Pengertian Organisasi, 12 Manfaat , 6 Point, Struktur, dan Bentuk-Bentuk Organisasi

Posted by

Hello sobat kreatif kali ini kita akan membahas tentang Organisasi. Ya.. Organisasi tentunya kalin udah pernah kan.. ikut organisasi saat di Sekolah atau di Kampus. Kalo disekolah biasanya ada organisasi OSIS, PMR, Pramuka, Paskibra dan lain-lain. Kalo di Kampus biasanya ada organisasi BEM, Hima, Rohis, Organisasi Bela Diri dan sebagainya. Sobat kreatif ikut organisasi yang mana nih?? hehe...

Menurut para ahli Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam satu wadah yang memiliki tujuan yang sama. Pembahasan organisasi biasanya disebut dengan Organizational Studies, kalau perilaku organisasi disebut dengan Organizational Behaviour, dan analisis organisasi disebut dengan Organization Analysis. Organisasi pada umumnya adalah tempat bagi sekelompok orang yang bekerja sama secara terpimpin, sistematis, terkendali dalam memanfaatkan sumber daya di Organisasi tersebut untuk mencapai tujuan Organisasi.

Pengertian dan manfaat organisasi, source img: google img
 Dikutip dari Wikipedia ada beberapa definisi  Organisasi menurut para ahli :
  •  Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  • Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih 

Visi dan Misi


Ada hal penting dalam organisasi yaitu Visi dan Misi pada Organisasi tersebut. Dengan adanya Visi atau Misi pada Organisasi membuat arah dan langkah menjadi jelas. Visi dan Misi yang jika secara perseorangan terasa sangat sulit dicapai, dengan sekelompok orang yang bersatu membuat Visi dan Misi semakin mudah tercapai.

Pada awal dibentuknya suatu organisasi sebaiknya dibuat beberapa visi dan misi yang telah didiskusikan. Dengan adanya visi dan misi tersebut tentunya akan membuat langkah suatu organisasi menjadi jelas. Visi dan Misi ini lah yang akan menjadi target oleh suatu organisasi.




Struktur Organisasi

Suatu Organisasi haruslah memiliki sebuah struktur yang merupakan komponen-komponen (unit kerja) pada organisasi. Dengan dibentuknya sebuah struktur pada suatu organisasi, membuat peran masing-masing menjadi tertata. Dan setiap orang di dalam organisasi memiliki tanggung jawab sendiri. Misalkan, ada yang di tunjuk menjadi Ketua, ada yang ditugaskan sebagai Skretaris, Kepala Bidang dan sebagainya.

Struktur dalam suatu organisasi sangatlah penting untuk menciptakan sebuah sistem kerja menjadi efektif dan efesien. Singkatnya struktur organisasi adalah deskripsi bagaimana membagi pekerjaan dan sekaligus harus bertanggung jawab atas peran yang telah dipercayakan. Dalam pembagian struktur ini haruslah hati-hati. Karena jika kita memberi peran kepada seseorang yang tidak sesuai, maka akan menghasilkan hasil yang tidak optimal

Masih membahas struktur organisasi, sebaiknya peran yang diberikan sesuai dengan karakter orang tersebut. Misalnya seseorang yang rajin mencatat cocok diberi peran sekertaris atau yang Tegas mengambil keputusan cocok sebagai Ketua Bidang. Jika peran yang diberikan tidak sesuai dengan orang tersebut biasanya kinerjanya menjadi tidak optimal. Misalkan seseorang yang malas mencatat diberi peran Sekertaris, tentunya dia malas mencatat sehingga laporan-laporan berantakan. Dan koordinasi antar bidang harus diperhatikan. Dengan koordinasi yang baik pada Ketua, Sekertaris, Ketua Bidang.. tentunya akan menghasilkan hasil baik pula.


12 Manfaat Organisasi

Ngomong-ngomong soal manfaat organisasi tentunya sangat banyak. Kita juga bisa melihat seseorang yang ikut organisasi dan orang yang tidak ikut organisasi biasanya terlihat perbedaanya. Manfaat organisasi sangatlah terasa dikemudian hari. Berikut ini beberapa manfaat kita aktif dalam organisasi:

1. Belajar bersosial
2. Mendewasakan diri
3. Melatih mental berani berbicara di depan umum
4. Melatih memecahkan suatu permasalahan
5. Membuat pola pikir menjadi lebih maju
6. Melatih Kepemimpinan diri (leadership)
7. Meningkatkan wawasan
8. Meningkatkan rasa tanggung jawab
9. Melatih manajemen diri
10. Membuat mental menjadi kuat akan tekanan
11. Melatih kesungguhan menggapai tujuan
12. Memperbanyak relasi / pertemanan
13. Melatih rasa Percaya Diri  
 
6 Point Organisasi


Ada beberapa point penting organisasi seperti berikut :
1. Sekelompok orang
2. Memiliki tujuan yang sama
3. Kerja sama
4. Koordinasi yang baik
5. Struktur Organisasi / pembagian tugas
6. Kekeluargaan
 

Bentuk-Bentuk Organisasi

1. Organisasi Sosial
2. Organisasi Politik
3. Organisasi Sekolah
4. Orgaisasi Mahasiswa
5. Organisasi Negara
6. Organisasi Olahraga

Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:41:00 AM

0 komentar:

Post a Comment