 kali lebih besar dari ledakan yang dihasilkan bom Hiroshima
Daya ledak sekitar 1,2 Mega ton
Ketinggian Jamur api sekitar 20 km



4. Bom Castle Bravo

 Castle Bravo adalah ledakan nuklir terbesar yang pernah dilakukan oleh Ameri Serikta. Bom ini dijatuhkan di pulau Marshal pada tanggal 1 Maret 1954. Bom ini memiliki daya ledak sebesar 15 Megaton TNT. Bom Castle Bravo termasuk bom termonuklir (bom hidrogen) yang memiliki daya ledak 1.000 kali lebih besar dari bom di Hiroshima.

Ledakan nuklir Castle Bravo, source img: Wikipedia

Awalnya diperkirakan bom ini menghasilkan daya ledak 6 Megaton TNT namun perkiraan tersebut salah, ternyata bom tersebut menghasilkan daya ledak 15 mega ton TNT. Nelayan yang tidak mengetahui akan adanya ledakan bom nuklir tersebut terpapar oleh radiasi dan ada salah satu kru kapal melihat debu radiaoktif berwarna putih yang berjatuhan yang kemudian dimakan oleh nelayan tersebut yang dikiranya itu adalah salju. Untung saja dari kejadian tersebut tidak berdampak fatal.

1.000 kali lebih besar dari ledakan bom Hiroshima
Daya ledak sekitar 15 Mega ton TNT
Ketinggian jamur api sekitar 30-40 km

Baca juga >> 1 Gram Uranium Setara denga 2,5 ton Batu Bara
Baca juga >> Kapan Perang Dunia 3 Akan Terjadi?? Ramalan? Sebentar Lagi??


5. Bom Nuklir Tsar Bomba

Tsar Bomba merupakan bom nuklir buatan Rusia. Tsar bomba merupakan bom nuklir jenis termonuklir bukan fisi nuklir. Tsar Bomba merupakan bom nuklir terbesar yang pernah diuji coba di dunia. Uji coba ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober 1961 tepatnya di Pulau Novaya dengan bobot sekitar 27 ton dengan panjang 8 meter. Bom ini diangkut menggunakan pesawat TU-95 yang merupakan pesawat terbesar pada saat itu. Bom ini dijatuhkan di Pulau Novaya Zemlya, Laut Artik.

Tsar Bomba adalah bom termonuklir atau bisa disebut juga dengan bom hidrogen. Untuk membuat bom hidrogen dibutuhkan teknologi yang sangat canggih. Ledakan yang dihasilkan dari bom tersebut setara dengan 50 ribu kiloton TNT atau 50 Mega ton TNT atau lebih besar sekitar 3.300 dari ledakan bom Hiroshima. Bom tersebut menghancurkan semua gedung pada jarak 55 km.

Ledakan nuklir terbesar di dunia, source img: google img
Awalnya ilmuan menginginkan ledakannya 100 Mega ton TNT namun dibatalkan karena dikhawatirkan akan berdampak buruk di Atmosfer. Setelah itu masih dilakukan minimalisir dampak buruknya dengan meledakan bom tersebut disaat 4 km sebelum mendarat di tanah. Ledakan Tsar Bomba bisa terlihat dari jari 1.000 km dari tempat peledakan.

sekitar 3.300 lebih besar dari ledakan bom Hiroshima
daya ledak 50 Megaton TNT
Tsar Bomba menghasilkan tinggi jamur api sampai 64 km dan radius sebesar 4,6 km.

Jika ingin melihat beberapa video ledakan bom nuklir bisa dilihat divideo berikut ini:



sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Little_Boy
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/02/kepulauan-bikini-saksi-dahsyatnya-bom-hidrogen-as

Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:29:00 PM

0 komentar:

Post a Comment