Pengertian Teori Realtivitas Umum, JARANG DIKETAHUI!!

Posted by

Sebelumnya kita sudah membahas tentang teori relativitas khusus yang ditemukan oleh Albert Einsten. Sebelas tahun setelah memperkenalkan teori relativitas khusus, Albert Einstein menemukan teori barunya yaitu teori "Relativitas Umum" atau dalam bahasa inggrisnya "General Relativity". Pada teori relativitas umum lebih tertuju membahas tentang gravitasi yang sesuai dengan teori relativitas.

Teori relativitas umum diperkenalkan Einstein pada tanggal 25 November 1915 di hadapan Prussian Academy Of Science. Pada teori relativitas umum menyatakan jika gelombang elektromagnetik tidak seperti dengan teori gerakan Newton. Relativitas umum merupakan penyatuan dari teori relativitas khusus dengan teori gravitasi Newton.


Teori relativitas umum Abert Einstein, source img: google img
 
Pada teori Newton, gravitasi adalah kekuatan tarik menarik antara benda yang besar. Dengan demikian menurut Newton,  bumi beserta planet-planet yang mengelilingi matahari karena adanya gaya gravitasi yang besar pada matahari. Pernyataan Newton tersebut sangat bertentangan dengan pernyataan Einstein. Einstein menjelaskan gravitasi bukanlah sebuah gaya, melainkan manifestasi dari kelengkungan ruang dan waktu, yang dimana kelengkungan tersebut dikarenakan adanya massa.

Kita akan membahas secara detail konsep gravitasi pada teori relativitas umum agar kita dapat memahaminya. Menurut Einstein. jika ada suatu massa maka akan melengkungkan ruang dan waktu. Semakin besar massa tersebut maka semakin besar juga lengkungan yang terbentuk.

 

Sebagai permisalannya mari kita membayangkan jika ada sebuah trampolin dibentangkan. Kemudian pada tengah trampolin tersebut kita letakkan bola kaki. Bola kaki kita misalkan sebagai matahari. Tentunya bola kaki akan membuat kelengkungan pada trampolin tersebut.
Lalu selanjutnya kita melempar kelereng pada lengkungan trampolin. Kelereng kita misalkan sebagai planet-planet. Maka kelereng akan mengelilingi bola kaki. Lama kelamaan kelereng akan jatuh menempel dengan bola kaki. Dan begitu juga dengan planet-planet yang mengelilingi matahari. Namun bedanya jika pada trampolin, kelereng akan jatuh menempel dengan bola kaki dikarenakan adanya gaya gesekan antara kelereng dengan trampolin. Sedangkan, planet-planet tidak jatuh menempel dengan matahari karena planet-planet tidak mengalami gesekan dikarenakan planet-planet berada di ruang hampa.

 Nah bagaiamana sobat kreatif.. sampai disini sudah paham belum tentang teori relativitas umum??? ya.. tentunya sudah paham ya...  sampai jumpa di artikel Relativitas berikutnya :)

Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:33:00 PM

0 komentar:

Post a Comment