Pengertian Rumus E = mc2 LENGKAP, Misteri Yang Terungkap

Posted by

Albert Einstein adalah ilmuwan yang sangat terkenal hingga kini. Beliau sangat terkenal dengan rumus hebatnya yaitu rumus "E = mc2". Rumus ini sangat terkenal bahkan orang-orang yang awam dengan fisika pun banyak yang mengetahuinya. Namun banyak orang yang belum memahaminya.. Sebenarnya apa ya.... E= mc2 itu..??? Untuk memahami lebih lanjut silahkan membaca artikel ini hingga akhir :)

Tentu sangat banyak orang yang mengetahi E = mc2, E adala energi, m adalah massa, dan ca adalah kecepatan cahaya pada ruang hampa. Persamaan ini menjelaskan hubungan antara energi dengan massa. Bisa dikatakan massa (materi) dapat menjadi energi. Tentu hal ini sangat membuka cakrawala berpikir akan kehebatan suatu materi yang tidak diketahui selama ini. Sebenarnya sangat sulit dipercaya jika suatu materi ternyata bisa melebur menjadi energi.

Pengertian rumus E = mc2, source img: google img
Kecepatan cahaya adalah 3x108 meter per detik. Itu artinya jarak 3x108 meter dapat ditempuh dalam waktu satu detik.. cepat sekali bukan....... Pada rumus Einstein c dikuadratkan karena analisis dimensi, energi jika dalam joul adalah kg m2s-2. Jadi, c dikuadratkan agar memastikan hubungan antara energi menjadi konsisten secara dimensional.
 
E=mc2

Ket :
 E = energi (Joule)
m = massa (kg)
c = kecepatan cahaya (m.s-1)

Bertahun-tahun lamanya rumus E=mc2 Einstein masih dalam hipotesa saja. Pada akhirnya, ilmuwan Laurent Lellouch yang memimpin Konsorsium di Pusat Teori Fisika Prancis berhasil memecahkan rumus tersebut. Dengan superkomputer tercainggih telah berhasil melakukan perhitungan berat proton dan berat neutron yang merupakan inti dari atom.

Proton dan Neutron masih berisi partikel yang lebih kecil lagi yang disebut dengan Quark yang dilekatkan pada gluon. Setelah dilakukan percobaan ternyata berat gluon sama dengan 0 dan massa quark bersisa 5%. Menimbulkan pertanyaan akan sisanya yang sebesar 95%.

Ternyata sisanya tersebut telah menjadi energi. Hal tersebut sesuai dengan teori E=mc2 yang telah dijelaskan Einstein pada teori Relativitas Khusus. Hal ini membuat kesimpulan jika masssa dapat diubah menjadi energi dan energi bisa diubah menjadi massa.

Hal yang sudah populer saat ini adalah mengubah massa menjadi materi.. Namun energi menjadi massa masih sangat jarang dilakukaan.. atau mungkin belum pernah dilakukan.

Contoh Rumus E=mc2  pada kehidupan terjadi pada reaksi fisi  reaktor nuklir, reaksi fusi pada matahari dan sebagainya. Dimana akibat dari reaksi fisi dan fusi tersebut mengurangi massa. Yang ternyata jumlah massa yang berkurang telah menjadi energi yang sangat besar.

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:47:00 PM

0 komentar:

Post a Comment