Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Ciri, dan Dampaknya dalam Sosiologi

Posted by


Dari sudut pandang Sosiologi, globalisasi merupakan bagian dari pada perubahan sosial.  Perubahan sosial dan globalisasi tidak bisa dihindari oleh masyarakat dalam bentuk apapun. Oleh karenannya globalisasi dan perubahan sosial dianggap sebagai keadaan yang patut di lakukan kajian yang dalam ilmu sosial, termasuk sosiologi. Pembahsan ini sebenarnya dikaji secara lengkap di website http://dosensosiologi.com



Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Elly M. Setiadi dan Usman Kolip
Menurutnya, pengertian globalisasi adalah istilah dalam ilmu sosial yang sangat erat hubungannya dengan peningkatan hubungan antarbangsa dan juga hubungan sosial antar antarmanusia di seluruh dunia, baik hubungan dalam bentuk perdagangan, bentuk investasi, ataupun dalam bentuk interaksi yang lainnya.

Martin Albrow
Definisi globalisasi dalam pandangan ahli sosiologi ini adalah proses sosial yang terjadi dalam masyarakat, proses ini terjadi ketika penduduk yang ada di seluruh dunia tergabung dalam untuk melakukan interkasi sosial secara globalnya.


Pengertian Globalisasi menurut para ahli, source img: google img


 Ciri-ciri Globalisasi

Ciri-ciri globalisasi menurut Ashad Kusuma Djaya dalam buku Teori Modernitas dan Globalisasi (2012), antara lain adalah sebagai berikut:
  • Meningkatnya interaksi yang melintasi batasb atas negara.
  •  Terdapat persepsi din yang bersifat transnasional di berbagai ranah seperti media massa, konsumsi, dan pariwisata.
  •   Semakin tidak terikatnya komunitas, tenaga kerja, dan modal dalam satu wilayah.
  • Ciri globalsiasi yang ke-empat adalah adanya peningkatan akan rasa kepedulian terhadap bahaya ekologi dalam masyarakat, yang dilakukan dalam bentuk-bentuk kerjasama atau dalam bentuk hubungan dalam lembaga di dunia.
  • Industri kebudayaan dianggap akan berkembang pesat, dengan hadirnya hubungan kebudayaan dalam masyarakat.
  • Globlasiasi akan mampu memberi peningkatan dalam kekuasaan aktor di dunia internasional.


Dampak Pengaruh Globalisasi

Globalisasi turut menimbulkan perubahan sosial dalam masyarakat. Globalisasi mengaburkan batasan antarwilayah dan memudahkan akses komunikasi sehingga terbentuk fenomena masyarakat global. Fenomena masyarakat global dapat dilihat pada komunitas atau masyarakat yang berinteraksi dengan teknologi informasi modern, misalnya internet.
Dengan teknologi modern, globalisasi semakin berkembang cepat. Perkembangan globalisasi ditandai semakin mudahnya individu/kelompok/negara melakukan interaksi sosial dengan individu/kelompok/negara lain.

Globalisasi menyebabkan perubahan di berbagai aspek, kehidupan masyarakat seperti berikut.
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Hubungan antarbangsa menyebabkan suatu negara memperkenalkan, menyalurkan ilmu pengetahuan, dan menunjukkan hasil temuannya kepada negara lain. Akibatnya, negara dapat mengadopsi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan negara lain. Kondisi tersebut menyebabkan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang.
Kehidupan Sosial

Masuknya unsur-unsur dan masyarakat atau negara lain menyebabkan perubahan pada unsur-unsur masyarakat. Sebagai contoh, masuknya ideologi baru sebagai bagian dan proses modernisasi.
Kesenian dan Kebudayaan

Globalisasi mempermudah suatu negara untuk memperkenalkan budaya daerahnya kepada negara lain. Sebagai contoh, pemerintah Indonesia memperkenalkan angklung dan budaya daerah kepada masyarakat dunia. Upaya memperkenalkan budaya daerah kepada masyarakat dunia diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Globalisasi juga menyebabkan budaya suatu negara diadaptasi oleh negara lain.


Gaya Hidup

Globalisasi membawa pengaruh besar dalam gaya hidup seseorang. Sebagai contoh, globalisasi menyebabkan berkembangnya penilaku konsumtif masyarakat yang dipengaruhi oleh persaingan pasar, modernisasi, dan westernisasi.
Demikinalah tulisan dan penjelasan mengenai pengertian globalisasi  menurut para ahli, ciri, dan dampaknya dalam sosiologi. Semoga dengan adanya tulisan ini membantu tugas atau makalah para pembaca sekalian, yang ada di website www.sisikreatif.com trimakasih.
Sumber Tulisan; 


Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:19:00 PM

0 komentar:

Post a Comment