6 Perbedaan Massa dan Berat LENGKAP + Tabel + Penjelasan

Posted by

Pada pelajaran fisika kita akan menemukan apa itu berat dan apa itu massa. Banyak yang mengira jika berat dan massa adalah hal yang sama. Hal tersebut tentu salah besar. Ternyata massa dan berat merupakan hal yang berbeda. Ada beberapa perbedaan antara mass dan berat yang akan admin jelaskan pada artikel kali ini. Agar dapat benar-benar mengerti anda baiknya sobat membaca hingga akhir.

Pada kehidupan sehari-hari sebenarnya masyrakat memiliki anggapan yang salah tentang satuan berat. Kita sudah terbiasa menyatakan berat dengan satuan Kg, ons atau gram. Menyatakan berat dengan satuan kilogram, gram, atau ons merupakan suatu kesalahan. Satuan berat yang benar adalah Newton yang disimbolkan dengan N. Penggunaan timbangan massa dengan satuan kg, gram, ons biasanya ditemukan pada saat kita berada di bangku kuliah. Terumata jurusasn fisika atau jurusan kimia. Jadi,, berat satuannya adalah Newton sedangkan massa satuannya kg, gram, ons dan seterusnya.

Pengertian Berat

Berat adalah gaya yang dipengaruhi oleh massa dan gravitasi. Jadi berat dipengaruhi oleh gravitasi. Semakin besar gaya gravitasi maka semakin berat benda tersebut. Berat benda di bumi dengan berat benda di bulan tentulah berbeda. Karena perbedaan gravitasi yang mempengaruhinya. Berat dilambangkan dengan W , berikut ini rumusnya:

W= m x g
Ket:
W = berat benda (Newton)
m = massa benda (Kilogram)
g = percepatan gravitasi (N/kg atau m/s2)


Pengertian Massa

Massa adalah jumlah banyaknya materi yang terdapat pada suatu benda. Lain halnya pada berat, massa tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Jadi massa benda di bumi dan massa benda dibulan sama saja, karena massa tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Satuan massa biasanya dalam Kilogram, gram, atau ons. Massa merupakan inersia yang artinya kecenderungan benda fisik yang tidak tergantung pada perubahan terhadap keadaan gerak.


Perbedaan Massa dan Berat

  1. Massa adalah jumlah partikel pada benda, sedangkan berat adalah massa yang dipengaruhi gravitasi
  2. Nilai massa tidak tergantung gravitasi, sedangkan nilai berat tergantung oleh gravitasi.
  3. Massa adalah besaran skalar dan pokok, sedangkan berat adalah besaran vektor dan turunan.
  4. Karena skalar massa tidak punya arah, sedangkan berat dikarenakan vektor maka mempunyai arah.
  5. Massa diukur dengan neraca, sedangkan berat dapat diukur dengan neraca pegas seperti timbangan yang sering kita lihat di warung-warung.
  6. Massa dinyatakan dengan satuan Kilogram, sedangkan berat dinyatakan dalam satuan Newton.
Alat Ukur Berat


Neraca Digital, Alat Ukur Massa




Untuk mengetahui perbedaan massa dan berat lebih jelasnya,dapat melihat tabel berikut ini :

Perbedaan Massa dengan Berat.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:26:00 PM

0 komentar:

Post a Comment