Pengertian Hukum Termodinamika & 4 Hukum (0 1 2 3 4) Termodinamika

Posted by

Kata Thermodinamika berasal dari bahasa Yunani yaitu, "thermos" artinya panas dan "dynamic" artinya perubahan. Termodinamika meliputi energi, kerja, entropi, kespontanan proses, dan panas. Thermodinamika adalah suatu ilmu yang menjelaskan tentang usaha untuk merubah kalor menjadi energi serta sifat-sifat pendukungnya atau bisa dikatakan perpindahan energi yang disebabkan oleh perbedaan suhu.

Termodinamika menjelaskan keterkaitan usaha (energi) dengan panas (kalor). Termodinamika merupakan konsep mekanika tentang perpindahan energi. Seperti halnya panas yang secara spontan akan berpindah dari temperatur tinggi ke temperatur yang lebih rendah. Konsep tersebut termasuk dalam kategori konsep mekanika.


Kita dapat melihat peristiwa termodinamika dalam kehidupan sehari-hari pada tubuh manusia, memasak air, refrigrator, pembangkit listrik, setrika, memanggang daging dan sebagainya. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, ilmu termodinamika mengalami banyak perkembangan. Bahkan, perkembangan ilmu termodinamika sampai makroskopik yaitu perilaku partikel zat yang sebagai media pembawa energi.

Hukum 0 1 2 3 termodinamika, sisikreatif.com

Yang menarik pada hukum Termodinamika, ada hukum nol ( 0 ) termodinamika atau hukum awal termodinamika. Berikut ini 4 hukum termodinamika :


Hukum nol (0) Termodinamika

"Jika dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiga sistem saling setimbang satu dengan lainnya"


Hukum 1 (pertama) Termodinamika

Hukun pertama termodinamika seperti dengan prinsip kekekalan energi yang berbunyi "Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan tetapi energi dapat diubah dari suatu bentuk energi ke bentuk energi yang lainnya".



Hukum 2 (kedua) Termodinamika

"Kalor mengalir secara alami dari benda yang panas ke benda yang dingin, kalor tidak akan mengalir secara spontan dari benda dingin ke benda panas"


Hukum 3 (ketiga) Termodinamika 

"Suatu saat sistem akan berada pada suhu nol absolut, proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum"


Demikian sobat kreatif , bunyi hukum termodinamika 0, 1, 2 ,dan 3. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang hukum termodinamika ke nol, pertama, kedua, dan ketiga silahkan komen dikolom komentar :)

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:50:00 PM

0 komentar:

Post a Comment