Pengertian Teori Relativitas Khusus Einstein, Jarang Diketahui. Postulat 1 & Postulat 2

Posted by

Mendengar kata relativitas, kita akan teringat dengan Albert Einstein. Ya.. Albert Einsten adalah ilmuwan yang menemukan teori relativitas. Tentu banyak orang yang mengenal Albert Einsten dan mengakui kecerdasannya. Namun, tidak banyak orang yang memahami dengan penemuan Albert Einstein berkenaan dengan teori relativitas.

Dari katanya saja relativitas berarti relatif.. yang menyatakan sesuatu hal yang relatif. mm.. apa ya maksudnya??? sederhananya relativitas menyatakan sesuatu hal yang relatif tidak mutlak. Yang besar belum tentu besar dan yang kecil belum tentu kecil.. Kok bisa begitu ya..??? ya tentu saja bisa.. Pada konsep relativitas pengamat juga diperhitungkan. Jadi sesuatu ukuran bergantung dengan pengamat.

Sebagai contoh jika manusia melihat bola kaki, tentu kita menganggapnya kecil. namun, bagi semut bola kaki tersebut sangatlah besar.. Sebagai contoh lagi.. Bagi manusia mengangkat batu bata sangatlah ringan namun jika tupai mengangkat bata sangatlah berat. Jadi, besar kecil, berat ringan masih tergantung oleh pengamatnya.

Pengertian teori relativitas khusus einsten, postulat 1 dan postualt 2

Teori Relativitas terbagi menjadi dua, yaitu teori relativitas khusus dan relativitas umum. Teori ini menjelaskan bahwa gelomba elektromagnetik tidak seperti yang dikatakan pada teori gerak Newton.


 Teori Relativitas Khusus

Pada teori relativitas khusus memiliki dua postulat yaitu :
  • Postulat Pertama: Hukum-hukum fisika adalah sama pada setiap kerangka acuan.
  • Postulat Kedua: Kecepatan rambatan cahaya pada ruang hampa ke segela arah adalah sam untuk semua pengamat, tidak tergantung dengan gerak sumber cahaya maupun pengamat.

Mari kita sekarang membayangkan, anda sedang didalam pesawat yang sedang berjalan melihat teman anda di bumi. Pada sudut pandang anda, anda dan pesawat tersebut diam pada satu tempat sedangkan teman anda beserta bumi tersebutlah yang bergerak. Namun, pada sudut pandang teman anda yang di bumi, teman anda diam menyatu dengan bumi sedangkan pesawat tersebutlah yang bergerak. Tiba-tiba ada mantan anda sedang di matahari, maka pada sudut pandang mantan anda... pesawat berserta anda yang di dalamnya dan bumi beserta teman anda yang dibumi sama2 bergerak, karena bumi berevolusi mengelilingi matahari. Namun, mantan anda merasa sedang diam di matahari.

Dapat kita tarik kesimpulan, kita tidak dapat mengetahui objek mana yang bergerak atau yang diam, bergerak atau tidaknya tergantung pada sudut pandang pengamat. Pada sudut pandang pengamat dialah yang diam dan alam disekitarnya yang bergerak. Pernyataan tersebutlah arti dari postulat 1.

Pada postulat 2 menyatakan hanya ada satu benda yang bergerak dengan kecepatan yang selalu sama tidak dipengaruhi oleh pengamat, yaitu cahaya. Cahaya memiliki kecepatan 300.000.000 m/s. Jadi pada postulat 2 ini menyatakan cahaya memiliki kecepatan yang sama dimana saja.. Tidak dipengaruhi oleh pengamat.. Hal tersebut mengakibatkan Dilasi waktu atau Time dilation.. yg InsyaAllah akan kita bahas pada artikel berikutnya..

Demo Blog NJW V2 Updated at: 6:56:00 PM

1 komentar: