15 Cara Menghindari Narkoba , Manjur Terutama Bagi Pelajar

Posted by

Sisikreatif.com - Yah Narkoba merupakan zat narkotika dan zat addiktif yang sering kali salah digunakan oleh masyarakat terutama pada remaja ataupun pelajar. Zat ini sering disalah gunakan oleh para remaja, dikarenakan para remaja masih bingung dengan dirinya sendiri atau bisa dikatakan sedang dalam proses mencari jati diri. Jika para remaja mencari jati diri kearah yang bermanfaat itu merupakan hal yang sangat baik.. yang menjadi masalah para remaja yang hilang arah.. sehingga tejerat dengan kecanduan narkoba.

Kebanyakan seseorang yang terjebak kecanduan narkotika adalah seseorang yang sedang dalam masalah dan bingung mencari solusi sehingga mereka cenderung melarikan diri dari kenyataan. Admin pun ikut sedih ketika mendengar hal tersebut.. Pada dasarnya mereka tidak ingin mengkonsumsi zat terlarang tersebut.. akan tetapi masalah yang dihadapi mereka begitu membingungkan sehingga mencari pelarian..

katakan tidak pada Narkoba

Masalah yang mereka hadapi bermacam-macam.. ada yang broken home, masalah cinta, masalah pekerjaan dan masalah lainnya. Masalah-masalah tersebut yang membuat mereka tidak dapat berpikir jernih... Padahal jika dipikir secara jernih mengkonsumsi narkoba tidak akan menyelesaikan masalah melainkan menambah masalah baru yang sangat membahayakan.

Disini admin tidak mengatakan pecandu narkoba adalah seseorang yang terpuruk atau anak yang nakal. Disini admin akan memberikan solusi kepada pecandu narkoba atau bukan agar dapat terhindar dari jeratan narkoba, supaya kelak meraih masa depan yang cerah. Sangat disayangkan remaja yang sangat diharapkan oleh keluarga dan diharapkan oleh bangsa akan menjadi generasi emas,, akan hancur jika terjerat oleh zat yang berbahaya ini..

Berikut ini ada beberapa solusi agar kita terhindar dari narkoba:

1. Mencari Lingkungan Yang Baik

cara menghindadri narkoba pada remaja
 
 Lingkungan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kepribadian dan karakter kita. Bagi yang beragama Islam pun tentu sering mendengar Hadis yang menyatakan "jika kita pergi ke pandai besi maka kita akan menjadi bau besi,, sebaliknya jika kita pergi ke penjual minyak wangi maka kita akan menjadi bau minyak wangi". Begitu pula jika kita sering menuju ke lingkungan pengguna narkoba.. sangat dikhawatirkan kita akan ikut meniru mereka.. Oleh karena itu kita harus mencari lingkugan yang positif.. Seperti lingkungan pengajian, komunitas olahraga, komunitas pendidikan, atau komunitas positif lainnya.


2.  Jangan Pernah Mencobanya Walaupun Sedikit apapun..

Terkadang ada teman yang mengajak kita untuk kearah yang tidak baik misalkan mengajak untuk mencicipi narkoba. Rayuannya sangat halus... "Coba dikit aj bro gpp... biar lo tau rasanya gmn"... Stop..!! hati-hati dengan rayuan halus tersebut.. Tegaskan didalam hati untuk menolak rayuan tersebut.. Abaikan rasa tidak enak dengan teman, karena menolaknya.. Karena banyak para pecandu narkoba yang awalnya hanya iseng-iseng saja.


3. Kuatkan Iman dan Agama

cara menghindari narkoba bagi pelajar
 Perbanyaklah mengisi waktu kosong dengan Ibadah.. Bagi yang beragama Islam, jika ada waktu kosong alangkah baiknya dengan mengisi waktu tersebut dengan membaca Al Quran dan ibadah lainnya. Atau bisa juga menghadiri pengajian-pengajian di masjid.


4. Selesaikan Masalah Dengan Pikiran Jernih

Jika kita mendapat masalah yang berat.. jangan berpikir untuk menenangkan diri dengan Narkoba.. karena sebenarnya manusia dibuat menjadi tidak tenang oleh Narkoba... Jika ada masalah kita akan menjadi tenang ketika kita berdoa kepada Yang Maha Kuasa... Itulah solusi sebenarnya.. atau bisa juga curhat dengan orang tua, keluarga, atau sahabat.


