9 Cara Membersihkan dan Mencuci Karpet Bulu atau Karpet Permadani

Posted by

Karpet permadani dan karpet Bulu berbeda dengan karpet lainnya. Karpet yang satu ini butuh perawatan khusus dikarenakan bahannya yang lebih sensitif di banding dengan karpet biasa. Karpet permadani atau karpet bulu sangat rentan dengan debu. Dikrenakan daya serap karpet bulu lebih tinggi dibanding daya serap karpet biasa. Barusan kita sudah membahas kekurangan karpet bulu atau karpet permdani. Kira-kira kelebihannya apa ya??? kelebihannya adalah lebih lembut dan lebih nyaman. Selain itu tampilannya terlihat lebih elegan dan lebih mewah.

Namnya juga karpet yang lebih berkelas dibanding dengan karpet biasa. Tentunya karpet permadani perawatannya lebih sulit. Kita harus hati-hati ketika membersihkannya dikarenakan teksturnya yang lebih lembut dan berserat.

Cara membersihkan karpet permadani, source img: google img


Nah sobat kreatif,, kali ini admin akan memberi 10 cara membersihkan dan mencuci karpet bulu yang tentunya bisa juga untuk karpet permadani :


1. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Untuk membersihkan debu pada karpet kece ini, kita bersihkan pada dua sisi. Yaitu sisi atan dan sisi bawahnya. Untuk membersihkan sisi atas yang berbulu, sebaiknya kita melapisinya dengan kain agar bulu karpet tidak dirusak oleh sedotan vacum cleaner. Kalau sisi bawahnya kita tidak perlu melapisi dengan kain.


2. Memberihkan dengan Sikat yang lembut

Kita dapat juga membersihkan karpet bulu dengan menggunakan sikat yang lembut jangan sikat yang sangat keras. Jika sikatnya sangat keras dikhawatirkan akan merusak bulu atau permadani pada karpet. Sikatlah dengan sikat yang lembut untuk membersihkan rambut-rambut adan bulu hewan peliharaan.


3. Bersihkan Karpet Secara Rutin.

Bersihkan karpet anda secara rutin sebanyak 1x atau 2x dalam seminggu. Dengan membersihkan karpet permadani secara rutin akan membuat karpet tetap terjaga kebersihannya. Karena jika karpet sangat lama tidak dibersihkan, dapat membuat debu atau kotorannya menjadi berkerak. Dan jika sudah berkerak akan sulit untuk dibersihkan. Jika anda memang sibuk anda bisa menggunakan jasa pembersih atau pencuci karpet. Jika anda ingin menggunakan jasa cuci karpet anda bisa mengunjungi www.sentramasjid.com/. Silahkan hubungi saja nomor Customer Servicenya.


4. Mengkibaskan Permadani Atau Karpet Bulu

Sesekali kibaslah karpet anda diluar ruangan. Misalkan saat pagi, kibaskan sebentar di halaman rumah anda. Hal ini bertujuan agar debu berjatuhan sehingga karpet anda menjadi bersih.


5. Segera Bersihkan Karpet anda Jika Terkena Noda

Misalkan anak anda sedang minum susu kemudian gelasnya terjatuh sehingga mengotori karpet. Segeralah bersihkan dengan lap basah atau kanebo. Karena jika tidak segera dibersihkan noda cairan atau makanan akan berkerak pada karpet dan dapat menjadi sarang bagi virus atau bakteri.


6. Gunakan Bedak Bayi

Jika karpet anda beraroma tidak sedap, anda bisa menaburkan bedak bayi pada karpet. Dengan ditaburi bedak bayi akan membuat aroma karpet menjadi harum.


7. Menjemur Karpet

Jika karpet anda lembab anda bisa menjemurnya saat siang hari. Letakkan saja karpet di pagar atau di halaman rumah dengan alas. Dengan menjemur karpet akan membuat karpet kering sehingga karpet menjadi kering kembali.


8. Bersihkan Noda dengan Baking Soda dan Cuka

Apabila ada noda yang sudah menempel pada karpet, anda bisa memberihkannya dengan menggunakan cuka yang dicampur baking soda. Lap dengan kain yang sudah direndam cuka campuran baking soda. Sebelum di lap diperas terlebih dulu ya kainnya hehe..


9. Mencuci Karpet Dengan Mesin Cuci

Kita juga bisa menggunakan mesin cuci untuk mencuci karpet bulu. Dan sebelum mencuci pastikan terlebih dahulu jika karpet anda memang bisa di cuci. Mencucinya juga jangan sembarang, ada cara khusus. Masukkan karpet anda bersama dengan kain katun atau bisa juga dengan memasukkan karpet ke dalam sarung bantal. Hal tersebut bertujuan agar bulu pada karpet tidak rusak.

Jika sudah selesai mencuci selanjutnya jemur karpet hingga kering. Jika masih lembab sebaiknya jemur kembali hingga kering.


Jika sobat kreatif ingin mengetahui bagaimana cara mencuci karpet masjid bisa kunjungi link berikut ini https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiF_da0kdDZAhUNNrwKHfRpCHsQFggyMAI&url=https%3A%2F%2Fsentramasjid.com%2Ftips-merawat-karpet-masjid-yang-tepat%2F&usg=AOvVaw16uRSdmXAj_nuAgxym9dXL

Nah demikian ya sobat kreatif, 9 Cara membersihkan karpet bulu, selamat bertemu dipostingan selanjutnya...

Demo Blog NJW V2 Updated at: 7:25:00 PM

0 komentar:

Post a Comment