Manfaat Teknologi Untuk Pertanian di Indonesia

Posted by

Indonesia adalah negara agraris. Banyak warga negara indonesia bermata pencaharian di bidang agraris. Oleh karena itu sebagian masyarakat Indonesia banyak yang menggantungkan kehidupannya di bidang agraris atau pertanian. Berbagai macam jenis pertanian ada di Indonesia. Dari tanaman keras, sayur-sayuran, buah-buahan, herbal, palawija dan perkebunan. Tapi dari segi ilmu pertanian di indonesia mekanisasinya masih kurang memadai. Masih banyak yang perlu dibenahi kalau kita lihat dan bandingkan dengan negara-negara maju lainnya.





Manfaat teknologi untuk perkembangan pertanian di Indonesia

Contohnya di bidang teknologi hasil panen. Masih banyak para petani kita yang masih memakai cara tadisional atau manual serta seadanya. Hal ini tentunya banyak memakan waktu dan tenaga. Selain menyita waktu dan tenaga hal ini mungkin juga mengurangi kualitas hasil panen, karena minimnya ilmu dan tenaga yang dimiliki oleh petani. Dinegara - negara maju seperti jepang contohnya mungkin hasil panen sudah dilakukan dengan teknologi yang memadai dan serbaguna serta tepat guna. Kita bisa belajar dari jepang dari segi ilmu dan teknologi. Contoh - contoh ilmu pertanian adalah :
- Mekanisasi pertanian
- Diversivikasi pertanian
- Teknologi Hasil Pertanian
- DLL.
Mungkin itulah harapan kita sebagai anak bangsa agar industri pertanian di Indonesia dapat meningkat dan produktif.

Tapi dari sisi lain, kita harus juga dapat membaca, menganalisa dan mengurangi segi-segi negatif teknologi. Kita berdoa kepada tuhan sebagai khalifah dimuka bumi ini agar dapat mengoptimalisasikan hasil  pertanian. Disamping itu juga kita harus dapat mengurangi dan mengatasi dampak-dampak negatif dari teknologi pertanian, dengan terus berusaha, meneliti dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan demikian teknologi pertanian akan mendapatkan berkah, rahmat serta ridho dari -Nya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:57:00 AM

0 komentar:

Post a Comment