5. Olahraga

cara mengatasi kecanduan narkoba
 Ya.. dengan berolahraga seseorang akan membuat fisik menjadi sehat.. Dan pada fisik yang kuat terdapat jiwa yang kuat.. Ketika olahraga juga akan membuang hormon2 stress di dalam tubuh.. Sehingga tidak ada pikiran lagi untuk lari ke Narkoba.


6. Tak Perlu Takut Kehilangan Teman

Jika teman kita yang mengajak mengkonsumsi Narkoba.. Tolak saja dengan tegas... Karena arti persahabatan sesungguhnya adalah bersahabat menuju kebaikan.. Jangan takut kehilangan teman karena masih banyak yang bisa kita jadikan teman di hidup ini.


7. Lakukan Hobi

cara mencegah menggunakan narkoba
 Lakukanlah hobi yang bermanfaat. Dengan melakukan hobi yang bermanfaat dan positif akan membuat senang orang tua kita, meningkatkan keterampilan, dan masih banyak lagi keuntungannya. Hindari tongkrongan-tongkrongan yang beraura negatif,, seperti tongkrongan yang biasa meminum minuman beralkhol... Jika kita sering nongkrong dengan tongkrongan tersebut, walaupun awalnya kita tidak ikut ke hal negatif.. dikhwatirkan kita akan terbawa arus.


8. Ingat Orang Tua Kita

menghindari narkoba
Jika kita sudah terjerat atau ingin mencoba Narkoba.. langsunglah ingat orang tua anda dirumah.. Yang mengharapkan anak kesayangannya menjadi anak yang sukses di masa depan.. Jangan sia-siakan pengorbanan orang tua kita yang telah berjuang mati-matian membesarkan kita hingga saat ini. Jangan sampai kita mengecewakan mereka.


9. Ingat Hukuman Bagi Pengguna Narkoba

dampak mengkonsumsi narkoba
Sangat perlu diingat jika kita mengkonsumsi narkoba dapat dipenjarakan. Jauhilah narkoba... dapat kebayang tidak enaknya dipenjara... Seharusnya kita bisa bahagia,, jalan2.... jika sudah dipenjara hanya bisa di dalam tahanan.. jika seperti itu alangkah meruginya diri ini


10. Ingat Dampak Narkoba Bagi Kesehatan

dampak menggunakan narkoba
Banyak sekali dampak negatif narkoba bagi kesehatan manusia.. Pada fisik manusia jika mengkonsumsi narkoba dapat menyebabkan gangguan jantung, gangguan otak, gangguan syaraf, gangguan kulit, gangguan tenggorokan, beresiko terjangkit HIV AIDS dan Masih banyak dampak negatif lainnya.


11. Ingat Dampak Narkoba Bagi Mental

Jika sudah kecanduan narkoba dapat membuat seseorang terkena penyakit mental yang parah seperti Skizofrenia dan sebagainya.. Dapat menjadi lebih sensitif, tidak peduli lingkunga, suka berbohong, halusinasi akut, suka mengamuk, sakau dan masih banyak lagi dampat buruk lainnya.


12. Ingat Dampak Narkoba Bagi Penampilan

cara mengatasi kecanduan narkoba
Pecandu narkoba penampilannya sangatlah memprihatinkan.. Wajah menjadi pucat, mata cengkung sembab, menjadi sangat kurus, bibir menjadi hitam, lunglai, wajah menjadi kusam.. Penampilan pecandu narkoba sangat miris jika dibandingkan dengan penampilan saat sehat.


13. NARKOBA dapat Menyebabkan KEMATIAN

dampak menggunakan narkoba
Tak jarang pecandua narkoba meniggal saat overdosis. Banyak kita lihat diberita-berita... para pecandu narkoba meninggal saat overdosis..


14. Narkoba Membuat Ekonomi Terpuruk

Bagi para pecandu, mereka rela menjual apapun barang berharga hanya untuk mendapatkan narkoba... Bahkan para pecandu sering kali menipu bahkan merampok.. Kecanduan narkoba dapat membuat seseorang yang tadinya kaya raya menjadi jatuh miskin.


15. Yakinkan Diri, Jika Kita Kuat dan Sanggup Menghindari Narkoba

yah... point ini sangat penting... mantapkan dan kuatkan dalam hati jika kita tidak mengkonsumsi narkoba.


Yah demikian sobat kreatif.. 15 cara menghindari narkoba... admin yakin sobat kreatif adalah seseorang yang tangguh dan memiliki masa depan yang cerah bagi keluarga dan bangsa Indonesia..


Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:19:00 PM

0 komentar:

Post a Comment