6 Langkah Cara Melakukan Sit Up Yang Benar , Membentuk Otot Perut

Posted by

Gerakan sit up dilakukan untuk membentuk atau menguatkan otot perut. Tentunya dengan rutin latihan melakukan gerakan sit up akan membuat otot perut menjadi ramping atau six pack. Jika ada yang beranggapan dengan sit up dapat membakar lemak, ternyata anggapan itu keliru. Pasalnya sit up tidak membakar lemak melainkan untuk membentuk otot perut.

Jadi bagi yang memiliki perut buncit atau gendut sebaiknya membakar lemak terlebih dahulu sebelum ingin membentuk otot perut. Untuk membakar lemak dapat dengan melakukan latihan kardio seperti joging, berenang dan sebagainya. Jika perut sudah tidak buncit lagi baru deh mencoba latihan sit up.

Untuk melakukan situp ada beberapa point yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa point yang harus diperhatikan bagi yang ingin melakukan sit up :
  • Bagi yang memiliki perut buncit atau gendut jangan langsung berlatih sit up, melainkan latihan kardio terlebih dahulu untuk membakar lemak
  • Bagi pemula jangan langsung terlalu banyak melakukan sit up, lebih baik bertahap namun konsisten dibanding langsung sekaligus banyak namun tidak rutin
  • Jika tangan anda dibelakang leher jangan dorong leher anda dengan tangan anda.. karena sit up bukan bertumpu pada leher melainkan pada otot perut.
  • Bagi yang terkena osteoporosis dihimbau untuk menghindari latihan sit up
  • Lakukan pernafasan yang baik dan teratur.

Melakukan sit up dengan cara yang salah malah dapat membuat tubuh menjadi cedera. Berikut ini beberapa cara melakukan Sit Up dengan baik dan benar :



1.  Posisikan Tubuh dengan benar, pertama-tama baringkan tubuh pada alas yang nyaman seperti matras. Jangan menggunakan alas yang terlalu empuk dan jangan juga menggunakan alas yang terlalu keras.

cara sit up yang benar

2.  Tekukan lutut sehingga membentuk sudut 90 derajat, dan telapak kaki menyentuh alas.

3 cara membentuk otot perut
 3.  Letakkan kedua tangan di atas bahu secara berlawanan sehingga tangan anda saling bersilangan tepat di atas dada. Atau bisa juga dengan meletakkan tangan dibelakang kepala anda.

4.  Mulailah angkat tubuh anda dengan menggunakan otot perut sambil membuang nafas.

5.  Lalu turunkan tubuh anda secara perlahan dengan otot perut yang menahan tubuh supaya turun secara perlahan (tidak secara hentakan) sambil mengambil nafas.

6.  Lakukan gerakan ini secara berulang.. jangan paksakan tubuh anda jika memang sudah tidak kuat..

Nah demikianlah sobat kreatif cara melakukan sit up yang benar untuk menguatkan otot perut (six pack) semoga bermanfaat..

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:47:00 AM

3 komentar: