Reaksi Fusi / Termonuklir Matahari, Energinya Berasal Dari...

Posted by

Sebelumnya kita sudah membahas tentang reaksi fisi dan reaksi fusi. Dikutip dari Wikipedia, reaksi termonuklir adalah reaksi fusi nuklir. Singkatnya reaksi fusi atau reaksi termonuklir adalah ketika dua inti atom bergabung menjadi satu atau lebih, sehingga terbentuk inti atom baru yang lebih besar. Reaksi termonuklir pada alam adalah reaksi yang terjadi pada matahari atau bintang-bintang. Reaksi termonuklir tersebut yang menghasilkan cahaya hingga saat ini atau  yang membuat bintang-bintang menjadi bersinar.

Energi yang dihasilkan matahari merupakan dari penggabungan inti atom, yaitu penggabungan inti atom hidrogen menjadi inti atom helium. Di matahari terdapat banyak sekali hidrogen, sebagaimana yang kita ketahui hidrogen memiliki 1 proton. Namun elektrok hidrogen di matahari terlepas karena tingginya suhu di matahari. Elektron terikat dengan proton adalah hal yang wajar karena elektron adalah negatif dan proton adalah positif. Namun, bagaimana dengan proton mengikat(bergabung) dengan proton, proton adalah positif.

Penggabungan antara proton hidrogen dengan proton hidrogen lainnya dapat saja terjadi dengan adanya tekanan yang sangat tinggi. Tekanan yang sangat tinggi pada matahari membuat proton hidrogen menabrak dengan proton hidrogen lainnya hingga tergabung.

Bagi yang ingin lebih mengetahui apa itu reaksi fisi dan reaksi fusi, bisa dipahami terlebih dahulu artikel di bawah ini :
Baca juga >> PENGERTIAN REAKSI FISI DAN FUSI NUKLIR
Baca juga >> 19 DAMPAK BAHAYA RADIASI NUKLIR BAGI MANUSIA, No 4 sangat Mengerikan

Reaksi termonuklir pada matahari, source img: google img
Saat terjadinya penggabungan antara hidrogen yang satu dengan hidrogen yang lainnya dan kemudian tertabrak dengan neutron maka akan terbentuk helium. Ternyata saat terjadinya penggabungan (fusi atau termonuklir) inti, terbentuk inti baru dari gabungan beberapa inti namun mengalami pengurangan massa. Pengurangan massa tersebut ternyata terlepas menjadi energi akibat menerim energi kinetik yang sangat besar. Seperti pada rumus einstein E = mc2 . Jadi massa yang hilang tersebut dikarenakan telah menjadi energi.

Energi yang terbentuk dari reaksi fusi nuklir 400 kali lebih besar dibanding dari energi yang dihasilkan dari energi fisi nuklir. 1 Gam massa saja jika melebur menjadi energi bisa menghasilkan = 90.000.000.000.000 joule energi ( setara dengan energi bom atom Hiroshima) . Besar sekali bukan, energi yang dihasilkan dari 1 gram massa.

Reaksi fusi ( termonuklir ) pada matahari membuat matahari kehilangan massanya sekitar 4,3 miliar kilogram / detik, yang massa tersebut telah diubah menjadi energi sebesar energi yang dihasilkan 100 miliar bom hidrogen.

Baca juga >> 1 Gram Uranium Setara Dengan 2,5 Ton Batu Bara
Baca juga >> 10 Negara Yang Memiliki Senjata Nuklir

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:46:00 AM

0 komentar:

Post a Comment